Home / Lindungi Diri Anda Dari Kabut Asap Dengan Tips Ini

Lindungi Diri Anda Dari Kabut Asap Dengan Tips Ini

bencana kabut asap, kabut asap, kualitas udara, mengatasi kabut asap

Bencana kabut asap telah menjadi fenomena bencana yang hampir pasti terjadi setiap tahun, khususnya untuk wilayah yang gencar membuka lahan untuk perkebunan sawit, terbakarnya lahan gambut dan kebakaran hutan yang disebabkan kemarau panjang. Beberapa wilayah di provinsi-provinsi Indonesia merupakan wilayah yang berpotensi mengalami kebakaran hutan dan menjadi sumber bencana kabut asap yang terjadi. Bagi Anda yang tinggal di wilayah-wilayah yang terkena bencana kabut asap, Anda pasti pernah merasakan gejala seperti sesak napas, iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan. Berikut tips untuk melindungi diri Anda dari kabut asap dan penyakit yang ditimbulkannya.

1. Kurangi aktifitas di luar rumah. Kabut asap yang terjadi membuat banyaknya partikel asap dan debu hasil pembakaran hutan bebas beterbangan di udara. Dengan mengurangi aktifitas di luar rumah, Anda juga dapat mengurangi resiko penyakit yang ditimbulkan oleh kualitas udara yang kurang baik karena kabut asap seperti ISPA dan asma.

2. Tingkatkan konsumsi air putih. Minumlah air putih lebih banyak dari biasanya. Air putih dapat menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Selain minum lebih banyak, minumlah lebih sering untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Selalu gunakan masker. Saat Anda terpaksa harus ke luar rumah atau melakukan aktifitas di luar, jangan lupa menggunakan masker yang standar dan direkomendasikan untuk mengatasi kabut asap. Jangan menggunakan masker yang sama secara terus menerus karena debu yang melekat pada masker berbahaya untuk pernafasan Anda.

4. Pastikan rumah Anda tertutup dengan baik. Jangan biarkan pintu atau jendela terbuka terlalu sering karena debu dan asap yang ada di luar rumah dengan mudah masuk ke dalam ruangan di rumah Anda. Pastikan juga sirkulasi udara di dalam rumah tetap terjaga baik dan lancar.

5. Konsultasi pada dokter. Jika Anda merasakan gejala-gejala seperti sesak napas, gangguan pada tenggorokan dan hidung serta gejala asma, segera konsultasi pada dokter dan lakukan tindakan pencegahan agar gejala penyakit yang Anda rasakan tidak berlanjut.

6. Jaga kebersihan makanan dan minuman. Banyaknya partikel debu dan asap yang beterbangan di udara dapat mengotori makanan dan minuman serta penampungan air bersih yang ada di rumah Anda. Pastikan terlindung dan ditutup dengan baik agar kebersihannya terjaga.

7. Hindari rokok dan makan makanan bergizi. Banyaknya intensitas kabut asap yang beredar membuat Anda harus selalu mendapatkan udara bersih. Oleh sebab itu menghindari rokok dan jika bisa menghentikannya merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan pernafasan Anda. Makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Usahakan mendapat oksigen murni. Buruknya kualitas udara menyebabkan sangat sedikit kandungan oksigen murni yang ada untuk bernapas. Jika napas mulai sesak dan masker yang ada tidak cukup menjaga organ pernafasan Anda, ambillah handuk bersih dan basahkan dengan air, peras dan jadikan pengganti masker sehingga nafas Anda akan sedikit lega dengan masker pengganti ini.

Oksigen atau udara yang baik merupakan salah satu aspek paling mendasar untuk hidup. Kualitas udara yang tidak baik telah mengurangi aspek dasar tersebut. Penanganan dan tindakan pencegahan yang baik harus selalu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dari bahaya kabut asap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top