Home / Gaya Hidup / Sukses / Tips Konsisten Menabung Bagi Karyawan

Tips Konsisten Menabung Bagi Karyawan

konsisten menabung bagi karyawan, konsisten menabung, konsisten, menabung, karyawan, tabungan, finansial, keuangan, berinvestasi, investasi, gaji

Seorang karyawan harus siap dan pintar menyiasati pendapatan yang rutin masuk ke rekening setiap bulannya. Selain gaji bulanan, seorang karyawan terkadang juga mendapatkan tunjangan dan bonus-bonus tertentu dari perusahaan. Biaya hidup dan gaya hidup yang tinggi saat ini cukup menekan pola hidup banyak karyawan. Jika ingin aman secara finansial, seorang karyawan harus menabung dan berinvestasi serta mengatur keuangannya dengan baik. Sering kita mendengar rekan karyawan yang susah sekali untuk menabung. Selain biaya hidup yang tinggi, gaya hidup juga membuat seorang karyawan sulit untuk konsisten menabung. Bagi Anda yang merasa kesulitan menabung, coba simak tips berikut ini!

1. Jangan memulai menabung dengan jumlah yang terlalu besar. Tak masalah jika Anda harus menabung dengan nominal yang kecil asalkan konsisten dan berkelanjutan. Idealnya, jumlah setoran tabungan yaitu sepuluh persen dari pendapatan Anda. Namun, jika dirasa berat, kurangi beberapa persen dan tingkatkan jumlahnya jika Anda mulai terbiasa.

2. Siapkan rekening khusus tabungan. Anda dapat membuat rekening baru yang khusus untuk menabung. Carilah bank dan produk tabungan yang aman untuk tabungan Anda. Simpanlah kartu ATM yang diberikan bank agar Anda tidak tergoda menggunakannya jika tidak diperlukan.

3. Menabunglah diawal gajian. Jangan menabung di akhir bulan saat gaji Anda mulai menipis, karena tabungan yang Anda setorkan tidak akan sesuai dengan target, bahkan gaji yang ada tidak tersisa sama sekali untuk ditabung. Segera setorkan sepuluh persen atau lebih dari gaji Anda ke rekening tabungan setelah menerima gaji.

4. Ubah gaya hidup. Jangan mengikuti gaya hidup berlebihan yang lebih banyak menjerumuskan Anda ke dalam masalah. Kurangi biaya makan diluar dan cobalah untuk hidup hemat dengan memasak sendiri. Gantilah kendaraan Anda dengan kendaraan hemat bahan bakar serta lakukan efisiensi di banyak pos pengeluaran. Pola hidup sederhana dan efisien lebih mendukung niat Anda untuk konsisten menabung.

5. Berinvestasi. Jika tabungan Anda sudah cukup banyak, segera cari tahu dan pelajari produk investasi yang cocok untuk Anda. Uang yang terlalu lama Anda simpan di bank tidak akan menguntungkan karena digerus oleh inflasi tahunan. Sebaiknya, alihkan beberapa persen dari tabungan Anda dalam bentuk investasi. Investasi yang aman dan menguntungkan seperti logam mulia sangat cocok untuk karyawan.

6. Buatlah target finansial. Dengan target finansial, Anda akan memiliki passion dan semangat untuk terus menabung. Buatlah jangka waktu dan berapa target finansial yang akan Anda capai pada tahun ini.

7. Jadikan aset. Target tabungan yang telah Anda capai sebaiknya Anda investasikan atau menjadikannya aset yang menguntungkan seperti properti. Dengan aset hasil tabungan, Anda akan lebih percaya diri dan semangat lagi untuk menabung dan berinvestasi.

Menabung bukanlah hal yang terlalu sulit asalkan Anda konsisten menjalaninya. Sebagai karyawan yang memiliki gaji tetap bulanan, Anda dapat menargetkan posisi finansial tertentu secara tepat. Hindari gaya hidup mewah dan berlebihan agar tidak besar pasak daripada tiang. Jadilah karyawan yang sukses secara finansial dengan konsisten menabung dan berinvestasi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top