Home / Kesehatan / Tips Sehat / 6 Tips Mudah Mengatasi Panik

6 Tips Mudah Mengatasi Panik

panik

Rasa panik atau kepanikan seringkali muncul secara tiba-tiba dalam keadaan tertentu khususnya yang bersifat mengancam dan menekan diri Anda. Kepanikan merupakan gejala alami yang biasanya dihadapi setiap orang, namun jika rasa panik yang Anda rasakan terasa berlebihan hingga mengganggu keadaan psikologis dan emosi Anda, maka Anda harus menanggulanginya dengan cepat dan tepat. Berikut tips mudah mengatasi panik yang dapat Anda terapkan jika diserang kepanikan.

1. Kontrol nafas Anda. Seringkali dalam kondisi panik seseorang mengalami hilang kendali dan kontrol dirinya bahkan saat bernapaspun tidak dengan baik dengan benar. Oleh sebab itu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengontrol dan mengendalikan pernafasan Anda. Hirupplah nafas dalam dan lepaskan perlahan berulang kali hingga perasaan Anda merasa sedikit tenang. Anda juga dapat melatih metode dan teknik pernafasan efektif pada setiap kesempatan agar terbiasa mengontrol nafas Anda, khususnya saat mengalami kepanikan.

2. Kuasai diri. Seringkali saat seseorang merasa panik, ia akan kehilangan kontrol atas diri dan pikirannya. Sebaiknya cobalah untuk menguasai diri Anda terlebih dahulu dan tahanlah diri Anda untuk tidak melakukan tindakan-tindakan konyol yang dapat merugikan diri Anda dan orang lain.

3. Rileks. Setelah nafas Anda stabil cobalah untuk rileks dan melemaskan tubuh Anda. Hindari ketegangan yang Anda rasakan dan buatlah tubuh Anda terasa senyaman mungkin. Carilah posisi yang tetap saat duduk atau berdiri untuk berhenti sejenak dari rasa panik Anda. Hilangkan rasa tegang dari pikiran Anda sepenuhnya dengan relaksasi singkat dan pastikan tubuh dan pikiran Anda merasa tenang terlebih dahulu.

4. Jangan berpikir dan bertindak. Hindarilah berpikir terlebih dahulu sebelum tubuh dan pikiran Anda benar-benar tenang dan rileks. Kosongkan pikiran Anda dan tenangkan tubuh Anda. Jangan ambil tindakan apapun sebelum tubuh dan pikiran Anda benar-benar tenang. Rasakan denyut nadi dan nafas Anda agar segera stabil dan Anda dapat melakukan tindakan setelahnya.

5. Berpikir positif untuk mengatasi panik. Sebelum Anda diserang rasa takut dan panik yang berlebihan, kendalikanlah diri Anda. Jika telah merasa tenang, pikirkan segala kemungkinan-kemungkinan positif yang akan Anda hadapi. Katakan pada diri Anda semua akan baik-baik saja dan segala hal yang Anda takutkan pasti segera berakhir.

6. Meditasi. Jika Anda masih belum merasa tenang sepenuhnya, lakukanlah beberapa teknik meditasi dan pastikan Anda menguasai sepenuhnya diri dan pikiran Anda. Meditasi yang baik akan membuat Anda tenang dan membantu menjernihkan pikiran Anda untuk mengambil tindakan yang tepat.

Rasa panik yang berlebihan umumnya dirasakan oleh wanita, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk pria mengalaminya juga. Yang paling penting untuk mengatasi panik adalah bagaimana Anda menguasai dan mengendalikan diri Anda saat mengalami keadaan yang membuat Anda panik, dan mengembalikan akal sehat Anda untuk melakukan tindakan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top