Home / Unik dan Fakta / 9 Festival Paling Unik Dan Berwarna Didunia

9 Festival Paling Unik Dan Berwarna Didunia

Setiap negara pasti memiliki festival – festival unik yang biasanya menampilkan bakat, budaya, dan tradisi mereka. Dan festival tersebut biasanya dijadikan objek wisata paling terkenal yang dapat memikat orang-orang dari seluruh dunia.

Festival itu dapat bertahan sampai satu minggu lamanya, sementara beberapa perayaan berlangsung selama sebulan yang merupakan parade, kegiatan budaya, dan pesta malam. Karena itu adalah cara untuk memperoleh pendapatan negara dengan menarik perhatian warga negara lain. Tanpa basa basi lagi takutnya mulai membahas politik, berikut 9 festival paling unik didunia.

1. Festival Balon Internasional Albuquerque
Festival Balon Internasional AlbuquerqueSetiap tahun, sekitar 700 balon udara menghiasi langit di New Mexico. Festival Balon Internasional Albuquerque adalah salah satu parade langit paling berwarna di dunia. Lebih dari 28 negara yang berbeda berkumpul bersama untuk ikut dalam perayaan spektakuler ini, dan setiap tahun ada tema baru yang membuat festival ini menarik dan tak terduga. Biasanya, diadakan setiap Oktober, ketika iklim di Albuquerque sempurna untuk balon-balon tersebut.

2. Festival Rio de Janeiro
Festival Rio de Janeiro
Jika Anda bepergian ke Brazil, apa cara yang lebih baik untuk merasakan budaya dan tradisi negara tersebut selain menyaksikan dan merasakan berada dalam Festival mereka yang paling terkenal di Rio de Janeiro, bukan ? Hampir 2 juta wisatawan dan penduduk lokal menari bersama – sam penuh suka cita di jalan-jalan, dengan kostum, masker, dan alat peraga yang berwarna-warni. Tidak heran Rio baru-baru ini terpilih sebagai kota paling bahagia di dunia!

3. Festival Diwali
Festival DiwaliJuga dikenal sebagai Festival Cahaya, Festival Diwali memliki ciri khas pencahayaan lampu minyak kecil yang ada di sekitar rumah dan balkon setiap penduduk India yang menerangi seluruh negeri. Karena India adalah negara yang sangat beragam, festival unik ini memiliki berbagai makna sesuai dengan tradisi provinsi mereka. Diwali masih menjadi salah satu festival terbesar di India, puncak festival ini menampilkan kembang api dan pertukaran permen di rumah masing-masing.

4. Festival Full Moon
Festival Full MoonDi Thailand, orang-orang dari seluruh dunia mengunjungi negara inin untuk festival Full Moon (Full Moon Party) yang dilangsungkan di Haad Rin. Setiap tahun, wisatawan dan penduduk lokal menyatu di daerah pantai dan melakukan tarian api, berpesta semalaman dengan musik yang keras, mengubahnya menjadi festival paling gila di Thailand. Hal ini biasanya dirayakan di pantai Haad Rin di mana hampir 20.000 orang menari sepanjang malam.

5. Festival Sinulog
Festival SinulogSetiap Minggu ketiga pada bulan Januari, penduduk Cebuano di Filipina menyelenggarakan Festival Sinulog, untuk menghormati Santo Niño. Ribuan peserta memakai kostum berwarna-warni dan melakukan  parade sepanjang hari di jalan-jalan, menari dengan irama ketukan drum dan terompet. Festival Sinulog berlangsung sampai sembilan hari, dan Sinulog Grand Parade merupakan puncak festival ini. Kata ‘Sinulog’ berasal dari kata ‘sulog’, yang secara harfiah berarti “seperti gerakan arus air”. Istilah ini menggambarkan gerakan tari selama parade, yang terdiri dari dua langkah maju, diikuti satu langkah mundur.

6. Festival Gajah
Festival GajahDiselenggarakan setiap tahun di Jaipur, ibu kota Rajasthan, India. Festival Gajah adalah salah satu perayaan paling berwarna-warni dan menghangatkan hati di India. Festival ini biasanya diadakan pada hari bulan purnama dari Phalgun Purnima, menurut kalender India (ini biasanya antara Februari dan Maret). Ratusan gajah yang dicat dengan warna-warna dan simbol cerah, berpakaian dengan pakaian cerah, mengenakan perhiasan, dan berparade di jalan-jalan. Gajah yang paling indah di pawai membawa pulang hadiah mewah.

7. Festival Harbin Ice
Festival Harbin IceDi Cina, di ibukota provinsi Heilongjiang, kota Harbin merayakan sebuah festival tahunan. Festival terunik ini menampilkan patung-patung es yang menjulang tinggi, pertunjukkan lentera es, dan olahraga es seperti hoki dan sepak bola – hampir apapun yang berhubungan dengan es! Pada malam hari, lentera dan istana es menyala dengan warna yang berbeda, membuat pemandangan spektakuler yang akan meluluhkan hati Anda untuk pergi meskipun dingin.

8. Festival Holi
Festival HoliHoli Festival atau Festival Warna di India benar-benar salah satu festival yang paling menarik dan berwarna-warni di dunia. Umumnya, festival ini adalah perayaan keagamaan Hindu untuk Dewa Wisnu. Perayaan ini berlangsung selama sekitar satu minggu dengan kegiatan budaya dan perayaan dimalamnya. Apa yang membuat festival ini menyenangkan adalah semua orang melemparkan bubuk berwarna dan air di udara ke wajah mereka satu sama lain.

9. Festival Perahu Naga
Festival Perahu NagaSebuah festival yang sudah kuno di Cina, Festival Perahu Naga yang menjadi daya tarik untuk turis lokal dan mancanegara. Festival ini dirayakan setiap tahun, pada hari kelima bulan lunar kelima. Festival Perahu Naga berasal dari sebuah festival yang merayakan kematian Qu Yan, seorang patriot Cina yang terkenal melemparkan dirinya ke sungai sebagai tanda protes kepada pemerintah. Kemudian dirayakanlah dengan mengadakan lomba perahu naga raksasa yang dicat dengan warna-warna cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top