Home / Gaya Hidup / Keluarga / Tips Mengatasi Stres Pada Si Kecil

Tips Mengatasi Stres Pada Si Kecil

Mengatasi Stres Pada Si Kecil

Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak pun tak luput oleh stres. Ada banyak penyebab stres pada anak seperti pergaulan, tugas sekolah, pelajaran dan les tambahan yang menyita waktu mereka. Jika anak mengalami stres maka mereka cenderung mengalami perubahan perilaku dan mood menjadi negatif dan berdampak pada perilaku fisiknya. Berikut tips mengatasi stres pada si kecil yang dapat Anda terapkan.

1. Komunikasi. Bicaralah pada si kecil tentang hal apa saja yang dialaminya seharian di sekolah. Tanyakan perkembangan aktifitas favorit mereka. Komunikasikan banyak hal dan tanggapi dengan positif hal yang menjadi topik pembicaraannya.

2. Kurangi kesibukan anak. Terkadang sebagian orang tua cenderung memaksakan keinginan mereka agar anak mengikuti les dan kegiatan ekstrakurikuler diluar jam sekolah. Tujuan yang bagus sebenarnya, namun sebaiknya jangan dipaksakan, pastikan anak Anda juga memiliki waktu untuk bermain dan beristirahat.

3. Tidur yang cukup. Pastikan Anda mengatur jadwal tidur anak Anda dengan baik. Jangan biarkan anak menonton TV terlalu lama hingga larut malam karena dapat mengganggu tidurnya. sebaliknya biasakanlah anak untuk bangun pagi lebih awal untuk membentuk kedisiplinan.

4. Jadi pendengar yang baik. Jadilah pendengar yang baik untuk si kecil. Dengarkan segala keluhan dan pendapatnya tentang hal apapun. Biarkan dia berceloteh dan tanggapi dengan positif dan ajaklah mereka mencari solusinya bersama.

5. Jangan kritik secara berlebihan. Kritik merupakan suatu hal positif dan Anda dapat mengajarkannya pada anak seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi stres pada si kecil adalah hindarilah kritik berlebihan dan negatif pada anak tentang nilai yang didapatkan, kemampuan dan prestasinya agar anak tidak merasa rendah diri.

6. Kurangi penggunaan alat teknologi. Saat ini kita tidak dapat menghindar dan jauh dari teknologi khususnya teknologi multimedia seperti internet, game dan penggunaan produk-produk smartphone dan komputer yang berlebihan. Membatasi teknologi pada anak akan membantu dirinya jauh dari stres.

7. Mengajarkan relaksasi. Ajarkan anak Anda untuk melakukan relaksasi saat mengalami panik atau stres. Tunjukkan teknik pernapasan yang dapat menenangkan pikirannya dan tumbuhkan pola pikir positif dalam pikirannya agar dapat tenang menghadapi situasi yang memicu stres.

8. Konsultasi. Berkonsultasilah pada psikolog anak maupun guru pembimbing di sekolah khususnya pada tingkat stres yang cukup mengganggu kondisi psikologis anak. Jika stres yang dirasakan anak sudah cukup mengganggu kemampuannya, maka Anda butuh penanganan para ahli.

Stres pada anak merupakan hal yang lumrah, apalagi jika anak Anda dihadapkan pada jadwal sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler yang padat. Pastikan Anda memperhatikan kebutuhan anak, khususnya kondisi psikologisnya. Berikan perhatian khusus pada si kecil dan pastikan Anda mengetahui cara penanggulangan yang cepat dan tepat untuk mengatasi stres pada si kecil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top