Home / Gaya Hidup / Keluarga / 7 Tips Mengatasi Stres Pada Anak Anda

7 Tips Mengatasi Stres Pada Anak Anda

Tips Mengatasi Stres Pada Anak Anda

Tips Mengatasi Stres Pada Anak Anda – Membesarkan anak-anak bukanlah sesuatu yang mudah. Mereka selalu menyediakan – makanan, pakaian dan tempat tinggal serta lingkungan yang mendukung dan penuh kasih di mana anak-anak mereka dapat tumbuh dengan potensi mereka sepenuhnya. Hari ini, para orang tua dihadapkan dengan tekanan ekonomi yang tidak stabil dan situasi sosia. Dan anak-anak sering merasakan kekhawatiran yang dirasakan orang tuanya.

Sebuah studi baru-baru ini, yang dilakukan oleh Harris Interactive, menemukan bahwa 75% orang dewasa mengalami stres dengan tingkat sedang sampai yang tinggi. Untuk pertama kalinya, kaum muda antara usia 8 dan 17 dilibatkan dalam survei, dan studi tersebut menemukan bahwa anak-anak mengalami kekhawatiran terbesar mereka tentang sekolah dan keuangan keluarga mereka. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih mudah bagi anak-anak Anda? Berikut tips mengatasi stres pada anak.

Tips mengatasi stres pada anak

1. Jangan mencoba untuk menyembunyikan masalah dari anak-anak. Secara tidak langsung, anak anda dpat melihat dan merasakan apa yang orang tuanya alami. Walaupun mereka terlihat diam dan tidak peduli. Untuk itu bagi para orang tua, bicarakan dengan baik kepada anak dan jangan lupa untuk tersenyum untuk memberi “tanda” bahwa anda baik-baik saja.

2. Jaga hubungan komunikasi tetap terbuka. Bicarakan dengan anak-anak Anda tentang kekhawatiran mereka dan membiarkan mereka tahu bagaimana Anda menanganinya.

3. Ketika Anda mulai untuk mengambil tindakan tentang tekanan pada anak, anak-anak Anda akan merasa terhibur. Biarkan mereka tahu bahwa Anda mampu bekerja bersama sebagai sebuah keluarga untuk mengurangi ketegangan yang Anda hadapi. Anda mungkin tidak dapat menghilangkan kecemasan, tetapi Anda dapat melakukan upaya untuk mengurangi itu.

4. Bantu anak-anak Anda dengan rencana yang spesifik untuk mengatasi masalah mereka. Ingatkan mereka untuk membuat Rencana B ketika hambatan yang tidak dapat dihindari muncul.

5. Mengatasi stres pada anak dengan ebuat jadwal yang dapat membuat mereka sejenak lupa dengan masalahnya. Kegiatan fisik akan membantu mengurangi tingkat kecemasan dan depresi yang dialami. Dan bahkan anak-anak dapat diajarkan latihan pernapasan untuk lebih rileks ketika menghadapi masalah.

6. Memiliki pandangan yang lebih positif. Pikirkan tentang apa yang bisa dipetik dari masalah yang dihadapi. Dorong juga anak Anda untuk menyadari dan mengembangkan kekuatan internal mereka.

7. Perhatikan perilaku tidak sehat anak-anak. Jika tindakan mereka melibatkan konflik, penggunaan obat-obatan atau alkohol, atau perilaku lain yang belum pernah anda lihat, mungkin dapat diartikan bahwa mereka sedang tertekan. Jika perilaku tersebut masih berlanjut padahal masalah yang dihadapai sudah diatasi, cobalah untuk membicarakannya dengan anak atau berkonsultasi dengan psikoterapi.

Untuk mengatasi stres pada anak ketika anak anda memiliki masalah yang tidak bisa diatasi, jangan biarkan dia menghadapinya sendiri. Ketika anak-anak tahu Anda berada di sana untuk mereka dengan dukungan dan dorongan. Mereka akan lebih terbuka dan percaya pada orang tuanya sendiri daripada sahabat / temannya, sehingga anda sebagai orang tua dapat mengontrol anak dari lingkungan negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top