Home / Kesehatan / Tips Sehat / 7 Tips Jogging Untuk Olahraga Sehari-hari

7 Tips Jogging Untuk Olahraga Sehari-hari

tips jogging, aktifitas jogging, jogging

Jogging merupakan salah satu alternatif aktifitas olahraga yang sederhana dan dapat dilakukan di sela aktifitas yang padat. Bagi Anda yang ingin menjadikan jogging olahraga rutin yang menyehatkan, Anda harus memperhatikan beberapa tips jogging berikut ini sebelum memulainya.

1. Tentukan waktu jogging. Umumnya orang melakukan jogging pada pagi hari di akhir pekan, karena padatnya aktifitas dan pekerjaan pada hari kerja. Pastikan Anda melakukan pemanasan sekitar 15 menit sebelum jogging agar tubuh Anda siap untuk berolahraga. Waktu ideal untuk melakukan jogging adalah pada pukul 5 sore hingga menjelang matahari terbenam atau sekitar jam 7 malam. Saat itu tubuh dan organ dalam seperti paru-paru bekerja lebih baik dan efisien.

2. Mengatur makan dan minum. Minumlah air putih sekitar 30 menit sebelum melakukan jogging. Usahakan untuk memberikan jeda setelah makan dan tidak melakukan jogging saat Anda baru selesai makan. Yang terpenting adalah asupan cairan tubuh yang cukup setelah melakukan jogging dengan minum air putih yang banyak agar Anda tidak dehidrasi.

3. Pakai pakaian yang tepat. Usahakan untuk selalu memakai pakaian yang menyerap keringat dan cukup ringan untuk dipakai saat jogging. Gunakanlah sepatu yang khusus untuk olahraga lari, karena penggunaan sepatu yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera saat jogging. Pakaian yang tepat dan nyaman akan mengoptimalkan aktifitas jogging Anda.

4. Jangan lupa pemanasan. Saat Anda akan memulai aktifitas jogging, pastikan diri Anda untuk selalu melakukan pemanasan untuk melemaskan sendi dan otot yang akan digunakan untuk berlari, hal ini bertujuan untuk menghindari cedera saat berolahraga. Lakukanlah peregangan ringan pada sendi dan otot serta pemanasan dengan melakukan jalan santai sebelum jogging.

5. Pola pernafasan. Anda dapat mengoptimalkan asupan oksigen ke otot dengan melakukan pola pernafasan yang efektif saat jogging, sehingga fisik Anda akan terasa lebih kuat dan tahan lama saat berlari. Anda dapat mencoba bernapas melalui mulut saat berlari untuk mendapatkan kandungan oksigen yang lebih banyak. Selain itu Anda juga dapat mencoba metode pernapasan perut dan konsistensi dalam bernapas saat melakukan jogging untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Bertahap. Cobalah untuk memulai aktifitas jogging Anda secara bertahap baik intensitas maupun jarak yang ditempuh. Jangan memaksakan diri untuk langsung melakukan jogging pada jarak yang cukup jauh untuk Anda. Sebaiknya mulailah dari intensitas yang pendek dengan jarak yang pendek dan meningkat secara bertahap hingga tubuh Anda terbiasa melakukan jogging dengan lebih baik.

7. Makanan sehat. Aktifitas jogging yang rutin dan terprogram membutuhkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung protein, vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat Anda temukan pada buah-buahan, sayuran, daging dan susu.

Lakukan tips jogging diatas secara bertahap dan rutin hingga Anda menemukan kenikmatan tersendiri dalam melakukan jogging. Jogging yang rutin dengan asupan makanan sehat yang seimbang akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan tentu saja meningkatkan produktifitas Anda dalam bekerja. Selamat jogging!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top