Home / Travel / Cara Berkomunikasi Tanpa Menggunakan Bahasa Setempat Saat Berlibur

Cara Berkomunikasi Tanpa Menggunakan Bahasa Setempat Saat Berlibur

Cara Berkomunikasi, Berkomunikasi dengan Bahasa Asing, Cara Berkomunikasi Tanpa Menggunakan Bahasa Setempat Saat Berlibur

Mengingat kembali sedikit pelajaran bahasa asing yang pernah Anda pelajari saat sekolah dulu seperti bahasa Inggris, Jerman, Prancis atau sedikit Spanyol akan sangat berguna saat Anda berlibur ke luar negeri. Namun, saat Anda mendengar nada-nada yang asing terdengar mungkin seperti bahasa Yunani, maka perjalanan Anda mungkin akan terasa tak sesederhana yang Anda bayangkan.

Mulailah dari smartphone atau tablet dalam genggaman Anda, selanjutnya ikutilah panduan kami menggunakan aplikasi-aplikasi penterjemah yang sangat berguna bagi para turis seperti Anda :

Google Translate                                                 

Dari bahasa Swedia hingga Swahili, Basque hingga Bulgaria. Sebutkan saja, Google akan menerjemahkannya untuk Anda. Anda hanya butuh copy-paste text yang ingin anda terjemahkan ke layanan Google Translate.  Mungkin tak sepenuhnya bisa dipahami, namun Anda masih akan mengerti poin yang dikomunikasikan.

Word Lens

Aplikasi keren berikut ini bekerja melalui kamera smartphone, saat Anda mencoba memotret sebuah kata atau tanda dan lihatlah saat aplikasi ini menerjemahkannya ke bahasa lain yang Anda inginkan. Anda tidak butuh jaringan internet dalam menggunakannya. Aplikasi ini bisa menerjemahkan dari bahasa Spanyol ke bahasa Inggris dan sebaliknya, termasuk juga bahasa Italia dan Perancis. Anda harus merogoh kocek sekitar $4.99 untuk setiap paket bahasa.

Jibbigo

Dengan aplikasi ini Anda bisa menerjemahkan lebih dari 20 bahasa (termasuk bahasa Hebrew, Catalan dan Mandarin). Anda dapat menggunakannya secara gratis untuk versi online. Paket multi-bahasa juga tersedia jika Anda berlibur di wilayah yang memiliki banyak bahasa berbeda seperti Asia dan Eropa (paket English untuk kawasan Eropa berharga $9.99). Cukup menekan sebuah ikon di layar smartphone Anda dan aplikasi ini akan merekam suara Anda dalam bahasa ibu Anda dan dengarkan terjemahannya dalam bahasa lain. Sangat keren, Anda bisa merekam suara Anda dengan Jibbigo dan meminta seseorang yang Anda ajak bicara untuk mendengarkan terjemahannya dari smartphone Anda.

Bing Translator

Anda bukan pengguna iPhone? Jangan khawatir. Aplikasi penterjemah Bing memang ditargetkan untuk pengguna Windows Phone 8 (dan versi lebih awal). Aplikasi ini menggunakan kamera smartphone untuk menerjemahkan menu, majalah, koran dan teks lainnya kedalam bahasa Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, Inggris dan Cina. Anda juga bisa mengaktifkan terjemahan suara pada aplikasi ini.

Meminta Bantuan

Tidak setiap orang berlibur dengan membawa perlengkapan dan aplikasi yang disebutkan diatas. Jika memang Anda tidak memiliki smartphone, cobalah meminta bantuan pada seseorang yang bisa berbahasa Inggris. Catatlah kalimat atau kata yang menurut Anda penting. Misalnya, saat Anda harus ke apotik untuk membeli obat di wilayah Naples Italia ketika terserang demam. Daripada meniru mimik bahasa Italia yang mungkin saja tidak terjemahkan dengan tepat, sebaiknya Anda minta saja resepsionis tempat Anda menginap untuk menuliskan gejala demam Anda, kemudian pergilah ke apotik, serahkan catatan kecil dari resepsionis hotel ke apoteker dengan sebuah senyuman dan tunggulah obat Anda diberikan.

Dan ingatlah, senyum merupakan bahasa universal. Jadi tetaplah tersenyum dengan ramah dan Anda pasti bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa lokal yang asing bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top