Home / Kesehatan / Tips Sehat / 8 Cara Merawat Rambut Rontok Secara Cepat dan Alami

8 Cara Merawat Rambut Rontok Secara Cepat dan Alami

hair loss, rambut rontok

Rambut rontok merupakan hal yang normal dialami oleh setiap orang. Umumnya rambut mengalami rontok sekitar 50 hingga 100 helai setiap harinya, namun Anda harus memberi perhatian yang lebih jika frekuensi rambut yang rontok menyebabkan rambut pada kulit kepala menjadi tipis. Kerontokan rambut yang cepat sebenarnya bukanlah suatu penyakit, tapi bisa jadi disebabkan oleh bertambahnya usia, faktor keturunan dan perubahan hormon.

7 Penyebab Rambut Rontok

1. Gaya rambut. Setiap orang ingin rambut mereka terlihat bagus dan menarik dengan mencoba berbagai macam gaya rambut, namun ada beberapa gaya rambut yang membuat rambut terenggut cukup kuat sehingga menyebabkan kerontokan rambut.

2. Infeksi kulit kepala. Kulit kepala yang terasa gatal mungkin disebabkan oleh infeksi seperti ketombe dan kadas, jamur yang membuat kulit kepala memerah, pembengkakan yang terasa gatal dan menyebabkan kerontokan pada rambut.

3. Diet yang salah. Rambut rontok juga disebabkan oleh diet yang salah karena kekurangan nutrisi yang penting seperti protein, zat besi, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.

4. Stres. Stres merupakan rekasi fisik dan psikis yang dapat mengganggu kesehatan seseorang. Stres yang terlalu berat dapat menyebabkan kerontokan rambut dan terhentinya pertumbuhan rambut.

5. Kosmetik. Produk kosmetik yang digunakan untuk meluruskan atau mewarnai rambut biasanya mengandung bahan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Bahkan produk sepertu shampo, conditioner atau serum juga memiliki kandungan bahan kimia, penggunaan produk tersebut secara berlebihan dapat merusak kantung rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

6. Pengobatan. Proses pengobatan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Asupan obat-obatan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan beberapa efek samping terhadap tubuh dan mempengaruhi akar rambut serta menyebabkan kerontokan rambut.

7. Air. Anda harus berhati-hati dengan suplai air bersih yang terdapat pada rumah Anda. Air yang Anda anggap bersih kemungkinan mengandung bahan kimia seperti magnesium, tembaga dan mineral lain yang dapat membahayakan rambut serta menyebabkan kerontokan.

8 Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Bahan sederhana

Saat ini rambut rontok merupakan hal yang lumrah dan normal dialami hampir semua orang. Namun rambut rontok yang terlalu banyak harus diatasi dengan cepat. Berikut cara merawat rambut rontok dan kering yang dapat Anda coba dengan bahan-bahan sederhana.

1. Santan kelapa. Oleskan santan kelapa pada kulit kepala dan pijatlah pada bagian pangkal rambut. Santan kelapa dapat menutrisi rambut dan membantu pertumbuhan rambut.

2. Amla. Amla merupakan buah gooseberry dari India yang berkhasiat dalam menutrisi dan menumbuhkan rambut. Ambillah beberapa buah amla yang sudah kering dan rebuslah bersama minyak kelapa hingga warna minyak berubah menjadi hitam. Dinginkan dan simpanlah dalam botol. Sebelum mencuci rambut, pijatlah kulit kepala Anda dengan minyak tersebut dan biarkan 30 hingga 40 menit. Cucilah dengan air hangat dan shampo. Lakukan secara teratur untuk mencegah kerontokan rambut.

3. Tanaman pacar/inai. Inai atau daun tanaman pacar merupakan pewarna sekaligus conditioner alami rambut. Campurlah bubuk inai, sebutir telur dan segelas dadih. Aduk rata seluruh bahan tersebut, biarkan selama satu malam dan oleskan adonan inai tersebut pada rambut keesokan harinya. Biarkan selama satu jam dan cucilah dengan air hangat setelahnya.

4. Daun neem atau intaran. Daun intaran atau neem merupakan tanaman herbal yang memiliki daun bergerigi dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Daun intaran bertindak sebagai antiseptik alami dan anti bakteri yang dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan masalah rambut tanpa efek samping. Rebuslah 2 gelas air dan masukkan segenggam daun intaran dalam air yang mendidih. Biarkan hingga air berubah warna menjadi hijau. Gunakan air rebusan daun intaran untuk mencuci rambut hingga Anda mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat. Penggunaan daun intaran dengan langkah diatas merupakan salah satu cara merawat rambut rontok dan berketombe.

5. Telur. Telur kaya akan sumber sulfur yang dapat memperkuat rambut. Telur dapat digunakan sebagai conditioner untuk mengatasi kekeringan pada rambut. Oleskan telur yang telah diaduk ke rambut Anda, biarkan 20 menit dan cucilah dengan air dingin dan shampo setelahnya.

6. Lidah buaya. Lidah buaya meruapakan tanaman yang mengandung vitamin dan mineral untuk mengatasi rambut rontok. Gel yang terdapat pada daun lidah buaya dapat digunakan sebagai conditioner rambut. Pijatlah rambut dengan gel lidah buaya setelah mandi, biarkan beberapa jam dan cucilah dengan air hangat.

7. Bawang. Bawang merupakan salah satu bahan masakan sehari-hari yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Anda dapat menggiling bawang dan mengoleskannya pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam sebelum mencuci rambut.

8. Lemon. Oleskan lemon yang telah dijadikan jus pada rambut dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa yang hangat-hangat kuku. Pijatlah rambut dan kulit kepala, biarkan sekitar setengah jam dan cuci bersih dengan shampo. Penggunaan lemon dengan metode diatas merupakan cara merawat rambut rontok dan bercabang.

Ada banyak cara merawat rambut rontok dengan bahan alami yang dapat kita temui sehari-hari. Penggunaan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok merupakan cara yang minim efek samping dan efektif mendapatkan hasil yang maksimal. Selain menggunakan tips dan cara diatas, asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang Anda makan juga penting untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top