Home / Gaya Hidup / Sukses / Tips Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate

Tips Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate

tips mencari kerja

Banyaknya lulusan dan universitas yang menghasilkan wisudawan setiap tahunnya membuat banyak fresh graduate yang belum memiliki pekerjaan. Selain itu jumlah lowongan yang tak sebanding dengan banyaknya pencari kerja membuat persaingan antar fresh graduate menjadi sangat kompetitif. Bagi Anda seorang fresh graduate yang baru saja lulus dan masih bingung dengan dunia kerja sebaiknya terapkan tips mencari kerja berikut ini.

1. Pelajari perusahaan yang akan Anda masuki. Anda dapat mencari informasi tentang perusahaan tersebut dari website perusahaan, forum-forum pencari kerja dan orang yang telah berpengalaman dalam perusahaan tersebut. Cari tahu pengalaman apa yang akan Anda dapatkan jika bergabung dalam perusahaan tersebut, budaya kerja dan jenjang karir dalam perusahaan tersebut.

2. Ketahui dengan baik job description atau deskripsi tugas bidang pekerjaan yang akan Anda lamar. Seperti cara mencari kerja diatas, Anda juga sebaiknya bertanya pada orang yang telah berpengalaman tentang job description yang akan Anda lamar. Alangkah baiknya, pekerjaan yang akan Anda lamar sesuai dengan minat, bakat dan latar belakang pendidikan Anda.

3. Carilah relasi dalam perusahaan yang akan Anda tuju. Relasi yang ada dalam perusahaan tersebut akan memberikan informasi yang objektif pada Anda. Selain itu relasi juga dapat merekomendasikan Anda untuk bergabung dalam perusahaan yang Anda inginkan.

4. Jangan jual mahal. Bagi perusahaan, seorang fresh graduate merupakan pelamar yang nihil pengalaman kerja. Sesuaikanlah gaji yang Anda inginkan dengan standar perusahaan untuk seorang fresh graduate. Carilah pengalaman kerja sebanyak-banyaknya sebelum Anda memiliki posisi tawar dan pengalaman kerja yang membuat Anda bernilai tinggi.

5. Tingkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi. Skill komunikasi dan penguasaan bahasa asing saat ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap pekerja. Banyak perusahaan mensyaratkan nilai dan peringkat tertentu dalam penguasaan bahasa asing seperti TOEFL dan TOEIC. Dengan kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan bahasa asing peluang Anda meraih posisi tertentu dalam sebuah perusahaan akan semakin terbuka.

6. Sikap atau attitude yang baik. Seorang manajer dalam sebuah perusahaan mengatakan, “sebuah kesalahan dapat ditolerir dan merupakan pengalaman untuk menjadi lebih baik lagi, namun attitude dan perilaku yang buruk akan menghambat karir Anda”. Mulailah dengan sikap yang baik untuk masa depan yang lebih baik.

7. Jangan terlalu memilih. Banyaknya lulusan dan lowongan kerja yang tak sebanding membuat persaingan dalam mencari kerja sangat kompetitif. Oleh sebab itu, untuk Anda yang masih fresh graduate disarankan untuk tidak terlalu memilih-milih pekerjaan. Lebih baik meningkatkan kualitas Anda dengan pengalaman yang banyak di beberapa perusahaan daripada harus memilih dan menunggu terlalu lama pekerjaan yang Anda impikan, karena Anda juga harus mempertimbangkan usia dan lulusan baru yang kian hari kian bertambah.

8. Berdoa. Jika seluruh usaha telah Anda lakukan dengan maksimal, jangan lupa untuk berdoa dan memperkuat tekad Anda untuk sukses.

Tetaplah optimis dalam mencari kerja dan berusaha maksimal untuk sebuah karir yang menjadi impian Anda. Jangan pernah menyerah dan tingkatkan selalu kualitas diri Anda, baik skill, pengalaman maupun relasi sehingga kehidupan yang lebih baik pada nantinya dapat Anda raih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top