Home / Gaya Hidup / Keluarga / 6 Tips Sederhana Mengatasi Anak Susah Makan

6 Tips Sederhana Mengatasi Anak Susah Makan

children eating

Bagi Anda yang saat ini memiliki anak balita tentu pernah mendapati permasalahan anak susah makan. Ada banyak penyebab seorang anak susah untuk makan karena kondisi anak yang sedang gencarnya mengeksplorasi dan terlibat dalam lingkungannya seperti bermain, sehingga tidak tertarik untuk makan dan menghabiskan makanannya. Untuk menyiasatinya, berikut tips sederhana mengatasi anak susah makan yang dapat Anda terapkan pada si kecil.

1. Makanan yang bervariasi. Mungkin anak Anda merasa bosan dengan menu yang itu saja. Sebaiknya pahami hal ini dan cobalah untuk melakukan variasi baru dalam menyiapkan menu makanannya. Menu baru akan membuatnya lebih tertarik dan membangkitkan selera makan si kecil.

2. Suasana menyenangkan saat makan. Anda juga dapat menyiasati rasa enggan si kecil untuk makan dengan menciptakan suasana yang menyenangkan saat makan. Cobalah mengajak anak Anda untuk bercerita dan mendongeng sambil sesekali menyuapkannya makanan.

3. Sajian menarik. Seperti halnya variasi menul, seorang ibu juga dapat meningkatkan selera makan anak dengan cara penyajian makanan yang lebih menarik. Anda dapat melihat contoh-contoh sajian makanan untuk anak di internet dan mencobanya pada menu si kecil.

4. Alternatif makanan. Jika si kecil memang tidak berselera untuk makanan, cobalah memberi alternatif makanan lain yang sejenis. Anda dapat mengganti nasi dengan roti dan mie dan ikan dengan tahu, sehingga asupan karbohidrat, protein dan gizi lainnya tetap dapat diserap maksimal oleh anak walau dengan jenis makanan yang berbeda.

5. Sajikan dalam porsi kecil. Karena si kecil masih dalam tahap pertumbuhan, maka sajikanlah makanan dalam porsi kecil dan bertahap. Porsi yang kecil namun teratur sangat baik dalam menjaga pola makan anak.

6. Cemilan sehat. Semakin anak Anda tumbuh, semakin ia memiliki rasa ingin tahu dan mengeksplorasi lingkungannya. Hal ini dapat membuatnya merasa enggan untuk makan karena terlalu asyik dengan aktifitasnya. Cobalah sesekali memberikan cemilan sehat seperti kue, puding dan buah-buahan segar agar asupan gizi dan vitamin si kecil tetap terjaga.

Pertumbuhan dan perkembangan anak memang berdampak terhadap pola makan si kecil. Selain aktifitas bermainnya yang semakin banyak, anak juga dalam masa aktif yang membuatnya gemar mengesplorasi lingkungannya, sehingga seringkali hal ini menyebabkan anak susah makan. Cobalah tips diatas dan selalu jaga pola makan anak yang sehat dan bergizi agar si kecil tumbuh sehat dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top