Home / Tekno / Gadget / Samsung Galaxy S4 vs iPhone 5S, Mana Yang Lebih Baik?

Samsung Galaxy S4 vs iPhone 5S, Mana Yang Lebih Baik?

iPhone 5S vs Galaxy S4

Samsung Galaxy S4 vs iPhone 5S – Smasung lebih dulu merilis ponsel kebangaannya S4 yang membuat hampir sebagian orang penggila smartphone mengarahkan pandangannya, namun bagi pencinta produk Apple yang sabar menunggu enam bulan kemudian sepertinya terpuaskan dengan OS baru dan chip 64bit nya walaupun dari segi fisik masih terlihat sama. Untuk itu bagi anda yang sedang ragu memilih kedua ponsel ini, berikut beberapa perbandingan yang dapat menenyukan pilihan anda.

DESAIN

iPhone 5S – bingkai Aluminium, kaca
Galaxy S4 – Plastik dibagian belakang (removable)

Apple tidak pernah melakukan banyak perubahan pada desain IPhone 5s, semuanya masih terlihat sama dari versi IPhone sebelumnya. Sebagian logam yang menyelimuti ponsel ini terasa ringan ditangan. Dan jika disandingkan dengan Samsung Galaxy S4, IPhone ini terasa begitu mungil dengan kelasnya yang premium.

Jika anda memiliki tangan atau kantong celana yang kecil ukuran IPhone 5S yang memiliki lebar sekitar 59mm ini tidak akan menimbulkan kesulitan bagi anda. Mungkin agak berbeda hasilnya jika Galaxy S4 berada ditangan atau dalam kantong anda karena ponsel tersebut memiliki lebar sekitar 70mm.

Walaupun Samsung Galaxy S4 di desain hanya dilapisi dengan plastik, tapi keuntungannya bagian belakang ponsel ini bisa dilepas yang memberikan akses ke baterai dengan mudah. Beberapa orang yang suka melakukan perjalanan jauh dan membawa baterai cadangan, bagian belakang berbahan plastik yang bisa dilepas ini bisa dibilang sangat bermanfaat bagi mereka.

Pada Galaxy S4 anda diberikan memori microSD untuk menambahkan ruang penyimpanan ponsel, yang tidak ada pada IPhone.

IPhone 5S memiliki fitur yang tidak biasa digunakan pada ponsel saat ini, yaitu sensor sidik jari yang berfungsi sebagai alat identitas, membuka ponsel atau sebagai alat untuk masuk ke iTunes tanpa mengetikkan password. Sedangkan dari saingannya, memiliki fitur Face Detection.

Mungkin dikarenakan desain yang elegannya banyak orang yang berburu IPhone 5S. Dan untuk itu kategori ini pemenangnya adalah IPhone 5S.

LAYAR

iPhone 5S – 4 inci, 1136 x 640 piksel, IPS (Pemenang)
Galaxy S4 – 5 inci, 1080p, Super AMOLED

Seperti pada desain, Apple sepertinya tidak melakukan banyak perubahan pada ponsel terbaru mereka, yang tetap menggunakan layar berukuran 4 inci dengan resolusi 640×1135 piksel yang sebelumnya juga sudah dihunakan pada IPhon 4.

Sedangkan pada Galaxy S4 memiliki ukuran layar yang lebih besar yakni 5 inci dengan resolusi 1080p yang tajam, besar dan sangat mengesankan. Dalam penggunaannya, layar besar yang diusung Samsung ini jauh mengungguli IPhone dalam hal bermain game, menonton film, dan juga mengetik yang memberikan ruang lebih besar untuk jari.

Teknologi yang digunakan pada layar kedua ponsel ini juga berbeda, seperti yang diketahui S4 menggunakan layar Super AMOLED sefangkan 5S menggunkaan IPS. Begitu juga dari hasil yang diberikan oleh kedua teknologi ini, IPS unggul dari segi kecerahan, sedangkan AMOLED unggul dari kontras dan ketajaman warna hitamnya.

STORAGE

iPhone 5S – 16/32/64GB tidak bisa ditambah
Galaxy S4 – 16/32/64GB, microSD (Pemenang)

Samsung dan Apple memiliki pemikiran yang berbeda untuk data penyimpanan (storage). Samsung memberikan kemudahan pada pelanggannya untuk memperbesar kapasitas ruang penyimpanan ponselnya yang berada dibawah baterai, sedangkan Apple tidak, yang membuat anda terus menggunakan kapasitas pada ponsel tersebut sampai anda menjualnya atau menggantinya dengan yang baru.

SISTEM OPERASI

iPhone 5S – iOS 7 (Pemenang)
Galaxy S4 – Android 4.2 dengan TouchWiz interface

IPhone 5S adalah ponsel pertama yang menggunakan iOS7 yang banyak mendapatkan perubahan semenjak iOS diluncurkan pada tahun 2007 yang dikerjakan ulang baik secara visual ataupun fungsional oleh Johnny Ive yang juga menjadi bagian tim yang merancang IPod, IMac, IPhone, dan banyak lagi. Meskipun Apple tetap mempertahankan tampilan yang lebih sederhana pada iOS, Apple juga tidak lupa menambahkan fitur-fitur seperti manajemen faya, bar notifikasi dan aplikasi kamera ynaglebih banyak.

Disisi lain, Galaxy S4 datang dengan Android Jelly Bean 4.2 dengan antar muka Touchwiz yang berbeda. Mereka hadir dengan lebih “colorful” yang lebih fokus pada penambahan fitur. Berbeda dari saingannya yang lebih tajam dan stylish. TouchWiz menambahkan banyak fitur untuk Android seperti gesture typing, power management mode, notification bar, dan widget yang di kustom. Juga ada Air Gesture dan Air View yang menjadi ciri khas ponsel ini.

CPU dan RAM

iPhone 5S – Apple A7 dual-core 64-bit chip, 1GB RAM (Pemenang)
Galaxy S4 – Snapdragon 1.9GHz Quad 600-core, 2GB RAM, Adreno 320 GPU

Dirilis hampir enam bulan setelah peluncuran Samsung Galaxy S4, Apple sepertinya benar-benar telah memanfaatkan waktu dan mempersiapkan tandingan yang tepat pada ponselnya. Seperti yang telah diketahui diatas, IPhone 5S datang sebagai ponsel pertama yang menggunakan sistem 64bit, dan ia juga mampu mengungguli saingannya dalam pertarungan benchmark (3DMark Icestorm unlimited) walaupun hanya memiliki 1GB RAM.

3DMark Icestorm unlimitedIPhone 5S juga memiliki chip yang mampu melakukan sensor gerak, memonitor giroskop, kompas, akselerometer yang disebut M7 chip. ponsel ini juga unggul dari segi perangkat lunak dan game yang mengesankan.

KAMERA

iPhone 5S – 8MP dengan flash LED
Galaxy S4 – 13MP dengan flash LED

Seperti dalam beberapa kategori sebelumnya, Apple masih belum mau beranjak untuk mengubah resolusi kamera walaupun mereka memiliki slogan “Think Different”, semuanya masih sama. Meskipun memiliki piksel yang lebih besar yakni 1.5 mikron piksel sedangkan Galaxy S4 hanya memiliki 1.1 mikron piksel.

Untuk urusan fitur pada kamera alaxy S4 sepertinya memiliki lebih banyak fitur dengan 10 mode yang dapat digunakan untuk pengambilan gambar dan melakukan pengeditan foto. Anda dapat melakukan hal lebih banyak dengan ponsel ini.

KESIMPULAN

Baik iPhone 5S ataupun Samsung Galaxy S4, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan, semua tergantung kepada kebutuhan anda pada ponsel ini, keduanya sama-sama ponsel premium baik dari segi fitur, desain ataupun harga. Untuk itu teliti sebelum membeli adalah keputusan yang bijak untuk menghabiskan uang simpanan / gaji anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top