Home / Kesehatan / Berita Sehat / 8 Cara Mengatasi Ketombe di Rumah

8 Cara Mengatasi Ketombe di Rumah

ketombe

Ketombe adalah kondisi kulit yang biasanya terjadi di kepala dimana produksi minyak pada rambut diproduksi secara berlebihan. Ini adalah suatu kondisi umum yang bisa terjadi pada semua orang, baik itu pria dan wanita. Ketombe bisa terjadi karena gaya hidup yang buruk. Maka dari itu, ada beberapa cara mengatasi ketombe dirumah.

Jika selama ini anda mengenal bahan bahan seperti cuka apel, lemon hingga lidah buaya hanya digunakan untuk bahan masakan atau jus. Sudah saatnya anda mengenal lebih manfaat dari mereka untuk ketombe. Bahan bahan ini tidak berbahaya bagi tubuh bahkan dapat bermanfaat bagi kulit juga. Dengan demikian, anda mendapatkan banyak keuntungan dari mereka. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas secara rinci dibawah ini.

Cara mengatasi ketombe secara alami

1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki sifat anti jamur yang efektif untuk melawan ketombe. Cara menggunakan bahan ini dalam menyingkirkan ketombe dijelaskan di bawah ini:

Bahan yang dibutuhkan:

• Setengah cangkir cuka apel
• Setengah cangkir air hangat

Petunjuk penggunaan:

Air dan cuka harus dicampur dalam cangkir. Banyak yang dibutuhkan bervariasi sesuai dengan lebat atau tidaknya rambut seseorang. Gunakan campuran ini pada rambut dan pijatlah selama beberapa menit kemudian bilaslah dengan air bersih. Anda harus membiarkannya bekerja selama delapan atau dua belas jam untuk mendapatkan hasil yang efektif sebelum keramas menggunakan sampo. Anda bisa mengulanginya satu atau dua kali seminggu.

2. Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang umum digunakan dalam banyak resep serta untuk mengobati berbagai jenis infeksi. Bahan ini dapat bisa bertindak sebagai fungisida yang dapat mengatasi ketombe.

Bahan yang dibutuhkan:

• 1 sdt baking soda
• Secangkir air
• (Opsi) Tambahkan beberapa tetes minyak rosemary

Petunjuk penggunaan:

Satu sendok makan baking soda harus dicampur dalam satu cangkir air hangat, lalu aduklah dan siramkan ke rambut. Campuran ini bisa digunakan sebagai sampo juga, untuk memberi aroma wangi maka anda bisa menambahkan minyak rosemary.

3. Fenugreek / Klabet

Klabet dikenal sebagai tanaman yang bijinya digunakan sebagai rempah-rempah terutama dalam masakan India. Klabet kaya asam amino dan protein dan dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sehat dan kulit kepala sehat serta menangkal masalah ketombe. Kandungan lesitin yang tinggi membuat rambut halus dan lembut.

Bahan yang dibutuhkan:

• 2 sendok makan biji fenugreek / Klabet
• Semangkuk air
• Sebuah penggiling

Petunjuk penggunaan:

Rendam biji klabet semalaman. Keesokannya, haluskan biji tersebut hingga membentuk selai. Kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Setelah itu, cuci dengan air atau sampo ringan.

4. Sinar Matahari

Kenapa sinar matahari? Para ahli menyebutkan, ketombe juga bisa terjadi karena kurangnya rambut mendapatkan sinar matahari, padahal sinar matahari kaya akan vitamin D yang sangat bagus untuk melawan ketombe. Cobalah untuk duduk dibawah sinar matahari yang terik selama sepuluh hingga lima belas menit. Untuk mencegah terjadinya kulit terbakar gunakanlah sunblock terlebih dulu.

5. Aspirin

Selain mengobati sakti kepala, aspirin juga efektif dijadikan sebagai solusi untuk ketombe di rumah. Ini dikarenakan kandungan asam salisilat yang merupakan bahan aktif yang juga digunakan dalam banyak sampo anti ketombe. Sifat anti mikroba dan anti jamur pada asam salisilat membuatnya efektif melawan ketombe. Berikut cara mengatasi ketombe menggunakan aspirin.

Bahan yang dibutuhkan:

• Dua tablet aspirin
• sampo biasa

Petunjuk penggunaan:

Terlebih dahulu, hancurkan aspirin hingga berbentuk bubuk halus, kemudian tambahkan ke sampo dan keramaslah selama dua menit sambil memijit kepala. Setelah itu rambut harus dibilas. Cara ini dapat diulangi setiap hari sampai ketombe hilang.

6. Diet Sehat

Memiliki pola makan yang sehat dan seimbang akan membantu untuk menyembuhkan dan mencegah banyak penyakit bahkan dalam kasus kondisi kulit seperti ketombe. Seperti kita ketahui, ketombe terjadi karena berlebihnya produksi minyak atau sebum, dan akan diperburuk jika seseorang mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Untuk itu, mulailah memperhatikan pola diet sepeti dibawah ini.

Bahan yang dibutuhkan:

• Sayuran hijau dan segar seperti selada, kangkung dan brokoli.
• Makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan, daging dan telur
• Suplemen dan Vitamin

Petunjuk penggunaan:

Ketika menjalani diet sehat di rumah, usahakan untuk tidak menggunakan minyak berlebihan ketika akan memasak bahan – bahan diatas, untuk sayuran, ikan, telur atau kacang – kacangan lebih baik direbus. Cobalah untuk menghindari junk food. Imbangi dengan mengkonsumsi suplemen dan vitamin.

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki sifat asam yang membantu untuk mengurangi kelebihan minyak dari kulit kepala. Jadi, jika ketombe disebabkan karena kelebihan minyak di kulit kepala, jeruk nipis dapat membantu untuk menguranginya.

Bahan yang dibutuhkan:

• Ambil 3 jeruk nipis
• Satu cangkir air

Petunjuk penggunaan:

Terapkan dua sendok makan jeruk nipis langsung ke kulit kepala. Setelah itu diamkan selama satu menit. Lalu campurkan satu jeruk nipis sisa dengan air untuk air bilasan. Lalu bilaslah dengan air hingga bersih, jika tidak bersih jeruk nipis dapat mengeringkan kulit kepala.

8. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat menenangkan terutama untuk kondisi kulit. Kulit terbakar dan infeksi kulit lainnya dapat diobati dengan lidah buaya karena proses proliferasi sel kulit diperlambat oleh lidah buaya. Oleh karena itu, lidah buaya akan membantu untuk memperlambat regenerasi sel-sel kulit pada kulit kepala yang biasanya memunculkan ketombe. Berikut cara mengatasi ketombe menggunakan lidah buaya.

Bahan yang dibutuhkan:

• Sebotol gel lidah buaya murni

Petunjuk penggunaan:

Penggunaan gel lidah buaya untuk ketombe sangat mudah dan nyaman untuk dilakukan. Terapkan pada kulit kepala lima belas menit sebelum keramas. Setelah itu, dapat dicuci bersih seperti biasa dengan rutinitas shampo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top