Home / Gaya Hidup / Sukses / 6 Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

6 Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

tips sukses mengerjakan skripsi, mengerjakan skripsi, menyiapkan skripsi, target skripsi

Skripsi atau tugas akhir merupakan sebuah karya atau penelitian mahasiswa yang harus disiapkan agar dapat mengakhiri masa studi dan wisuda. Bagi sebagian mahasiswa mengerjakan skripsi itu adalah hal yang sulit dan penuh perjuangan. Mulai dari mencari topik, judul, bahan penelitian hingga dosen pembimbing yang tidak koperatif. Selain itu rasa malas dan banyaknya godaan di sekitar mahasiswa juga mempengaruhi lamanya waktu mengerjakan skripsi. Bagi Anda para mahasiswa yang serius ingin menyelesaikan studinya, berikut tips sukses mengerjakan skripsi agar cepat selesai dengan baik.

1. Buat target yang realistis. Banyak mahasiswa yang menetapkan target kurang realistis dalam menyiapkan skripsi. Sebaiknya tentukan dulu pada bulan atau semester berapa Anda akan wisuda. Hitunglah waktu yang tersedia dan usahakan untuk menjaga jarak waktu sidang skripsi dengan wisuda tidak terlalu mepet, karena wisuda dan urusan akademik juga cukup menyita waktu dan tenaga Anda. Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan waktu yang dipakai untuk revisi bab dan materi skripsi sesuai dengan arahan dosen pembimbing.

2. Jangan menunda. Setelah Anda mendapat arahan dari dosen pembimbing atau mendapatkan ide tentang materi yang akan Anda tulis, segera tuliskan dalam draft skripsi Anda. Jangan tunda menuliskan ide yang datang dari pikiran Anda, karena ide yang tidak dituliskan akan hilang dengan sendirinya dan Anda akan menyesal nanti saat skripsi yang seharusnya sesuai target ternyata melenceng dari yang ditetapkan.

3. Kurangi aktifitas yang mengganggu. Jika biasanya Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk nongkrong, hangout, atau bermain bersama teman-teman, sebaiknya sedikit demi sedikit kurangi aktifitas tersebut dan fokuslah untuk menyelesaikan skripsi Anda tepat waktu. Hindari godaan yang datang dengan tekad dan kemauan yang kuat demi masa depan Anda.

4. Minta pendapat senior. Jika Anda kehabisan ide atau kekurangan bahan untuk skripsi, sebaiknya hubungilah senior di jurusan Anda yang meneliti subjek atau metode yang sama dan mintalah pendapat mereka tentang skripsi yang sedang Anda kerjakan. Biasanya senior yang telah tamat dan meneliti subjek dan metode yang sama memiliki pengetahuan yang cukup luas tentang penelitian Anda, sehingga banyak ide yang tidak Anda pikirkan bisa digali melalui senior Anda. Selain itu para senior juga memiliki buku-buku atau materi pendukung yang dapat Anda pinjam sebagai penunjang dan referensi skripsi Anda.

5. Jaga kesehatan. Seringkali saat Anda mengejar target skripsi yang telah ditetapkan, Anda lupa dengan kesehatan, makan yang tidak teratur, pola tidur yang tidak sehat dan begadang serta makanan yang kurang bergizi. Kesehatan merupakan hal yang juga sangat penting karena skripsi Anda akan semakin terbengkalai jika Anda sakit bahkan harus dirawat. Oleh sebab itu jagalah kesehatan dan lakukan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang teratur agar tubuh selalu fit untuk mengerjakan skripsi.

6. Berdoa. Jika semua hal telah Anda lakukan, dari penetapan target, mencari referensi, melakukan konsul dengan dosen pembimbing, setelah itu berdoalah agar skripsi yang Anda kerjakan berjalan lancar demi masa depan yang lebih baik.

Bagi sebagian besar mahasiswa, mengerjakan skripsi butuh perjuangan yang tidak mudah, apalagi jika skripsi atau penelitian yang ditulis adalah skripsi yang berkualitas dengan ide brilian. Namun segala perjuangan Anda akan terbayar tuntas saat Anda menerima ijazah sarjana dan berhasil membahagiakan orang tua saat wisuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top