Home / Gaya Hidup / Keluarga / 7 Tips Keluarga Harmonis dan Bahagia

7 Tips Keluarga Harmonis dan Bahagia

tips keluarga harmonis, keluarga harmonis, keluarga bahagia, happy family

Setiap orang pasti menginginkan keluarga harmonis yang penuh dengan kebahagiaan dan rasa cinta antar sesama anggota keluarga. Dalam setiap rumah tangga atau keluarga selalu ada masalah dan konflik yang menerpa, semua itu tergantung dari cara anggota keluarga menyikapi permasalahan yang ada dan menyelesaikannya sebaik-baiknya agar keluarga yang harmonis dan bahagia dapat terwujud. Ada beberapa tips keluarga harmonis dan bahagia yang perlu Anda ketahui dalam membina sebuah rumah tangga, berikut tipsnya.

1. Menerima apa adanya. Jadilah pasangan yang saling melengkapi satu sama lain, yaitu dengan cara menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada pasangan serta anggota keluarga yang lain apa adanya. Jika salah seorang anggota keluarga memiliki kekurangan, pahamilah keadaannya, sementara sebuah kelebihan harus didukung dengan tulus oleh seluruh keluarga.

2. Komunikasi merupakan kunci. Keterbukaan dan komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci keluarga harmonis dan bahagia. Berkomunikasilah dengan tutur bahasa yang baik dan sopan serta menunjukkan rasa sayang sesama anggota keluarga. Komunikasikan segala permasalahan yang ada dengan niat yang baik dan hati yang bersih sehingga tidak ada uneg-uneg yang tidak terungkapkan.

3. Saling percaya. Bangunlah rasa saling percaya antara suami, istri dan anak-anak. Seorang suami sebagai kepala keluarga harus memberi kepercayaan yang baik pada istri dan anak-anaknya. Sebaliknya istri dan anak-anak harus menjawab kepercayaan tersebut dengan kejujuran dan kebaikan, sehingga rasa saling percaya dapat tumbuh dengan baik dan membawa kebahagiaan dalam keluarga.

4. Jadi pemimpin yang baik. Suami adalah kepala keluarga yang menentukan arah dan tujuan sebuah keluarga. Seorang suami harus mampu menjadi pemimpin yang baik, adil serta bijaksana dalam sebuah keluarga. Selain itu seorang suami juga harus mampu untuk bersikap tegas menjaga prinsip-prinsip yang dianut dalam sebuah keluarga.

5. Waktu untuk keluarga. Seringkali dalam sebuah keluarga setiap orang memiliki kesibukan masing-masing yang tidak dapat diganggu gugat. Seorang ayah atau suami sibuk dengan pekerjaannya, seorang ibu atau istri sibuk dengan aktifitasnya dan anak yang juga memiliki kegiatan sendiri. Kesibukan masing-masing dapat merenggangkan hubungan dalam sebuah keluarga. Oleh sebab itu, memiliki waktu khusus untuk keluarga merupakan salah satu tips keluarga harmonis yang harus dilakukan. Anda dapat menyediakan waktu makan malam khusus untuk keluarga atau berakhir pekan bersama.

6. Tetap romantis. Bagi pasangan yang telah lama berumah tangga, sikap romantis dan intim yang dulu sering ditampakkan saat ini mulai berkurang. Berusahalah untuk tetap romantis dengan memberikan kecupan sayang saat akan berangkat bekerja, atau menghabiskan waktu berdua ke tempat yang penuh dengan nuansa nostalgia.

7. Saling mengingatkan. Setiap anggota keluarga, suami, istri dan anak berhak untuk mengingatkan anggota keluarga yang lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Terimalah segala kritik yang membangun dan jangan gengsi untuk meminta maaf.

Terapkanlah tips keluarga harmonis diatas dalam kehidupan keluarga sehari-hari untuk mencapai kebahagiaan dalam keluarga. Keluarga yang harmonis merupakan idaman setiap orang dan tugas setiap anggota keluargalah menjaga keharmonisan tersebut hingga terwujudnya keluarga bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top