Home / Tekno / OLED vs LED Teknologi TV manakah yang lebih baik?

OLED vs LED Teknologi TV manakah yang lebih baik?

Teknologi OLED tidak lagi menjadi sesuatu yang baru bagi konsumen elektronik lagi. Bahkan ponsel pun telah menggunakan layar OLED sejak tahun 2001. Tapi sekarang minat orang terhadap teknologi OLED yang ada pada produk TV Samsung dan LG ini sedang meningkat. Namun, Apa yang membuat OLED lebih baik daripada LED atau LCD? Dari aspek mana OLED menjadi lebih unggul? Apakah ada kekurangan pada OLED? Kami punya jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut di bawah ini.

perbandingan OLED vs LED

Apa itu OLED dan LED?

LED singkatan dari light-emitting diode. Ini adalah perangkat solid-state yang membuat cahaya gerakan elektron melalui semi-konduktor. LED relatif kecil dibandingkan dengan neon dan lampu pijar. Namun, LED tidak cukup kecil untuk digunakan sebagai piksel pada televisi – mereka terlalu besar untuk itu. Itu sebabnya LED hanya digunakan sebagai lampu latar untuk televisi LCD.

OLED singkatan dari organic light-emitting diode. Sebuah OLED dibuat dengan senyawa organik yang menyala ketika dialiri listrik. Itu mungkin tidak tampak seperti perbedaan besar bila dibandingkan dengan LED, tetapi OLED dapat dibuat menjadi sangat tipis, kecil dan sangat fleksibel. Pada TV OLED, setiap pixel bercahaya sendiri secara independen dari yang lain.

Perbandingan LED vs OLED

Dari segi kualitas gambar, TV OLED lebih unggul daripada TV LED/LCD dalam hampir segala hal. Tapi kualitas gambar bukan satu-satunya pertimbangan. Mari kita bandingkan.

Level Kehitaman

Kemampuan layar untuk menghasilkan tampilan yang mendalam, hitam gelap ini bisa dibilang faktor yang paling penting dalam mencapai kualitas gambar yang sangat baik. Warna hitam lebih memungkinkan untuk kontras yang lebih tinggi dan lebih kaya warna dengan demikian citra yang lebih realistis dapat ditampilkan.

TV LED mengandalkan lampu latar LED bersinar di belakang panel LCD. Dengan teknologi peredupan canggih, LED sepertinya belum mampu untuk memberikan warna hitam yang pekat seperti yang ditampilkan oleh TV OLED.

Kecerahan

Ketika perbandingan dengan kategori kecerahan, TV LED memiliki sedikit keuntungan. LED benar benar sangat terang. TV OLED bisa terang tapi piksel OLED untuk kecerahan maksimum untuk waktu yang lama dapat mengurangi umur pixel.

Ruang warna

TV OLED mampu mencakup ruang warna yang lebih luas dari televisi LED/LCD. Ini berarti mereka dapat mereproduksi warna yang lebih banyak dalam spektrum warna.

Response time

OLED saat ini menawarkan waktu respon tercepat dari teknologi TV yang digunakan saat ini, membuatnya menjadi pemenang dalam hal ini. Dengan waktu respon lebih cepat yang dapat mengurangi blur.

Ukuran, berat, konsumsi daya

Panel OLED sangat tipis dan mereka tidak memerlukan backlight. Dengan demikian, OLED TV cenderung lebih ringan dan jauh lebih tipis daripada TV LED/LCD. Mereka juga membutuhkan daya yang lebih kecil, membuat mereka lebih efisien.

Umur

OLED sepertinya tidak akan tahan untuk dipakai lama karena senyawa yang digunakan untuk membuat warna biru pada televisi OLED dikenal memiliki jangka hidup yang lebih pendek. Sebagai salah satu degradasi warna.

Kesimpulan

Bagi anda yang lebih mementingkan kualitas gambar dan tidak memiliki budget yang terbatas, OLED adalah pilihan terbaik bagi mata. Namun jika anda ingin TV tersebut tahan lama, pilihan anda jatuh kepada LED/LCD. Semua kembali dengan selera dan kantong anda. Selamat memilih !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top