Home / Gaya Hidup / Sukses / 7 Ide Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa

7 Ide Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa

kerja-sampingan

Saat ini banyak mahasiswa yang sudah memiliki bisnis sendiri sambil melanjutkan pendidikan mereka hingga memperoleh gelar sarjana. Walaupun sebagian memilih melanjutkan usaha atau bisnisnya, namun ada juga mahasiswa yang tetap bisa fokus menyelesaikan pendidikannya. Bagi Anda mahasiswa yang ingin meringankan beban orang tua dan ingin memiliki penghasilan sendiri saat masih kuliah mungkin bisa mencoba ide kerja sampingan berikut ini.

1. Jualan online. Usaha ini merupakan salah satu jenis usaha jualan yang saat ini banyak digandrungi mahasiswa. Karena perkembangan teknologi, kita dapat memasarkan suatu produk tanpa harus terikat oleh keterbatasan jual bel konvensional. Ada banyak jenis jualan online yang dapat Anda coba seperti reseller, dropshipper bahkan menjadi supplier berbagai produk.

2. Les privat. Jika Anda memiliki kemampuan akademis yang bagus di berbagi bidang seperti matematika, bahasa Inggris, fisika, musik dan lainnya Anda dapat mencoba menjadi seorang pengajar les privat untuk siswa SD, SMP, SMA atau bahkan mahasiswa junior yang ingin belajar privat. Selain menjadi pengajar secara privat Anda juga dapat melamar ke beberapa lembaga bimbingan belajar untuk menjadi pengajar tetap.

3. Usaha makanan. Jika Anda mempunyai hobi masak dan telah diakui oleh banyak orang, kenapa tidak menjadikannya sebagai usaha sampingan saja? Ada banyak usaha makanan yang dapat Anda jadikan sampingan bahkan bisnis utama seperti usaha kue dan bakery, katering, usaha cemilan dan banyak usaha kuliner lainnya.

4. Warnet dan game online. Sebagian mahasiswa biasanya bekerja sebagai operator warnet atau game online. Sebagian lainnya bahkan langsung terjun menekuni bisnis ini. Selain warnet dan game online, rental PS juga usaha yang cukup menjanjikan bagi para mahasiswa.

5. Penulis dan penterjemah. Bagi mahasiswa yang hobi menulis dan memiliki kemampuan bahasa asing mungkin dapat mencoba menjalankan pekerjaan sampingan ini. Anda dapat menjadi ghost writer atau penterjemah paruh waktu di kampus-kampus. Berusahalah membangung brand dan kualitas Anda sehingga job akan banyak menghampiri Anda.

6. Laundry. Biasanya usaha laundry mahasiswa dilakukan secara patungan dan berkelompok. Usaha laundry merupakan bisnis yang cukup menjanjikan khususnya bagi kalangan mahasiswa karena banyak sekali mahasiswa dan pekerja sibuk yang membutuhkan laundry, apalagi jika Anda membukanya di daerah sekitar kos-kosan mahasiswa dan kampus.

7. Usaha fotocopy. Usaha ini merupakan salah satu usaha yang sangat prospektif bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnis. Sebagai lingkungan akademisi, banyak materi perkuliahan, penelitian tugas akhir, skripsi dan buku-buku membutuhkan jasa fotocopy. Ambillah peluang ini dan bangunlah usaha sampingan Anda baik secara perorangan maupun berkelompok bersama teman Anda.

Selain usaha-usaha diatas, banyak lagi jenis kerja sampingan yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa. Selain menghasilkan secara ekonomis, bekerja dan berusaha saat masih mahasiswa dapat melatih mental mandiri serta mempersiapkan diri saat menamatkan pendidikan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top