Home / Gaya Hidup / Sukses / 6 Cara Ampuh Menghadapi Interview Kerja

6 Cara Ampuh Menghadapi Interview Kerja

tips mengahadapi interview kerja, interview kerja, wawancara kerja

Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu fase yang harus dilewati dengan baik oleh pelamar agar dapat bergabung dalam perusahaan yang diinginkannya. Biasanya interview merupakan tahap akhir dari keseluruhan proses seleksi karyawan baru. Jika Anda berhasil melewati proses ini Anda biasanya akan ditawarkan perjanjian kerja atau diangkat langsung sebagai karyawan. Berikut cara menghadapi interview kerja yang harus Anda ketahui untuk lolos seleksi penerimaan karyawan suatu perusahaan.

1.Menjaga penampilan. Datanglah pada saat interview dengan penampilan yang rapi dan bersih. Perhatikan seluruh penampilan fisik Anda dari atas sampai bawah. Gunakan pakaian yang formal dan rapi sesuai dengan perusahaan yang akan Anda lamar. Bagi pelamar wanita, hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan karena membuat Anda terlihat kurang profesional. Penampilan yang bersih dan rapi akan menimbulkan kesan pertama yang baik di mata perusahaan tentang Anda.

2. Percaya diri. Kepercayaan diri yang kuat akan membuat diri Anda terlihat optimis dan positif di mata pewawancara. Jawablah setiap pertanyaan yang muncul dengan sikap profesional dan penuh percaya diri. Namun Anda juga harus berhati-hati untuk tidak terlalu over-confidence atau terlalu percaya diri, karena dapat membuat Anda terlihat mendominasi percakapan.

3. Jawaban yang cerdas dan diplomatis. Salah satu tanda seorang pelamar memiliki optimisme dan rasa percaya diri dalam interview kerja adalah jawaban-jawaban yang dikeluarkannya saat diinterview. Kemukakanlah jawaban yang cerdas kepada pewawancara dengan sikap profesional. Jika pertanyaan tersebut cukup sulit dijawab, cobalah menjawabnya dengan diplomatis agar jawaban Anda tetap dihargai oleh pewawancara.

4. Kuasai CV atau resume Anda. Menguasai dan memahami CV yang Anda tulis sendiri merupakan suatu hal yang harus dilakukan agar interview kerja berjalan lancar. Oleh sebab itu tulislah CV Anda dengan jujur dan sesuai dengan pengalaman yang Anda alami, sehingga Anda dapat menjawab dengan tepat setiap pertanyaan pewawancara terkait dengan CV Anda.

5. Memahami profil perusahaan dan posisi yang dilamar. Sangat penting mengetahui profil perusahaan karena pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut dapat menjadi nilai tambah tentang diri Anda di depan pewawancara. Selain itu, Anda juga harus tahu uraian tugas dan tanggung jawab posisi yang akan Anda lamar, sehingga Anda terlihat serius bergabung dengan perusahaan tersebut.

6. Akhiri dengan baik. Saat wawancara kerja telah selesai, akhiri sesi tersebut dengan baik dan profesional. Jabat erat tangan pewawancara dengan sikap percaya diri dan optimisme. Lakukan kontak mata yang baik dengan pewawancara dan tersenyumlah dengan penuh wibawa dan profesional.

Sikap profesional dan percaya diri merupakan salah satu modal yang penting untuk menghadapi interview kerja dengan baik. Jagalah penampilan Anda dan pastikan Anda menguasai dan memahami CV atau resume Anda dengan baik. Tunjukkan pada pewawancara bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top