Home / Kesehatan / Berita Sehat / 6 Tips Menghindari Polusi Bagi Pengendara Sepeda Motor

6 Tips Menghindari Polusi Bagi Pengendara Sepeda Motor

Indonesia-Pollution-2013-1

Polusi merupakan sebuah ancaman serius bagi kesehatan masyarakat perkotaan, apalagi bagi pengguna jalan raya khususnya pengendara sepeda motor. Asap knalpot kendaraan, debu jalanan dan udara yang tidak berkualitas membuat banyak orang terancam menderita penyakit akibat menumpuknya kandungan polutan dalam tubuh. Bagi sebagian orang, sepeda motor merupakan kendaraan yang efektif, efisien dan hemat untuk melewati jalan-jalan perkotaan yang setiap hari mengalami kemacetan. Bagi Anda pengendara sepeda motor yang masih peduli pada kesehatan, cobalah menerapkan tips menghindari polusi berikut ini.

1. Berangkatlah lebih pagi. Usahakan untuk berangkat kerja di pagi hari saat udara masih belum terlalu kotor. selain masih segar, berangkat lebih pagi juga menghemat waktu Anda di perjalanan karena jalanan masih belum terlalu ramai dan macet.

2. Gunakan masker. Selain pengendara sepeda motor, pejalan kaki dan pengguna kendaraan umum juga disarankan menggunakan masker. Gunakanlah masker dari bahan kain karena bahan kain memiliki pori-pori yang lebih rapat daripada masker berbahan kertas. Selain itu masker kain juga lebih hemat karena dapat digunakan berkali-kali.

3. Gantilah masker setiap hari. Milikilah masker cadangan dan cucilah masker bekas yang telah Anda gunakan berkendara seharian. Jangan memakai masker yang sama dan belum dicuci berulang-ulang karena polutan yang melekat pada masker dapat terhirup dan berisiko terhadap kesehatan Anda.

4. Gunakan kaca mata. Kaca mata dapat melindungi mata dari polutan berbahaya. Gunakanlah kaca mata hitam agar mata Anda juga terjaga dari sinar ultraviolet langsung yang dapat berpengaruh pada mata. Selain berkendara, kaca mata hitam juga dianjurkan bagi pejalan kaki di perkotaan.

5. Gunakan helm berstandar SNI. Selalu gunakan helm yang memenuhi standar SNI untuk keselamatan di jalan raya. Selain sebagai salah satau alat yang menjaga tubuh dari bahaya kecelakaan helm juga berfungsi menjaga wajah dari polusi khususnya helm yang memiliki kaca penutup wajah. Saat ini juga banyak produk helm yang menambah fitur kaca mata hitam yang dapat dinaik turunkan sebagai pengganti kaca mata hitam dan menjaga mata Anda dari sinar UV langsung.

6. Carilah jalan yang lebih sepi. Jika memungkinkan Anda dapat mencari jalan pintas yang tidak terlalu ramai dan bebas dari polusi. Apalagi untuk sepeda motor yang memiliki mobilitas dan daya jelajah tinggi. Jalan yang lebih sepi dan hijau dapat mengurangi dampak polusi pada Anda.

Hidup di perkotaan memang memiliki resiko kesehatan tersendiri khususnya dampak polusi pada tubuh. Terapkanlah tips diatas agar Anda dapat meminimalisir dampak polusi dan menjaga tubuh dari polutan jalan raya. Jika memungkinkan, biasakanlah mengunjungi tempat-tempat yang lebih hijau dan sejuk saat liburan atau berakhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top