Home / Kesehatan / Tips Sehat / Tips Menghadapi Banjir Tahunan Jakarta

Tips Menghadapi Banjir Tahunan Jakarta

menghadapi banjir, banjir, Jakarta, bencana, bencana banjir, alam, lingkungan

Cuaca yang tidak menentu dan perubahan iklim yang tak dapat diprediksi membuat banyak orang tidak siap akan situasi darurat bencana. Salah satu bencana alam yang saat ini melanda sebagian wilayah Indonesia adalah banjir. Banjir bukan hanya disebabkan oleh alam, namun lebih kepada ulah tangan manusia yang tak lagi memiliki kepedulian terhadap alam. Membuang sampah sembarangan, penebangan liar, alih fungsi hutan menjadi lahan perkebunan dan perumahan, pertambangan serta pembangunan yang tidak mempedulikan dampak lingkungan. Salah satu wilayah di Indonesia yang rutin mengalami bencana banjir adalah ibukota Jakarta. Kota metropolitan ini seperti tidak sanggup lagi menampung aliran air dimusim hujan akibat kurangnya daerah resapan air dan penumpukan sampah di sungai-sungai. Akibatnya air sungai meluap dan membanjiri jalan dan rumah penduduk. Agar Anda selalu siap menghadapi bencana banjir tahunan, ada baiknya Anda menerapkan tips menghadapi banjir berikut ini:

1. Selalu up-date informasi Anda dari sumber terpercaya. Gunakan radio, media sosial dan akun resmi pemerintah untuk mengetahui informasi yang beredar di lingkungan Anda.

2. Persiapkan diri Anda menghadapi banjir, yaitu dengan memindahkan barang-barang berharga dan dokumen penting ke tempat yang lebih aman dari jangkauan air. Anda juga dapat menitipkan dokumen-dokumen penting Anda pada rumah sanak keluarga yang aman dari bencana banjir. Jika tidak sempat menitipkan dokumen, pastikan dokumen dan surat-surat penting dibungkus dalam plastik kedap udara yang bersegel dan disimpan pada bagian yang tinggi di rumah Anda.

3. Tinggikan posisi rumah Anda dari jalan raya sehingga air tidak mudah masuk ke rumah Anda. Jika posisi rumah tidak memungkinkan tumpuklah karung berisi pasir di depan teras rumah atau pintu untuk menghalangi air masuk ke rumah.

4. Pastikan untuk selalu mematikan peralatan elektronik saat meninggalkan rumah atau bepergian. Hubungi tetangga, kerabat atau RT jika Anda masih dalam perjalanan saat banjir melanda komplek perumahan Anda sehingga rumah Anda tetap selalu terpantau.

5. Selalu siapkan persediaan makanan instan, obat-obatan, P3K dan pakaian secukupnya jika terdapat tanda-tanda banjir bandang akan datang dan Anda harus mengungsi.

6. Ketahuilah posisi posko-posko terdekat agar Anda dapat cepat mendapatkan bantuan jika situasi memburuk. Simpan nomor telepon penting yang dapat Anda hubungi jika membutuhkan pertolongan.

7. Hindari kawasan banjir dan tepi sungai yang berarus deras. Arus dan banjir sangat berbahaya dan dapat menghanyutkan Anda serta pastikan Anda mengetahui lokasi yang rawan dan berarus deras.

8. Jika Anda berada dalam kendaraan saat banjir datang dan terjebak, matikan mesin dan segera keluar dari kendaraan Anda serta menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi.

9. Selalu awasi anak-anak Anda agar tidak bermain di air banjir. Air banjir mengandung penyakit, bahan kimia dan kotoran yang dapat merusak kulit. Selain itu banjir juga dapat menghanyutkan jika berarus deras.

10. Patuhi segala arahan yang diinformasikan oleh petugas dan tim SAR. Jangan panik dan selalu berdoa agar banjir segera berhenti dan evakuasi saat banjir berjalan aman dan lancar.

Berikut nomor telepon Posko Banjir Jakarta yang dapat Anda hubungi untuk memperoleh informasi dan bantuan (Posko Banjir/Satlak PBP) Jakarta Pusat 021 3843066, Jakarta Timur 021 48702443, Jakarta Selatan 021 72786646 dan 72786657, Jakarta Utara 021 43930152 dan 43934752, Jakarta Barat 021 5821765 dan 5821725, Bekasi 021 88950495.

Jadikan bencana banjir ini sebagai peringatan untuk kita agar selalu peduli kepada alam. Buanglah sampah pada tempatnya dan cintai lingkungan Anda dengan cara tidak merusak alam, tidak menebang pepohonan atau mengotori sungai. Kepedulian Anda terhadap kebersihan lingkungan akan berdampak baik terhadap kehidupan Anda dan lingkungan sekitar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top