Home / Kesehatan / Tips Sehat / Cara Memilih Telur yang Baik dan Sehat

Cara Memilih Telur yang Baik dan Sehat

cara memilih telur yang baik, cara memilih telur, memilih telur yang baik, memilih telur yang sehat, telur yang segar

Telur merupakan sumber protein yang baik dan kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh seperti asam amino dan karbohidrat. Selain lezat, telur juga bahan makanan yang sangat penting dan digunakan diseluruh dunia sebagai pelengkap maupun olahan makanan dari kue-kue, makanan tradisional hingga makanan kelas atas. Berikut cara memilih telur yang baik dan sehat agar makanan olahan Anda aman untuk tubuh.

1. Menggoyang/mengguncang telur. Ambillah sebutir telur yang akan Anda masak, goyang atau guncanglah dan pastikan tidak ada suara yang keluar dari guncangan tersebut. Jika terdapat bunyi, maka kemungkinan telur tersebut tidak bagus dan jangan dikonsumsi.

2. Rendam telur di dalam air. Isilah sebuah baskom kecil yang cukup merendam telur dengan air. Pastikan air tersebut dapat merendam keseluruhan telur yang Anda masukkan. Telur yang segar dan baik akan tenggelam dalam posisi tidur. Jika posisi telur miring usia telur diperkirakan sekitar 3-5 hari, jika tegak berdiri maka diperkirakan telur disimpan sekitar 10 hari lebih. Telur yang mengambang atau terapung di permukaan air dipastikan tidak segar dan tidak layak untuk dikonsumsi.

3. Kulit telur. Selain cara diatas, Anda juga dapat memperhatikan kesegaran telur dari kulit telur. Telur yang segar memiliki butiran kecil menonjol dan kasar pada permukaan kulit telur. Telur yang licin dan terlihat mengkilat kemungkinan memiliki usia yang cukup lama atau kurang segar untuk dikonsumsi.

4. Menerawang telur. Cobalah menerawang telur dibawah sorotan cahaya lampu. Telur yang baik dan segar terlihat jernih. Jika Anda menemukan guratan, noda atau bayangan gelap pada telur yang diterawang sebaiknya pisahkan dan jangan dikonsumsi.

5. Tidak berbau. Telur yang sudah busuk biasanya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Segera pisahkan telur yang busuk dan pastikan telur yang akan Anda konsumsi tidak berbau dan segar.

Simpanlah telur dengan bagian telur yang lebar pada bagian bawah agar kuning telur tetap berada ditengah dan menjaga kesegarannya. Pisahkan telur yang lebih lama dengan telur yang baru pada wadah yang berbeda atau dengan memberikan tanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top