Home / Kesehatan / Tips Sehat / 9 Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Dengan Diet Sehat

9 Tips Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Dengan Diet Sehat

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah umum yang sering di hadapi banyak orang. Walaupun, ada obat yang dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah Anda. Namun, obat ini tidak dapat menyembuhkan masalah tersebut; obat tersebut hanya membantu dalam mengendalikan itu. Namun demikian, Anda dapat menyembuhkan kondisi ini dengan mengikuti gaya hidup sehat dan diet seimbang seperti dibawah ini..

1. Konsumsi buah dan sayuran segar – Diet yang sehat adalah diet yang dalam asupannya mengandung banyak buah dan sayuran segar terutama sayuran yang berdaun hijau seperti brokoli, bayam, kubis, dan lainnya. Untuk buah anda harus makan buah-buahan seperti semangka, pisang, dan jeruk. Buah ini memiliki jumlah kalium yang tinggi didalamnya. Kalium ini ah yang dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi anda.

2. Diet rendah lemak – Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, cara ini akan sangat membantu jika Anda mengurangi bahan makanan yang kaya akan lemak dan produk olahan susu seperti coklat. Maka dari itu, beralih ke produk susu yang rendah lemak seperti susu murni, keju cottage, yoghurt dan keju rendah lemak.

3. Diet kaya protein – Usahakan diet Anda harus mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak. Maka dari itu pilihlah makanan yang mengandung rendah lemak dan kaya protein seperti ayam, ikan, dan telur.

4. Konsumsilah makanan dari biji-bijian – Hindari makanan olahan dan beralihlah ke makanan dari olahan yang terdiri dari biji-bijian seperti gandum, roti cokelat, sereal dan pasta.

5. Kacang – Mulailah menyertakan juga bahan makanan seperti kacang merah, kacang polong, dan selai kacang dalam diet Anda. Makanan ini dapat membantu Anda dalam menjaga tekanan darah Anda.

6. Minyak sehat – Jika Anda lebih suka makanan yang digoreng, cobalah menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun yang dapat membantu Anda dalam mengurangi darah tinggi. Sertakan minyak zaitun dan margarin rendah lemak dalam diet Anda. Item ini mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu Anda dalam menjaga tekanan darah Anda.

7. Kurangi asupan gula dan alkohol – Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, hindari asupan gula dan alkohol. Juga hindari mengkonsumsi minuman bersoda dan makanan yang memiliki konsentrasi lemak tinggi. bahan ini dapat meningkatkan tekanan darah Anda serta merusak pembuluh darah.

8. Memonitor tekanan darah – Jika Anda membuat beberapa perubahan diet untuk mengurangi tekanan darah Anda, akan lebih baik jika Anda mulai memonitor tekanan darah dari sekarang. Dengan mengikuti perubahan diet tersebut Anda akan melihat perbedaan yang mencolok dalam waktu 2 sampai 3 minggu.

9. Hindari Sodium – Hindari makanan yang mengandung sodium yang tinggi seperti garam. Asupan harian Anda dari sodium tidak boleh lebih tinggi dari 1500 mg. Maka dari itu mulailah mengurangi makanan seperti keripik, kecap, mustard dan acar. Makanan ini mengandung sodium dalam jumlah yang sangat tinggi.

Meskipun tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah, namun juga dapat dengan mudah dikontrol dengan bantuan gaya hidup dan diet sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top