Home / 7 Tips Membentuk Tim Futsal yang Solid

7 Tips Membentuk Tim Futsal yang Solid

tips membentuk tim futsal, tim futsal yang solid, tim futsal, olahraga futsal, bermain futsal

Futsal merupakan salah satu olahraga masyarakat urban yang saat ini banyak digandrungi oleh anak muda. Selain menyehatkan, olahraga futsal juga mengasyikkan dan menjadi salah satu solusi kegiatan yang menarik bersama teman-teman. Saat ini olahraga futsal telah banyak diperlombakan dalam berbagai event, tidak hanya event resmi yang membawa nama negara dan daerah, namun juga event tidak resmi antar tim futsal mahasiswa, karyawan atau komplek perumahan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membentuk tim futsal yang solid.

1. Anggota tim. Sebelum memutuskan membentuk tim, terlebih dahulu carilah anggota tim yang akan bermain. Untuk membentuk tim non-profesional seperti tim futsal mahasiswa atau karyawan, tidak diharuskan memiliki anggota tim yang benar-benar menguasai skill bermain yang mumpuni, cukup menyiapkan satu tim utama dan satu lagi tim cadangan masing-masing tim diisi 5 hingga 6 orang sehingga tidak perlu lagi mencari lawan latih tanding saat ingin bermain.

2. Kostum. Permainan akan lebih efektif jika tim futsal memiliki kostum tim khusus. Tidak perlu harus dengan merk dan brand tertentu, karena tujuannya hanya untuk berolahraga dan bersenang-senang. Carilah rompi latihan dengan bahan yang bagus dan tahan lama untuk membedakan dua tim yang sedang bermain. Jangan lupa dilengkapi dengan kostum kiper dan sarung tangan standar untuk kiper.

3. Budget. Sebaiknya tim memiliki budget atau iuran bulanan untuk sewa lapangan, kostum dan biaya lainnya seperti air minum dan laundry kostum. Anda dapat memutuskan salah seorang anggota tim yang dipercaya untuk menjadi bendahara dan mengurus budget tim.

4. Sewa lapangan. Saat ini banyak lapangan futsal yang menawarkan paket-paket tertentu yang cukup menghemat budget. Carilah lapangan futsal yang sesuai dengan keinginan tim, baik dari segi lokasi, harga dan kualitas lapangan. Jika tim telah menemukan lapangan yang tepat, sebaiknya daftarkan tim Anda dan tentukan jadwal yang akan dipakai. Tim yang telah didaftarkan pada lapangan futsal tertentu biasanya mendapatkan potongan harga yang cukup menghemat budget.

5. Jadwal latihan. Salah satu kunci membentuk tim futsal yang solid adalah latihan yang rutin dan terjadwal. Carilah hari dimana seluruh anggota tim dapat berpartisipasi seperti akhir pekan. Jika jadwal akhir pekan telah penuh oleh tim lain, Anda dapat mencoba hari lain pada jam pulang kantor atau kuliah asalkan tidak mengganggu kegiatan lain dan waktu istirahat.

6. Duel. Jika tim Anda telah berlatih cukup lama, Anda dapat mencoba duel atau pertandingan persahabatan dengan tim lain. Selain melihat hasil latihan selama ini, pertandingan persahabatan juga bagus untuk melihat kekompakan tim dan menambah banyak teman.

7. Pertandingan resmi. Jika tim Anda sudah cukup solid dan tangguh, Anda dapat mengikuti pertandingan-pertandingan futsal resmi yang diadakan di kota Anda. Selain baik untuk mengasah mental, pertandingan resmi juga dapat menjadi ajang bagi Anda dan tim untuk aktualisasi diri dan unjuk gigi melalui sebuah pertandingan dengan tim futsal yang solid.

Futsal merupakan olahraga yang bertransformasi dari sepakbola. Bermain futsal dalam tim yang solid dan kompak akan menumbuhkan mental yang kuat, teamwork atau kerja sama yang baik serta menyehatkan tubuh. Bangunlah sebuah tim futsal dengan dasar yang baik untuk menjaga keakraban bersama anggota tim yang lain. Selamat bermain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top