Home / Tips Resign Dari Kantor Secara Elegan dan Profesional

Tips Resign Dari Kantor Secara Elegan dan Profesional

tips resign dari kantor, resign dari kantor, resign, pengunduran diri, elegan dan profesional, profesional

Ada banyak alasan seseorang resign atau keluar dari pekerjaan seperti pekerjaan yang lebih baik, bosan, ingin berwirausaha dan alasan lainnya. Jika Anda ingin resign dari pekerjaan lama apapun alasannya lakukanlah dengan baik dan profesional. Selain untuk menjaga hubungan dengan rekan kerja, banyak dampak positif yang akan Anda dapatkan jika keluar dengan cara baik-baik. Berikut tips resign dari kantor secara elegan dan profesional yang harus
Anda terapkan.

1. Pemberitahuan sebulan sebelumnya. Pastikan Anda membuat surat resign sebulan sebelum keluar, bersikaplah profesional. Kebanyakan perusahaan memberi waktu satu bulan agar dapat menyiapkan karyawan pengganti. Buatlah surat pengunduran diri Anda dengan singkat, jelas dan profesional dan tinggalkanlah kesan baik selama waktu satu bulan tersebut.

2. Jadilah mentor yang baik untuk karyawan baru. Seperti halnya prosedur yang umum berlaku pada banyak perusahaan, Anda diharapkan dapat menjadi mentor dan pengajar yang baik untuk karyawan baru yang akan menggantikan Anda. Ajarkan seluruh pengetahuan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh karyawan baru agar dapat menggantikan Anda dengan lebih maksimal nantinya.

3. Selesaikan semua pekerjaan. Jadilah orang yang bertanggung jawab dan selesaikan semua pekerjaan dan proyek yang menjadi tanggung jawab Anda. Tunjukkan Anda adalah orang yang profesional dan beritikad baik pada perusahaan.

4. Surat rekomendasi. Anda dapat meminta surat rekomendasi sebagai referensi untuk perusahaan baru nantinya, dengan catatan kinerja Anda di perusahaan lama cukup baik.

5. Bereskan meja kerja. Tinggalkanlah kesan yang baik, salah satunya dengan membereskan dan merapikan meja kerja Anda. Jangan tinggalkan meja kerja dalam keadaan berserakan, Anda akan dicap karyawan yang pemalas dan lari dari tanggung jawab.

6. Bicarakan pada atasan hak terakhir Anda sebagai karyawan. Negosiasikan bonus, pesangon atau sisa hari cuti yang belum diambil. Lakukan dengan bijaksana dan elegan serta profesional.

7. Pamit dengan baik-baik. Ada banyak proyek, momen dan pengalaman yang Anda lewati bersama rekan kerja dan atasan. Oleh sebab itu berpamitanlah dengan baik-baik saat akan meninggalkan perusahaan lama, sehingga pengunduran diri Anda akan terasa lebih elegan.

8. Jaga hubungan baik. Dunia ini sempit, dan jagalah sikap dan hubungan Anda baik dengan atasan maupun rekan kerja. Ada banyak perusahaan dibawah grup yang sama. Nama baik dan reputasi Anda di perusahaan lama akan dengan mudah diketahui perusahaan baru jika Anda bekerja dan bersikap profesional. Selain itu, hubungan yang terjaga baik akan menguntungkan Anda nanti saat akan berwirausaha.

Bersikaplah profesional dalam setiap tindakan Anda baik saat meninggalkan perusahaan lama maupun memulai karir baru di perusahaan baru. Resign atau pengunduran diri yang elegan akan membuat Anda terlihat profesional dan meninggalkan kesan baik pribadi Anda di perusahaan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top