Home / Kesehatan / Tips Sehat / Tips Merawat Bayi yang Terkena Demam

Tips Merawat Bayi yang Terkena Demam

tips merawat bayi, merawat bayi, terkena demam, demam, bayi, si kecil

Saat bayi Anda mendadak rewel dan mengalami peningkatan suhu tubuh ditandai dengan panasnya badan, maka bayi Anda kemungkinan terkena demam. Tak perlu panik, tenangkan diri Anda dan lakukan tindakan pengobatan dengan baik serta konsultasi ke dokter jika panas si kecil tidak turun.

5 Tips Merawat Bayi Demam

Demam pada bayi berbeda dengan demam pada anak dan orang dewasa karena sulit diidentifikasi. Namun sebelum berkonsultasi ke dokter ada baiknya menerapkan tips merawat bayi yang terkena demam sebagai tindakan awal agar kondisi si kecil terjaga baik dan panas pada tubuhnya berkurang. Berikut tips merawat bayi yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

Kompres bayi Anda. Kompreslah bayi dengan air hangat, gunakan handuk kecil untuk mengompres bayi dan tempelkan handuk kompresan pada dahi si kecil. Kompreslah bayi Anda sekitar 30 menit dan biarkan si kecil merasa nyaman.

Berjemur. Biarkan bayi Anda berjemur dibawah sinar matahari langsung, usaplah tubuh bayi sambil berjemur hingga si kecil merasa nyaman. Jemurlah si kecil 5 hingga 10 menit.

Gunakan pakaian yang menyerap keringat. Sebaiknya hindari pakaian yang tebal karena dapat menyebabkan dehidrasi pada bayi. Selain itu utamakan pakaian yang longgar dan nyaman pada bayi Anda.

ASI yang lancar. Salah satu tips merawat bayi yang sangat penting dilakukan, yaitu pemberian ASI yang optimal dan lancar, karena ASI mengandung nutrisi dan dapat meningkatkan imunitas pada bayi Anda.

Kosultasi ke dokter. Segera konsultasi ke dokter jika panas si kecil tak juga reda dan kondisinya tidak stabil. Periksakan kondisi bayi Anda pada dokter, Anda juga bisa mendapatkan tips merawat bayi dari dokter anak untuk diterapkan pada si kecil.

Ada beberapa tips merawat bayi yang dapat Anda terapkan jika si kecil terkena demam, namun ingatlah bahwa tips dan metode perawatan diatas hanya merupakan tindakan awal menurunkan demam. Konsultasi yang optimal ke dokter tetap hal yang paling utama agar gejala-gejala yang tidak diinginkan dapat diidentifikasi lebih awal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top