Home / Unik dan Fakta / Tips Membeli Gitar Akustik

Tips Membeli Gitar Akustik

gitar akustik, gitar, musik, alat musik

Bagi Anda yang menyukai musik dan gemar memainkan alat musik, gitar akustik merupakan alat musik yang pasti sangat akrab bagi Anda. Memainkan jari jemari diantara rangkaian senar dan mengalunkan nada yang indah merupakan hal sederhana yang dapat Anda nikmati dengan sebuah gitar akustik. Namun, sebelum Anda memutuskan membeli sebuah gitar akustik, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Body gitar. Ada berbagai macam bentuk body gitar akustik, dari yang kecil hingga besar. Ukuran dan material gitar ternyata berpengaruh pada proyeksi nadanya. Namun, bagi Anda yang ingin bermain gitar sebagai hobi, pilihlah ukuran yang membuat Anda merasa nyaman.

2. Jenis kayu / material. Ada berbagai jenis kayu yang umum digunakan untuk membuat sebuah gitar akustik, khususnya pada bagian body gitar. Beberapa produk terbuat dari kayu mahogany, spruce dan rosewood. Jika Anda menginginkan suara yang balance dan natural Anda dapat mencoba gitar dari bahan kayu mahogany, sementara rosewood biasanya untuk gitar akustik yang sedikit lebih nge-bass.

3. Neck gitar. Ukuran neck pada gitar juga berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat bermain gitar. Ada kurang lebih 12 hingga 14 fret pada neck gitar. Pilihlah yang paling membuat Anda merasa nyaman memainkannya.

4. Konsultasi pada profesional. Anda dapat berkonsultasi pada profesional atau orang yang lebih berpengalaman tentang gitar atau produk tertentu yang direkomendasikan sesuai dengan budget yang Anda punyai.

Selamat bermusik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top