Home / Tekno / Tekno Tips / 7 Tips Penting Membeli Laptop

7 Tips Penting Membeli Laptop

LaptopIngin membeli laptop? Tapi masih ragu dengan tipe, spesifikasi, dan harga laptop yang berbeda-beda? Berikut tipsnya.

Anda mungkin menggunakan smartphone dan tablet sambil berbaring di tempat tidur, tapi ketika saatnya untuk melakukan pekerjaan serius atau bermain game, Anda akan membutuhkan sebuah laptop. Laptop menawarkan keyboard fisik untuk mengetik lebih cepat, mereka lebih baik dalam hal multitasking, dan mereka menawarkan lebih banyak tenaga untuk segala sesuatu hal yang ingin dilakukan dari mengedit video, membuat presentasi PowerPoint bahkan memainkan game terbaru. Jadi apa jenis laptop yang harus Anda dapatkan?

Ada berbagai macam ukuran, fitur dan harga, yang menjadi sebuah tantangan atau kebingungan bagi beberapa orang dalam memilih laptop yang tepat. Itulah mengapa Anda perlu mencari tahu kebutuhan Anda. Untuk membuat pilihan yang tepat, cukup ikuti tips membeli laptop dibawah ini.

7 Tips Penting Membeli Laptop

1. Apa yang akan Anda lakukan dengan laptop tersebut?

Bisnis / Produktivitas: Apakah kamu seorang eksekutif yang sering bepergian atau seorang mahasiswa, tujuan utama Anda adalah menulis dan mengedit teks, memanipulasi lembar kerja dan membuat presentasi. Jadi, Anda membutuhkan  laptop dengan keyboard yang baik, desain tahan lama dan layar tajam.

Bermain Game: Jika Anda ingin bermain game keluaran terbaru yang rata rata membutuhkan sepsifikasi yang tinggi, Cobalah untuk membeli laptop dengan prosesor terbaru seperti Core i7 atau bisa lebih rendah dari itu seperti Core i5, i3 atau AMD, dan jika anda memilih prosesor yang lebih rendah maka anda membutuhkan pondasi sebagai penopang game itu seperti kartu grafis untuk game, RAM 2GB keatas, VGA 2GB keatas dan untuk membuatnya lebih sempurna usahakan laptop tersebut memiliki ukuran inci layar yang besar.

Desainer Profesional: Jika Anda seorang desainer yang berkecimpung dibidang mengedit video, foto atau ilustrasi, Anda memerlukan laptop dengan prosesor yang kuat, grafis yang tangguh, Solid State Drive (SSD) dan layar besar  yang berresolusi tinggi (full HD atau lebih tinggi).

Sekedar berselancar didunia maya / Email / aktifitas ringan lainnya: Jika Anda berencana untuk memberikan laptop Anda kepada anak-anak atau menggunakannya sebagai tambahan untuk PC utama Anda, Anda dapat membeli laptop murah atau Chromebook.

2. Pilih ukuran yang tepat

Laptop biasanya dikategorikan oleh ukuran layar:

11 sampai 12 inci: Sistem tertipis dan teringan memiliki ukuran layar 11 – 12 inci dan biasanya memiliki berat kurang dari setengah kilogram. Namun, layar dan keyboard terlihat dan terasa lebih sempit untuk beberapa pengguna.

13 sampai 14 inci: Ukuran ini memberikan keseimbangan terbaik dari portabilitas dan kegunaan. Laptop dengan 13 – atau layar 14-inci biasanya memiliki berat 1 hingga 2 kilogram dan dengan mudah dan nyaman ada dipangkuan Anda.

15 inci: Ukuran yang paling populer, laptop 15 inci biasanya yang paling terjangkau dan biasanya memiliki berat 2 sampai 3 kilogram. Jika Anda tidak berencana untuk membawa laptop sesering mungkin, maka 15 inci bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Beberapa model 15 inci memiliki DVD drive, tapi anda dapat mengurangi berat laptop tersebut tanpa memasangnya.

17 sampai 18 inci: Jika Anda lebih suka membeli laptop dengan layar yang besar, 17 – 18 inci dapat memberikan pengalaman yang Anda butuhkan saat bermain game high-end atau melakukan sebuah pekerjaan. Karena ketebalan mereka, laptop ukuran ini mendapatkan prosesor yang gila gilaan seperti CPU quad-core, grafis yang kuat dan beberapa drive penyimpanan. Tapi jangan berharap untuk membawanya sesering mungkin karena lapto ini memiliki berat sekitar 3.5 kilogram keatas.

3. Periksa Keyboard dan Touchpad

Spesifikasi laptop yang paling mengesankan di dunia disegala elemen seperti RAM, VGA atau OS tidak akan begitu gahar didengar dan dipandang jika hal kecil seperti keyboard atau touchpad bermasalah. Tanyakan kepada diri Anda beberapa pertanyaan untuk menguji kualitas penting ini: Apakah keyboard solid dan cukup ruang antara tombol yang satu dengan yang lain? Apakah touchpad merespon dengan halus saat beroperasi, atau tidak? Apakah tombol mouse memiliki klik yang memuaskan, atau apakah terasa keras? Seberapa baik gerakan multitouch bekerja?

Jika Anda membeli laptop dengan sistem operasi Windows 8.1, uji touchpad untuk memastikan berfungsi dengan baik. Secara umum, Apple dan Lenovo menawarkan keyboard terbaik dan touchpad.

4. Tahu Spesifikasi Pada Laptop

Spesifikasi notebook seperti CPU, hard drive, RAM dan chip grafis dapat membingungkan penggemar notebook/laptop. Apa yang Anda butuhkan benar-benar tergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk lakukan dengan laptop Anda. Tugas yang lebih intensif seperti game 3D dan mengedit video HD membutuhkan komponen lebih mahal.

Berikut adalah komponen utama yang perlu diawasi saat membeli laptop.

CPU: Laptop paling mahal di pasar memiliki AMD E Series atau Intel Pentium / Celeron CPU, yang dapat digunakan sebagai produktivitas pekerjaan, game atau media tugas, juga dapat melakukan web surfing, email dan jaringan sosial. Jika Anda membeli sebuah sistem dengan prosesor Intel Core seri, pastikan Anda mendapatkan Core generasi ke-4 atau “Haswell” untuk kombo terbaik dari kinerja dan masa pakai baterai. Caranya adalah dengan mendapatkan Haswell jika nomor model dimulai dengan 4 (misal: Intel Core i5-4200U).

RAM: Untuk memori, atau RAM, bahkan laptop termurah memiliki RAM sebesar 4GB hari ini, jadi jangan cepat puas. Jika Anda bisa mendapatkan laptop dengan RAM 8GB, Anda akan lebih siap untuk aplikasi terbaru dan berat, juga dapat melakukan banyak multitasking.

Harddisk / SSD: Bagi kebanyakan pengguna, hardisk yang cepat lebih penting daripada ukuran penyimpanan data. Jika Anda memiliki pilihan, pilihlah hadisk Solid State Drive (SSD), karena SSD mampu mengungguli hardisk yang ada saat ini dua kali untuk tiga kali. Namun, SSD biasanya lebih mahal dan hanya tersedia dalam kapasitas 128/256GB.

Jika Anda tidak mampu membeli SSD atau jika Anda memerlukan kapasitas yang lebih, pilihlah hardisk dengan kecepatan 7.200RPM atau lebih. Bahkan jika Anda memiliki beberapa film dan game pada harddisk Anda, 320GB harusnya menyediakan lebih dari cukup ruang penyimpanan, tapi hardisk dengan kapasitas 500GB atau 750GB biasanya tidak membutuhkan biaya yang lebih jika anda membeli sepaket dengan laptop.

Cache: Beberapa Ultrabooks dan notebook lain datang dengan 8, 16 atau 32GB cache yang dapat meningkatkan kinerja ketika dipasangkan dengan hardisk lama. Meskipun tidak akan membuat komputer Anda secepat SSD, cache yang besar akan membantu mempercepat waktu booting dan menyimpan semua data Anda pada hardisk.

Layar: Semakin banyak piksel yang Anda miliki, semakin banyak konten yang dapat dimuat pada layar, dan terlihat lebih tajam. Sebagian besar laptop yang ada sekarang memiliki resolusi 1366 x 768 piksel. Namun, jika Anda memiliki pilihan, pilihlah laptop dengan jumlah pixel yang lebih tinggi – 1600 x 900, 1920 x 1080 atau bahkan lebih tinggi. Anda akan melihat lebih banyak dari halaman Web favorit Anda, multitask lebih baik dan memiliki meningkatkan pengalaman menonton film.

Touch Screen: Untuk di Indonesia mungkin laptop dengan toucscreen belum begitu banyak yang memiliki meskipun banyak peminat pada laptop hybrid ini dikarenakan harganya yang cukup mahal sedangkan jika dibandingkan dengan harganya anda mungkin sudah bisa mendapatkan laptop dengan spek tinggi. Namun, touchscreen tetap perlu menjadi pertimbangan jika anda memiliki budget yang lebih.

Chip grafis: Untuk sebagian besar, chip grafis terintegrasi akan baik untuk tugas-tugas dasar, termasuk berselancar di Web, menonton video dan bahkan bermain beberapa game. Tapi prosesor grafis tersendiri seperti AMD atau Nvidia membuat perbedaan besar ketika Anda sedang bermain game berat. Prosesor tersebut akan memiliki memori video dedicated. Plus, sebuah GPU yang baik dapat mempercepat pemutaran video di situs seperti Hulu, atau Youtube, juga dapat mempercepat mengedit video.

DVD Room: sedikit dan lebih sedikit laptop hari ini datang dengan optik drive. Itu karena Anda dapat men-download software atau streaming video dari Web dan kemudian menyimpannya di hardisk eksternal yang sudah memiliki kapasitas hingg terrabyte. Beberapa orang kadang masih membutuhkian DVD/CD Room ini pada laptop mereka untuk menonton film atau menyimpan data pada disk.

5. Laptop Hybrid atau Biasa?

Sejak peluncuran Windows 8, kami telah melihat sejumlah desain laptop hybrid yang berfungsi ganda sebagai tablet. Ini termasuk Lenovo IdeaPad Yoga, yang memiliki layar yang lentur 360 derajat menjadi sebuah tablet yang terlepas dari keyboard mereka, dan laptop dengan keyboard slide-out.

6. Perhatikan Kapasitas Baterai

Jika Anda membeli laptop 15 inci, pilihlah laptop dengan daya tahan baterai minimal 4 jam. Sedangkan mereka yang berencana untuk selalu mobile harus laptop yang menawarkan daya tahan baterai lebih dari 6 jam masa pakai atau lebih. Laptop pbisnis aling lama (misal: ThinkPad X240) bisa bertahan selama 10 sampai 20 jam.

7. Merek

Dalam membeli laptop merek melambangkan perusahaan dan kualitas yang berdiri di belakangnya. Dukungan teknis yang akurat dan tepat waktu sangat penting. Dukungan hanya bagian dari apa yang membuat merek notebook bernilai. Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana persaingan dalam hal desain, nilai dan seleksi, penilaian kinerja dan kriteria lainnya.

8. Mac, Chrome OS or Windows?

Ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab saat membeli laptop, terutama jika Anda belum pernah membuat peralihan dari Windows ke Mac atau jika Anda belum pernah mendengar tentang Chrome OS. Tapi gambaran singkat dari kekuatan dan kelemahan masing-masing platform akan membantu anda untuk memilih dan membeli laptop terbaik dibawah ini.

Windows 8

Laptop ber-OS Windows umumnya lebih terjangkau daripada Mac. Mereka juga menawarkan desain yang lebih banyak, lebih dari selusin vendor besar. Tidak seperti Apple, Microsoft dan mitra-mitranya memungkinkan pengguna untuk membeli notebook dengan layar sentuh, serta desain convertible yang memungkinkan Anda dengan mudah mengubah dari notebook ke mode tablet.

OS Windows baru telah menggantikan menu Start dengan layar start berbasis kotak layar penuh, aplikasi sentuh. Namun, Windows 8.1 memiliki modus desktop untuk menjalankan semua aplikasi yang ada. Peningkatan terbesar pada Windows 8.1 adalah fitur pencarian ditingkatkan dan multitasking lebih mudah ditawarkan oleh aplikasi modern. Sejumlah vendor masih menawarkan Windows 7 sebagai pilihan.

OS Google Chrome

Jika berselancar di Web, jejaring sosial dan email adalah prioritas Anda, membeli Chromebook bisa menjadi pilihan yang tepat. OS Google Chrome menyediakan versi browser Chrome yang diisi dengan aplikasi Web. Hanya perlu diingat bahwa Chromebooks telah membatasi pengguna saat offline.

OS Apple Mavericks

MacBook Air dan MacBook Pro menawarkan sistem operasi yang mudah digunakan, OS X Mavericks. Ada Launchpad iOS untuk aplikasi Anda, serta Pemberitahuan interaktif dan Finder Tabs untuk meningkatkan multitasking. Laptop yang dihasilkan Apple ini juga cenderung outclass daripada laptop ber-OS Windows ketika datang ke desain industri, touchpad dan kualitas tampilan. Sementara Windows PC menawarkan pilihan perangkat lunak yang lebih, dari Mac App Store.

Itulah beberapa tips dan perbandingan penting saat membeli laptop. Dari hal diatas yang merupakan perbandingan yang ada pada laptop itu sendiri, hal yang paling penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah budget anda untuk membeli laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top