Home / Gaya Hidup / Sukses / 8 Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

8 Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

kuliah sambil bekerja, kuliah, perkuliahan, pekerjaan, pendidikan, karir

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk mengangkat harkat, martabat dan kualitas hidup seseorang. Semakin tingginya tuntutan hidup dan standar pendidikan di banyak negara membuat banyak orang harus menginvestasikan waktunya untuk kuliah dan memperoleh gelar dan keahlian dibidang tertentu. Bagi Anda yang telah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kuliah sambil bekerja merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan. Berikut tips yang dapat Anda lakukan agar kedua hal tersebut berjalan lancar hingga Anda selesai kuliah.

1. Sesuaikan jadwal. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan jadwal kuliah dengan jam kerja Anda. Ada banyak kampus saat ini yang membuka kelas malam sehingga waktu bekerja Anda tidak terlalu terganggu. Jika ada kelas yang harus dihadiri pada jam kerja bicarakanlah dengan atasan Anda.

2. Gunakan waktu luang. Saat jeda waktu antara pulang kerja dan sebelum kuliah, manfaatkan untuk membuat tugas dan mempelajari materi-materi kuliah. Selain itu jam istirahat di kantor pun dapat Anda manfaatkan untuk mengerjakan dan mengangsur tugas yang diberikan dosen agar Anda tidak terlalu dikejar deadline.

3. Manfaatkan akhir pekan. Akhir pekan merupakan hari yang kosong tanpa bekerja dan kuliah. Manfaatkanlah untuk belajar dan mengejar ketertinggalan Anda dalam perkuliahan.

4. Hubungan yang baik dengan atasan. Menjalin hubungan baik dengan atasan di kantor sangat bermanfaat untuk Anda, tidak saja untuk pengembangan karir dan pengalaman Anda, namun juga mempermudah izin yang Anda butuhkan saat Anda harus menghadiri kuliah atau ujian yang tidak dapat ditinggalkan.

5. Hubungan baik dengan teman kuliah. Selain menjalin hubungan baik dengan atasan, Anda juga seharusnya bersahabat dengan banyak mahasiswa di kampus, agar Anda dapat mendapatkan informasi kuliah dan meminjam materi perkuliahan dari teman-teman saat Anda berhalangan hadir.

6. Istirahat yang cukup. Jangan melupakan kesehatan Anda! Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, apalagi bagi Anda yang harus membagi waktu untuk kuliah sambil bekerja. Saat tubuh Anda mulai merasa kelelahan, ada baiknya Anda mengambil cuti sekitar 1-2 hari kerja. Jangan memaksakan diri, ingatlah jika Anda sakit tidak hanya pekerjaan saja yang akan terbengkalai tapi juga kuliah Anda.

7. Refreshing. Saat Anda tidak ada kelas dan tidak ada pekerjaan hari itu, manfaatkanlah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran Anda kembali. Anda dapat berlibur, piknik atau sekedar bermalas-malasan dirumah. Pikiran yang lebih segar setelah refreshing akan membuat Anda bekerja lebih produktif dan kuliah lebih semangat.

8. Pola makan sehat. Aktifitas yang sangat padat karena bekerja sambil kuliah ternyata juga cukup memiliki dampak terhadap pola makan Anda. Aturlah pola makan Anda secara teratur dengan makanan sehat dan bergizi. Hindari makan makanan instan, bila perlu konsumsilah suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

Bagi Anda yang mencoba kuliah dan bekerja dalam waktu bersamaan, efisiensi waktu memang merupakan hal yang paling utama disini agar aktifitas yang Anda lakukan tetap berjalan lancar. Untuk menjaga kelancaran kegiatan kuliah dan pekerjaan Anda, terapkanlah tips-tips diatas hingga cita-cita Anda tercapai, menamatkan kuliah dan menapak karir secara bersamaan. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top