Home / Kesehatan / Intim / Hubungan Cinta Dapat Mempengaruhi Kesehatan?

Hubungan Cinta Dapat Mempengaruhi Kesehatan?

Hubungan cinta, kesehatan, pasangan

Apakah hubungan cinta dapat mempengaruhi kesehatan? Penelitian membuktikan bahwa hubungan yang terjalin kuat dapat membantu kita menghindari penyakit, mengadopsi kebiasaan sehat dan bahkan panjang umur. Disisi lain hubungan cinta yang bermasalah cenderung meningkatkan stres dan melemahkan daya tahan tubuh.

Pengaruh hubungan cinta terhadap kesehatan

Bertambahnya berat badan. Menurut penelitian, umumnya pasangan cenderung bertambah berat badan saat menikah dan turun berat badan saat pernikahan berakhir.Namun ternyata ketidakpuasan dalam sebuah hubungan dapat menyebabkan kebiasaan makan yang pasif dan agresif dan berdampak pada berat badan.

Stres. Sebuah penelitian oleh Journal of Sexual Medicine yang dipublikasikan pada 2009 menemukan bahwa pasangan yang secara rutin melakukan hubungan intim secara mental lebih sehat dan memiliki tingkat kepuasan terhadap hubungan yang lebih besar sehingga berpengaruh terhadap tingkat stress yang dihadapi.

Hormon yang menyehatkan. Sebuah studi yang dilakukan University of North Carolina pada 2004 menemukan bahwa pria dan wanita memiliki level oxytocin yang tinggi dalam darah (sebuah hormon yang dapat meredakan stres dan memperbaiki mood) setelah berpelukan.

Masalah tidur. Hubungan cinta ternyata juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang buruk berhubungan dengan tidur yang kurang berkualitas.

Kecemasan. Masalah pernikahan juga dapat mempengaruhi kesehatan, khususnya kesehatan mental seperti kecemasan. Pernikahan dan hubungan cinta yang bahagia akan mengatasi tingkat kecemasan.

Depresi. Seperti halnya kecemasan, depresi juga dapat disebabkan oleh hubungan cinta yang buruk. Namun penelitian membuktikan bahwa hubungan cinta jangka panjang atau pernikahan yang cukup lama dapat meredakan gejala depresi bagi orang yang memiliki riwayat depresi dalam keluarganya.

Tekanan darah. Diet, kebiasaan berolahraga dan stres memiliki dampak terhadap tekanan darah sehingga tak mengejutkan jika hubungan cinta Anda juga berpengaruh pada tekanan darah. Hubungan cinta yang tidak sehat menyebabkan tubuh Anda melepaskan hormon stres serta menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan akhirnya meningkatkan tekanan darah.

Kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa pernikahan berhubungan dengan resiko yang rendah terhadap serangan jantung khususnya bagi pria.

Resiko kanker. Dalam beberapa penelitian ditunjukkan bahwa pernikahan dan hubungan cinta yang baik dapat meningkatkan angka harapan hidup terhadap orang yang menderita kanke, baik kanker prostat maupun kanker saluran pernapasan.

Hubungan cinta yang baik untuk kesehatan

Begitu banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kita, baik sikap dan kebiasaan kita maupun kebiasaan dalam sebuah hubungan cinta bersama kekasih atau pasangan. Setelah mengetahui pengaruh hubungan terhadap kesehatan masing-masing pasangan, ada baiknya kita berkomitmen untuk selalu saling menjaga hubungan cinta dan pernikahan sekaligus saling mengingatkan dalam menjaga kesehatan. Buatlah program-program kesehatan seperti olahraga, makanan dan menu sehat dan lainnya dalam menikmati hubungan Anda. Selain hubungan cinta semakin harmonis, tubuh dan pikiran pun akan senantiasa sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top