Home / 6 Trend Fashion yang Tak Pernah Ketinggalan Zaman

6 Trend Fashion yang Tak Pernah Ketinggalan Zaman

Trend fashion selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman. Namun pada dasarnya perkembangan trend juga terlepas pada kepribadian masing-masing individu. Perkembangan zaman ternyata tidak terlalu berpengaruh pada 6 trend fashion berikut ini.

1. Ladylike

Trend ladylike dimulai oleh Christian Dior seorang desainer Prancis ternama pada 1947 dan mendapat perhatian khalayak pada 1950 saat Grace Kelly dan Jackie Kennedy memperkenalkannya dan membuat ladylike menjadi salah satu pilihan berbusana para wanita saat itu.

trend fashion, perkembangan zaman, style fashion

Tips menggunakannya saat ini: Anda dapat mencoba style fashion ladylike saat ini dengan mengkombinasikan wrap shirt atau balutan kemeja kasual dengan rok yang sedikit twirly selutut.

2. Animal Prints

Dimulai saat kolonisasi wilayah Asia dan Afrika oleh bangsa Eropa pada abad ke-18, dimana bangsa Eropa membawa banyak kulit harimau, zebra dan leopard dari wilayah jajahannya. Pola eksotis yang terdapat pada kulit hewan tersebut pun menjadi trend pada fashion yang bertahan hingga sekarang. Pola pada kulit hewan terlihat netral dengan warna-warna seperti cokelat, abu-abu dan hitam sehingga cocok digunakan pada situasi dan kondisi apapun.

trend fashion, perkembangan zaman, style fashion

Tips menggunakannya saat ini: Jika Anda khawatir Anda akan “tenggelam” dalam pola kulit yang berlebihan, Anda dapat mengaplikasikan pola animal prints dalam “dosis” yang sedikit dan mengkombinasikannya dengan aksesoris berpola kulit yang eye-catching.

3. Menswear

Terima kasih untuk Coco Chanel, desainer yang mempopulerkan “pants” atau celana panjang untuk wanita pada 1920. Ia juga membuat jaket jersey dan cardigan terlihat lebih stylish dan nyaman dikenakan. Kenapa style fashion menswear masih begitu populer saat ini? Sharon Graubard, senior vice president dari agency Stylesight di Kota New York menyatakan, menswear terkesan hanya milik pria, namun ternyata sebaliknya style ini cocok digunakan hampir di setiap bentuk dan ukuran tubuh dan cocok digunakan dalam kondisi formal dan non-formal.

trend fashion, perkembangan zaman, style fashion

Tips menggunakannya saat ini: Pilihlah busana pria dengan potongan yang nge-pas, bukan oversize. Namun siasati dengan pola jahitan yang fun dan beraksen feminin. Tambahkan dengan perhiasan yang sedikit “berani” dan high heels yang colorful serta tuxedo yang menimbulkan kesan mewah.

4. Minimalis

Dimulai saat Desainer Perancis Andre Courreges dan Pierre Cardin membuat gaun sederhana pada 1960, dilanjutkan Halston pada tahun 70-an dengan gaun beraksen monokrom. Namun pada 90-an lah Miuccia Prada yang mengoptimalkan style tersebut dengan mengenalkan bentuk sederhana dan ornamen yang tipis yang masih populer hingga saat ini.

trend fashion, perkembangan zaman, style fashion

Tips menggunakannya saat ini: Anda dapat menggunakan gaun sederhana berpola asimetris dengan keliman dan potongan yang terlihat tajam pada garis leher. Kombinasi warna hitam dan putih akan memberi kesan yang indah, minimalis dan detail pada penampilan Anda, yang artinya Anda tak butuh terlalu banyak aksesoris.

5. Floral

Pola bunga telah terdapat pada kimono wanita Jepang sekitar tahun 794 dan beludru Genoa pada sekitar tahun 1400-an. Kita selalu berfikir bahwa bunga merupakan simbol dari wanita dan banyak interpretasi lainnya yang membuat pola bunga menjadi trend yang selalu bertahan hingga saat ini.

trend fashion, perkembangan zaman, style fashion

Tips menggunakannya saat ini: Pola bunga akan membuat Anda terlihat lebih “girly”. Anda ingin memadukan pola? Pastikan hanya satu atau dua warna seperti hitam atau biru laut yang terlihat lebih padu dalam satu pola.

6. Military

Sepanjang Perang Dunia II, warga sipil termasuk wanita mengenakan jas dan mantel yang disarankan pemerintah sebagai pakaian harian. Pada masa perang Vietnam, para pemuda yang terlibat dalam kampanye anti-perang mengenakan jaket tentara, celana panjang cargo dan pakaian militer lainnya sebagai simbol protes. Lambat laun, gaya berpakaian tersebut menjadi trend hingga saat ini. Selain itu busana militer terlihat lebih fungsional dan tangguh dalam banyak situasi.

trend fashion, perkembangan zaman, style fashion

Tips menggunakannya saat ini: Ingatlah, military clothing hanyalah sebuah cara berbusana, bukan seragam. Perhatikan detail busana namun hindari ornamen yang terlalu banyak agar terlihat lebih kontemporer.

Nah, Anda dapat mencoba salah satu style fashion diatas dan memadukannya dengan gaya berbusana saat ini. Anda juga dapat menjadikannya inspirasi berbusana untuk banyak kegiatan. Tenang saja, trend yang Anda gunakan tidak akan pernah ketinggalan jaman dan akan tetap selalu trendy asalkan Anda pintar memadu-padankan busana dan aksesorisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top