Home / Stres dan Galau Saat Menganggur? Atasi Dengan Tips Ini

Stres dan Galau Saat Menganggur? Atasi Dengan Tips Ini

jobless-unemployed

Persaingan untuk memasuki dunia kerja saat ini sangat berat dan kompetitif. Banyaknya lulusan baru tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia membuat banyaknya pengangguran dari hampir seluruh jenjang pendidikan. Namun usaha yang keras tetap harus dilakukan oleh semua orang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Jika Anda telah memasukkan banyak lamaran ke perusahaan dan masih belum ada panggilan, bersabarlah dan terus tingkatkan kemampuan diri Anda. Ada kalanya saat menganggur dan menunggu panggilan kerja Anda merasa stres dan galau. Untuk itu, cobalah menghilangkan kegalauan dan stres pada diri Anda dengan tips berikut ini.

1. Tenangkan diri. Cobalah untuk menenangkan diri sejenak dari keadaan Anda saat ini. Jika Anda merasa suntuk dan bosan di rumah, cobalah keluar dan temukan hal-hal baru yang akan Anda dapatkan saat menenangkan diri. Bila perlu, cobalah mengasingkan diri dari rumah sejenak hingga stres Anda hilang.

2. Lakukan hobi Anda. Mungkin hikmah yang paling terasa saat menganggur adalah banyaknya waktu luang. Oleh sebab itu, menjalankan hobi merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi stres dan galau saat menganggur. Akan lebih baik lagi hobi yang Anda gemari dapat menghasilkan uang seperti utak-atik mesin, design dan fotografi.

3. Jalin relasi. Tidak perlu malu dengan status Anda saat ini, karena Anda telah berusaha maksimal melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, tetap menjalin hubungan silaturahmi dengan teman, sahabat dan orang lain merupakan langkah yang harus dilakukan, karena banyak informasi lowongan kerja yang akan Anda dapatkan jika memiliki banyak teman dan relasi.

4. Kegiatan positif. Salah satu penyebab stres dan galau yang Anda rasakan saat menganggur adalah kurangnya kegiatan yang Anda lakukan. Oleh sebab itu, tetap memiliki kegiatan yang positif akan membuat Anda jauh dari rasa stres dan galau karena menganggur. Carilah kegiatan yang akan membuat hidup Anda berjalan lebih positif seperti menjadi relawan bencana alam, kegiatan keagamaan atau sekedar berpartisipasi dalam gotong royong warga di komplek perumahan Anda.

5. Olahraga. Jika Anda hanya malas-malasan di rumah sambil menunggu panggilan kerja, Anda akan lebih mudah merasa stres dan galau. Lebih baik biasakan diri Anda berolahraga agar tubuh tetap sehat, semangat dan bugar menjalani hari Anda.

6. Berwirausaha. Jika panggilan kerja belum juga datang, sementara telah banyak surat lamaran yang Anda kirim, mungkin ini saatnya bagi Anda mempertimbangkan untuk berwirausaha. Susunlah rencana dan modal awal Anda untuk berwirausaha dan yakinkan diri Anda bahwa mungkin saja inilah jalan Anda untuk meraih kesuksesan.

7. Berdoa. Saat panggilan kerja yang ditunggu masih belum datang, cobalah berdoa menurut agama dan kepercayaan Anda agar dibukakan jalan dan dipermudah usaha Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Bekerja menjadi seorang karyawan bukanlah satu-satunya jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai kemapanan finansial dan kesuksesan. Bagi Anda yang merasa hampir putus asa mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai, ada baiknya mencoba berwirausaha karena banyak contoh wirausahawan sukses yang dapat kita tiru dan teladani. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top