Home / Tekno / Tekno Tips / 9 Tips Fotografi Untuk Pemula Yang Perlu Diketahui

9 Tips Fotografi Untuk Pemula Yang Perlu Diketahui

Tips Fotografi Untuk PemulaFotografer sekarang bukanlah menjadi profesi yang susah untuk dilakukan. Dengan harga kemera yang semakin mudah untuk dijangkau, saat ini sudah banyak fotografer pemula yang menjamur. Mulai dari mereka yang ingin coba – coba atau mereka yang memang berminat dalam dunia fotografi.

Jika anda adalah seorang yang sudah mendambakan menjadi seorang fotografer professional sejak dulu tapi baru kesampaian memiliki kamera dan mencoba mengambil foto. Tips fotografi untuk pemula ini cocok untuk anda. Dibawah ini adalah tips dasar fotografi yang dapat memberikan anda inspirasi bagaimana cara mendapatkan foto yang sempurna. Langsung saja berikut tipsnya.

1. Lebih Dekat

Setiap kali melihat objek keukaan Anda, bidik dan kemudian bergeraklah lebih dekat untuk mendapatkan foto yang lebih baik. Juga, foto yang lebih rinci lebih menarik daripada pandangan keseluruhan. Terus bergerak lebih dekat sampai Anda yakin foto tersebut mewakili subjek Anda. Setelah subjek Anda dapatkan dengan sempurna maka penikmat foto Anda akan memahami dan menghargai foto tersebut.

2. Cepat

Jika subjek Anda dapat bergerak, meloncat, terbang, bergeraklah dengan cepat untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Jangan biarkan kemalasan anda bergerak untuk mendapatkan objek yang diinginkan. Jangan khawatir dengan banyaknya mengambil gambar pada objek bergerak karena akan memberikan pilihan pada Anda untuk memilih hasil yang diinginkan.

3. Seimbang

Usahakan objek yang diambil seimbang didalam frame kamera anda. Keseimbangan sangatlah penting dalam mengambil foto secara professional. Ini akan membuat penikmat foto akan lebih fokus ke objek yang ingin dikeluarkan. Dalam menyeimbangkan objek cobalah untuk menjaga objek berada pada garis horizontal, pangkas unsur-unsur tambahan yang tidak disukai, sadar dalam penempatan objek di mana Anda pikir itu yang paling menarik. bermain dengan perspektif.

4. Selektif

Memahami dengan sungguh-sungguh ketertarikan Anda dan memusatkannya pada usaha untuk mendapatkan objek foto yang sempurna, apakah itu seekor kucing atau anjing, teman, keluarga, suasana hati, bahkan tempat budaya. Kemudian pastikan untuk menjaga apa pun yang akan mengalihkan perhatian penikmat foto dari objek gambar. Hapuslah elemen yang tidak diinginkan.

5. Fokus

Berlatihlah mengambil foto dengan apertur yang berbeda dan lihatlah hasilnya untuk belajar bagaimana depth-of-field (jarak antara benda-benda terdekat dan terjauh dalam sebuah latar yang bisa diterima ketajaman gambarnya) mempengaruhi foto Anda.

Anda akan merasa bahwa depth-of-field (DOF) yang lebih sedikit dapat memfokuskan semua perhatian pada objek Anda. Ini sangat bagus untuk mengambil gambar anak Anda, anjing, pacar – subjek menonjol dengan latar belakang kabur. Demikian juga, Anda akan merasa bahwa DOF yang lebih akan membuat segala sesuatu lebih fokus. Ini akan membantu membuat pemandangan yang menarik dan indah.

Anda juga akan menjadi akrab dengan fokus kamera. Jika titik sederhana dan menembak kamera, Anda mungkin akan menunjukkan bagian mana dari gambar untuk lebih fokus dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  •      Tujuannya agar objek yang diinginkan lebih fokus dan berada ditengah lensa anda.
  •      Tekan tombol rana sekali dan tahan untuk memfokuskan objek.
  •      Pindahkan kamera Anda sampai Anda mendapatkan komposisi yang Anda sukai.
  •      Tekan dan tahan tombol rana untuk mengambil gambar.

6. Bereksperimen

Salah satu aspek yang paling dasar dan menyenangkan dalam fotografi adalah Anda memiliki kemampuan untuk memperlambat waktu atau menangkap sepersekian detik sebuah objek. Gunakan kecepatan rana lambat dan tripod untuk membuat gambar yang bagus dari setiap aliran sungai atau mobil dijalan raya. Di sisi lain, Anda dapat menggunakan kecepatan rana (1/500 keatas) untuk menangkap obyek bergerak.

7. Perhatikan Cahaya

Penting untuk selalu memperhatikan arah cahaya dan bayangan yang mengenai objek anda. Kecuali jika Anda ingin efek siluet, di mana objek utama Anda adalah hitam ketika menembak dengan matahari di belakang Anda. Jika anda sedang mencintai objek dengan warna yang lebih muncul, pencahayaan yang terang tepat untuk anda. Namun, jika anda lebih menyukai objek lebih dramatis pencahyaan sampin / cahaya yang dari dari sisi objek. Ingat, cahaya tidak langsung dapat digunakan untuk membuat objek Anda terlihat lembut dan cantik.

8. Perhatikan Cuaca

Sebelum anda beraksi untuk mengambil foto, selalu perhatikan cuaca dan langit. Jika mendung, usahakan untuk tidak mengambil langit yang dapat merusak gambar anda, kecuali anda memang memburu langit tersebut.

9. Buat Pengaturan kamera Lebih Simpel

Jika anda tidak ingin kehilangan momen untuk objek foto yang sedang dicari, buatlah pengaturan untuk kamera lebih simpel dan terbaik menurut anda. Jadi anda tidak kehilangan momen tersebut dikarenakan sibuk untuk memilih pengaturan yang tepat. Bawalah tripod jika anda masih belum pas memegang kamera untuk menghindari hasil bidikan terlihat goyang.

Itulah tips fotografi bagi pemula. Ambillah foto yang diinginkan sebanyak banyaknya dan buat dunia melihat kepada anda dengan hasil foto yang menarik, unik, dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top