Home / Tekno / Tekno Tips / 7 Tips Nokia X

7 Tips Nokia X

Nokia XNokia telah meluncurkan ponsel terbaru pertama yang menggunakan sistem operasi Android yaitu Nokia X. Seperti yang kita ketahui, semenjak Nokia di ambil alih oleh Microsoft tampaknya mereka tidak mampu mempertahankan ciri khas mereka yang menggunakan sistem operasi Windows dan akhirnya memilih untuk menjadi pengikut kerajaan Android. Bagi anda yang ingin tahu lebih tentang tips Nokia X ini, berikut beberapa penjelasannya.

Tips Nokia X

User Interface / Antarmuka

User Interface Nokia X dibagi menjadi dua yaitu untuk daftar semua aplikasi yang diinstal dan juga untuk “Fast Lane” atau jalur cepat. Antarmuka Fast Lane ini menampilkan aplikasi yang baru saja dibuka.

Pada layar, anda dapat dengan mudah menyusun aplikasi sesuai dengan keinginan begitu juga dengan ukuran “tile” aplikasi dari ukuran kecil hingga besar. Tile aplikasi tersebut tidak dapat disembunyikan dari layar, satu-satunya cara adalah dengan meng-uninstal aplikasi tersebut.

Widget

Untuk menampilkan widget, tekan dan tahan tile aplikasi manapun hingga sebuah ikon muncul dibagian bawah kanan layar dan tekan ikon tesebut. Anda dapat memilih widget yang ada disana seperti pada ponsel Android lainnya. Ukuran tile widget ini biasanya lebih besar dari ukuran tile aplikasi biasa.

Membuka lockscreen dengan tap ganda

Anda dapat membuka lockscreen pada Nokia X dengan menekan tombol power atau dengan tap ganda pada layar saat ikon jam muncul untuk mengaktifkan lockscreen wallpaper. Kemudian swipe / geser layar untuk membuka ponsel. *Shortcut ini tidak selalu bekerja dengan lancer

Multitasking

Jika anda pernah menggunakan ponsel Android sebelumnya, anda akan merasakan kemudahan saat membuka banyak aplikasi sekaligus pada satu layar dengan fitur multi taskin ini. Walaupun sama-sama menggunakan OS Android, sayangnya Nokia X tidak memiliki fitur ini. Untuk memudahkan Anda membuka kembali aplikasi yang baru saja dibuka dapat ditemukan di Fast Lane.

Fast Lane / Jalur Cepat

Fast Lane merupakan fitur yang dapatmenyimpan daftar aplikasi yang baru saja dibuka. Mulai dari teks, aplikasi, download hingga musik yang disimpan dalam bentuk Timeline. Sebenarnya fitur ini memiliki fungsi yang sama  dengan Multitasking karena beberapa aplikasi yang ada di Fast Lane tetap berjalan di background.

Mengambil Screenshot

Walaupun beberapa fitur Android diganti oleh Nokia namun ada juga yang tetap dipertahankan pada tombol untuk mengambil screenshot Nokia X. Anda dapat menekan tombol Power dan Volume Down beberapa detik untuk merekam apa yang ada dilayar.

Keamanan Data

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah smartphone.Untuk itu Nokia juga tidak lupa memberikan pengamanan pada Nokia X. Ada 3 metode keamanan pada Nokia X yakni :

1. Layar – Layar dapat dikunci dengan dua metode yaitu PIN dan Password.
2. Enkripsi – Anda dapat mengekripsi segala sesutau yang ada pada memori Nokia X setelah melakukan reset pabrik.
3. Kartu SIM –  Fitur ini dapat mencegah orang yang tidak anda kenal menyalahgunakan daftar kontak di kartu SIM.

Itulah beberapa tips Nokia X yang semoga dapat mempurmah anda untuk mengenal lebih dalam lagi tentang ponsel berasi Android pertama dari Nokia. Ikuti terus rumahtips untuk tips lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top