Home / Gaya Hidup / Motivasi / 6 Tips Meningkatkan Kreativitas Di Tempat Kerja

6 Tips Meningkatkan Kreativitas Di Tempat Kerja

Kreativitas

Permintaan untuk meningkatkan kreativitas dari perusahaan terhadap karyawan mereka saat ini cukup intensif seiring dengan kemajuan teknologi yang cepat. Hal ini terbukti ketika kita melihat perusahaan-perusahaan besar seperti Google menyiapkan sesuatu yang dikenal sebagai program 20 persen atau kebijakan di mana pengembang Google bisa menghabiskan 20 persen dari jam kerja mereka (sehari di tempat kerja) pada proyek-proyek lain. Ini merupakan upaya untuk memberikan karyawan waktu dan ruang untuk berpikir inovatif. Memang, kebijakan tersebut bekerja dengan baik, dengan beberapa produk terbaik dari Google (misalnya Google News) berasal dari program tersebut.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa kreativitas adalah sifat bawaan dan bukan sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Mungkin saja, tapi tanpa lingkungan yang kondusif untuk mengekspresikan kreativitas, bagaimana kita bisa melihat ide-ide yang timbul dari karyawan yang kreatif? Inilah kenapa kami membuat artikel tips meningkatkan kreativitas, untuk menunjukkan kepada Anda cara yang bisa Anda lakukan di tempat kerja untuk mendorong karyawan atau diri sendiri mendapatkan inovasi dalam pekerjaan mereka.

1. Hadiahi Kreativitas Itu

Jika Anda ingin mendapatkan karyawan untuk berpikir out-of-the-box, Anda perlu memotivasi mereka dengan beberapa bentuk penghargaan. Selain itu, saran-saran harus dianggap serius sehingga karyawan bersedia untuk datang dengan cara yang lebih kreatif untuk meningkatkan tempat kerja. Jika tidak, semua orang akan berpikir itu membuang-buang waktu untuk memeras kreativitas mereka dan saran yang tidak akan dilaksanakan pula.

Untuk memulai hal-hal tersebut, Anda dapat menetapkan tujuan bagi para karyawan untuk memikirkan beberapa cara dalam membuat proses kerja yang lebih efisien. Mungkin masing-masing karyawan dapat ditugaskan untuk memberikan satu saran pada akhir minggu dan Anda akan menilai mana ide yang terbaik. Ini akan diikuti dengan reward / hadiah bagi karyawan bagi mereka yang memiliki ide terbaik. Hadiahnya bisa menjadi yang nyata / dalam bentuk fisik, atau yang tidak berwujud seperti pengakuan dari organisasi dengan mengumumkan pemenang kepada semuanya.

2. Rahasia

Karyawan Anda mungkin sudah termotivasi untuk menjadi kreatif tetapi tidak memiliki tempat untuk menyuarakan ide-ide mereka yang kreatif. Sementara orang-orang yang blak-blakan selalu dapat berbicara kepada manajemen tentang beberapa saran yang mereka miliki dalam pikiran, yang lain mungkin terlalu malu atau takut untuk melakukannya dengan cara ini. Menyediakan kotak saran atau sesuatu yang serupa akan memberikan karyawan tersebut anonimitas dan kerahasiaan yang mereka butuhkan, sehingga menginspirasi semangat kreatif yang ingin Anda tanamkan sebagai bagian dari budaya berorganisasi. Namun, beberapa ide paling kreatif muncul dari sebuah diskusi di mana sekelompok orang berdiskusi dan berdebat tentang kemungkinan solusi untuk sebuah masalah.

3. Memiliki Tim Inovasi

Sebuah cara yang lebih sistematis untuk mempromosikan kreativitas di tempat kerja adalah untuk membentuk tim inovasi. Setiap tim inovasi akan ditugaskan memberikan ide-ide tentang bagaimana meningkatkan proses kerja pada aspek tertentu. Tenggat waktu yang harus ditetapkan untuk memastikan bahwa tim mempresentasikan ide mereka dan diberi hadiah jika mereka sangat baik. Ketika dilakukan dengan benar, ini akan memberikan sinyal kepada semua orang bahwa organisasi menghargai kreativitas yang berhubungan dengan pekerjaan.

4. Berikan Dukungan Pada Kreativitas

Karyawan mungkin tidak mau mengambil risiko karena mereka tidak tahu apakah organisasi mendukung kreativitas mereka. Ini Anda harus membimbing organisasi / perushaan / tim ke arah yang benar, dan menunjukkan bahwa kreativitas sangat dihargai. Ini memiliki banyak hubungannya dengan bagaimana menerima Anda dengan ide-ide mereka.

Salah satu alasan mengapa karyawan tidak berpikir out-of-the-box atau datang dengan solusi yang sangat berbeda adalah bahwa mereka mungkin takut dampak dari melakukan kesalahan. Maka dari itu, untuk mengembangkan budaya kreatif membutuhkan waktu, tetapi dimulai dari manajemen yang lebih berpikiran terbuka.

5. Keanekaragaman antara Karyawan

Bagaimana bisa bertukar ide yang berbeda jika semua orang berpikir dengan cara yang sama? Karyawan dengan latar belakang yang diantara para karyawan membuat mereka mudah untuk saling berinteraksi atau semacamnya, tapi ketika kreativitas dibutuhkan di tempat kerja, keseragaman yang menyenangkan meninggalkan sedikit ruang ide-ide untuk berkembang.

6. Lingkungan Kerja Yang Positif

Kadang-kadang, pola pikir yang terlalu serius dapat menghambat kreativitas. Bersenang senang selama bekerja memungkinkan seseorang untuk menjadi santai dan itulah saat di mana seseorang mendapatkan inspirasi dengan ide-ide yang indah. Tak perlu dikatakan, lingkungan kerja yang penuh stres atau bahkan menyedihkan tidak memberikan satu mood pun untuk berpikir dalam melakukan sesuatu yang berbeda. Karyawan hanya akan menantikan waktu jam kantor selesai.

Studi psikologis telah mengungkapkan bahwa suasana hati yang positif dapat memacu kreativitas. Idenya adalah bahwa mood positif adalah hadiah dengan fleksibilitas yang lebih besar dalam berpikir karena perspektif kita melebar. Kita menjadi lebih terbuka dan bersedia untuk mengeksplorasi ide alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top