Home / Tekno / Tekno Tips / Tips Cara Mengecas Baterai yang Tepat

Tips Cara Mengecas Baterai yang Tepat

Mengecas Baterai yang Tepat

Saat ini banyak vendor dan pabrikan ponsel yang meluncurkan produk smartphone terbaru. Karena fitur yang semakin canggih dan aplikasi yang semakin banyak, ponsel pun harus dilengkapi oleh kapasitas baterai yang besar dan sanggup mendukung kinerja ponsel pintar yang cukup berat. Agar baterai ponsel awet dan efesien, cobalah menerapkan tips mengecas baterai yang tepat berikut ini.

1. Pastikan baterai Anda memberi peringatan untuk mengecas. Aturlah batas peringatan untuk mengecas sekitar 10-15% sehingga baterai tidak habis total saat Anda mengecasnya.

2. Gunakan charger bawaan karena tidak selalu charger untuk merek ponsel yang sama memiliki kecocokan. Setiap ponsel memiliki daya yang berbeda, sehingga Anda harus memastikan diri menggunakan charger original bawaan ponsel dengan merk dan jenis yang sama.

3. Cabutlah ponsel dari charger setelah baterai benar-benar penuh. Cara mengecas baterai dalam tahap ini adalah dengan memastikan baterai ponsel Anda telah 100% penuh saat akan mencabutnya dari charger. Selain itu, jangan membiarkan ponsel terlalu lama terhubung dengan charger saat baterai sudah penuh karena dapat mempersingkat umur baterai dan meningkatkan suhu ponsel. Jika terlalu sering, dapat mengakibatkan kerusakan pada ponsel.

4. Gunakan powerbank yang telah direkomendasikan. Ada banyak jenis powerbank dengan kapasitas dan merk tertentu. Pastikan Anda menggunakan powerbank yang berkualitas dan direkomendasikan oleh vendor pembuat ponsel agar baterai ponsel Anda tetap terjaga dengan baik. Selain itu, hindarilah ketergantungan Anda menggunakan powerbank, gunakan hanya pada saat darurat seperti diperjalanan atau saat listrik tidak ada.

5. Segera mengganti baterai saat telah memperlihatkan tanda baterai drop seperti cepat panas dan tidak tahan lama. Gantilah dengan baterai original yang direkomendasikan vendor pembuat ponsel. Pastikan kapasitas baterai baru sama dengan baterai lama yang sudah drop.

Begitulah tips cara mengecas baterai yang benar. Gunakanlah ponsel atau smartphone Anda dengan baik dan efisien. Penggunaan fitur tambahan yang tidak original dan tidak direkomendasikan oleh vendor pembuat ponsel dapat menyebabkan kerusakan baik pada baterai ponsel maupun pada ponsel itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top