Home / 8 Cara Menghemat Baterai Android Dengan Mudah

8 Cara Menghemat Baterai Android Dengan Mudah

Cara Menghemat Baterai Android Sederhana

Smartphone saat ini sudah mendukung banyak fitur canggih, namun banyak pula dari smartphone tersebut tida diimbangi dengan daya tahan baterai yang mumpuni. Apalagi saat ini, Android sekarang sudah mendukung fitur mulittask sehingga anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus. Namun, kekurangannya adalah ponsel android akan cepat kehabisan daya baterai karena fitur ini. Dengan cara menghemat baterai android dibawah ini akan dapat membuat daya tahan baterai ponsel android akan dapat bertahan lama.

Modus Pilihan Jaringan – Walaupun tidak dapat menghemat baterai anda secara nyata, namun mengganti jaringan ke mode 2G atau 3G dapat menghemat daya baterai terutama saat baterai hampir habis. Beralih ke jaringan 2G membuat perangkat mengkonsumsi baterai lebih sedikit karena 2G memiliki daya terima sinya yang lebih baik. Jika Anda berada di daerah dengan penerimaan 3G lebih baik, 3G merupakan pilihan yang tepat karena mengkonsumsi daya yang lebih rendah.

Kecerahan layar – Meskipun Android sudah memberikan pengaturan kecerahan layar dalam mode otomatis, namun alangkah baiknya anda tetap mengaturnya secara manual. Karena dalam mode otomatis ponsel menyesuaikan dengan keadaan di sekitar anda, sehingga terkadang ponsel malah memberikan kecerahan layar yang lebih terang dan memakan banyak daya baterai.

Tutup aplikasi background – Kadang aplikasi yang ditutup belu tentu menghentikan proses yang berjalan di background. Beberapa aplikasi bahkan tetap berjalan dan melakukan ping server untuk meminta pembaruan. Untuk itu, anda dapat menghentikan aplikasi tersebut dengan pergi ke Settings > Applications. Kemudian lihatlah aplikasi mana yang masih berjalan, kemudian tutup eplikasi tersebut.

Nonaktifkan GPS – Beberapa orang mungkin tahu bagaimana cara mematikan GPS ketika tidak diperlukan lagi, tapi apa yang umumnya tidak mereka lakukan adalah menonaktifkan pelaporan lokasi dan sejarah ketika mereka menggunakan GPS. Layanan ini diaktifkan secara default setelah Anda mengaktifkannya aplikasi ini menyimpan dan melacak lokasi Anda sehingga membuat Google Now dan layanan terkait menggunakan internet untuk mengirim data ke server. Jika Anda ingin mematikan ini, pergi ke Settings > Location > Google Location Reporting dan nonaktifkan.

GPS

GPS

Bluetooth dan Wi-Fi – Anda harus mematikan Bluetooth dan Wi-Fi ketika tidak diperlukan lagi untuk menjaga baterai smartphone. Bahkan ketika WiFi dinonaktifkan, tanpa anda sadari, perangkat terus-menerus memindai lingkungan terdekat mencari jaringan yang tersedia. Anda harus mematikannya juga. Pergi ke Settings > Wi-Fi > Advanced dan hapus centang opsi pemindaian Wi-Fi. Anda akan akan terhubung ke Wi-Fi secara manual.

Wifi

Wifi

Wallpaper dan Tema – Live Wallpaper merupakan hal menyenangkan yang dapat anda lihat pada layar perangkat, tapi wallpaper ini tidak menyenangkan bagi perangkat anda karena mengkonsumsi banyak daya baterai sehingga anda harus mematikannya. Untuk Tema, anda dapat memilih yang lebih gelap karena mengkonsumsi baterai lebih rendah dibandingkan dengan yang lebih cerah.

Nonaktifkan Google Now – Untuk menonaktifkannya, pergi ke Google Now, gulir ke bagian paling bawah dan sentuh ikon “tongkat” yang terletak di tengah bawah layar. Dari sini Anda dapat menyesuaikan dan menonaktifkannya.

Google Now

Google Now

Sync – Sync adalah fitur di mana perangkat Anda terus-menerus menghubungi server Google untuk men-download email, catatan kalender dan informasi lainnya di background. Ini menggunakan banyak daya baterai dan Anda harus menonaktifkannya jika tidak diperlukan. Jangan khawatir, semuanya akan disinkronisasikan kemudian, ketika Anda menyalakannya lagi.

Aktifkan Airplan Mode – Dengan mengaktifkan Airplane mode, baterai anda akan jauh lebih hemat. Karena dengan fitur ini, Bluetooth, WiFi bahkan sinyal ponsel yang biasa memakan banyak daya, dinonaktifkan olehnya.

Itulah beberapa Cara menghemat baterai Android dengan mudah. Dengan menghemat baterai, smartphone anda akan bisa berumur panjang untuk beberapa tahun kedepan. Jadi, Anda tidak perlu menabung setiap tahunnya untuk membeli gadget baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top