8 Tips Cara Aman Berbelanja Online

tips aman belanja online, belanja online, transaksi online, toko online, website
tips cara aman berbelanja online

Saat ini kegiatan transaksi dan belanja barang tidak hanya terbatas pada jual beli tradisional yang telah dipraktekkan turun temurun di seluruh dunia. Namun, perkembangan zaman dan teknologi telah membuat perubahan besar dalam banyak hal termasuk transaksi belanja. Mudahnya akses informasi telah menghilangkan batas-batas ruang dan waktu. Belanja online merupakan salah satu hasil perubahan tersebut. Walaupun sudah cukup dikenal, namun masih banyak orang meragukan keamanan transaksi online karena banyak faktor. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mencoba atau bahkan sudah terbiasa transaksi dengan media internet, berikut tips cara aman berbelanja online yang dapat dilakukan.

1. Amati dan telitilah terlebih dahulu situs atau toko online yang Anda inginkan. Pastikan kontak person, akun sosial media dan alamat yang tertera benar dan memiliki reputasi baik dikalangan pembeli. Anda juga dapat bertanya melalui forum-forum internet tentang reputasi seorang seller atau penjual di toko online.

2. Lakukan riset perbandingan harga barang yang Anda inginkan pada website toko online dengan harga di toko terdekat. Riset juga dapat Anda lakukan antara satu website dengan website lain yang menawarkan produk yang sama.

3. Minimalisir pemberian data pribadi seperti KTP dan SIM. Selain itu pemberian data-data seperti kartu kredit dan rekening juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Bila perlu pisahkan kartu kredit dan rekening khusus belanja online dengan rekening pribadi Anda.

4. Pelajari peraturan dan kebijakan toko online yang ingin Anda coba, karena jika barang yang Anda inginkan tidak sesuai dengan harapan atau rusak, Anda bisa komplain sesuai peraturan yang telah disepakati bersama antara penjual dan pembeli.

5. Pastikan ikon secure atau gembok terdapat dan aktif pada browser bar saat Anda mengeklik order atau pembelian. Ikon secure sangat penting sebagai tanda jalur data transaksi Anda ke toko online aman.

6. Bagi Anda yang belum berpengalaman, gunakan cara transaksi transfer langsung via bank. Hindari transaksi menggunakan kartu kredit jika Anda masih belum terlalu paham atau berpengalaman dalam transaksi online.

7. Pada setiap transaksi yang berbeda, jangan gunakan password yang sama agar resiko pencurian data dapat diminimalisir dan transaksi yang Anda lakukan aman.

8. Bersihkan data chace dan history pada komputer setelah melakukan transaksi. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan data-data sensitif dan penting yang Anda kirimkan saat belanja online. Selain itu, usahakan untuk menggunakan komputer pribadi Anda. Jangan melakukan transaksi online menggunakan komputer orang lain atau bahkan komputer di warung internet karena sangat tidak aman untuk data Anda.

Itulah beberapa tips cara aman berbelanja online. Belanja online telah menjadi suatu trend tersendiri saat ini yang banyak digandrungi khususnya anak muda. Walaupun sangat mudah dan praktis, namun aspek keamanan data juga harus diperhatikan sebelum melakukan transaksi pada suatu toko online atau website.