Home / Kesehatan / Tips Sehat / Tips Tidur Lebih Berkualitas 1: Mengatur Jadwal Tidur

Tips Tidur Lebih Berkualitas 1: Mengatur Jadwal Tidur

Tips Tidur Lebih Berkualitas, tips Mengatur Jadwal TidurRumahtips.com – Menyelaraskan siklus tidur dan bangun anda dengan kondisi alamiah tubuh merupakan strategi yang sangat penting untuk mencapai tidur yang berkualitas.Jika anda selalu menjaga jadwal tidur secara rutin, yaitu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, anda akan merasa jauh lebih segar dan berenergi dibandingkan jika anda tidur dengan jumlah jam yang sama namun dalam waktu yang berbeda, walaupun waktu tidur yang melenceng hanya satu hingga dua jam saja. Konsistensi sangat penting dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut tips untuk mendapatkan tidur yang berkualitas seperti dikutip laman helpguide.org

Aturlah waktu tidur rutin. Tidurlah pada jam yang sama setiap malam. Pilihlah waktu dimana anda biasanya merasa lelah dan mengantuk. Cobalah untuk tidak melanggar rutinitas ini pada akhir pekan dimana anda biasanya terjaga lebih lama. Jika anda ingin merubah waktu tidur, sesuaikanlah dengan cara menambahkan waktu tidur 15 menit lebih awal atau lebih lama setiap harinya.

Bangunlah pada jam yang sama setiap harinya. Jika tidur anda cukup, anda akan bangun secara alami tanpa bantuan alarm. Jika anda membutuhkan alarm untuk bangun tepat waktu, anda harus mengatur waktu tidur lebih awal. Seperti halnya waktu tidur, cobalah untuk mematuhi waktu bangun anda walaupun di akhir pekan.

Tidur siang untuk mengganti waktu tidur yang hilang. Jika anda ingin mengganti waktu tidur yang hilang di malam hari, maka gantilah dengan tidur siang daripada menambah waktu tidur malam anda. Cara ini bertujuan  untuk menjaga ritme tidur natural anda.

Aturlah waktu tidur siang anda. Tidur siang merupakan cara yang bagus untuk menyegarkan kembali tubuh, namun pada orang dewasa, tidur siang bisa menyebabkan insomnia. Jika anda memiliki masalah dengan insomnia, cobalah untuk tidak tidur siang. Namun jika anda harus tidur siang, lakukanlah lebih awal pada siang hari dan batasi hanya 30 menit saja.

Lawanlah kantuk. Jika anda merasa mengantuk sebelum waktu tidur, lakukanlah pekerjaan-pekerjaan ringan untuk menghindari kantuk, seperti mencuci piring, menelpon teman,atau menyiapkan pakaian yang akan anda kenakan esok hari. Jika anda tertidur sebelum jadwal tidur, anda akan terbangun pada tengah malam dan akan mengalami kesulitan untuk tidur kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top