Home / 6 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Terong Bagi Kesehatan TubuhTerong atau terung adalah salah satu sayuran, yang merupakan bagian dari keluarga Solanum. Sayuran ini ditemukan dalam berbagai ukuran dan warna-warna cerah yang berbeda seperti hijau, ungu dan putih. Terong ditandai dengan rasa pahit yang bertekstur lembut dan lunak. Terong digunakan dalam berbagai campuran sayuran. Ratatouille adalah masakan Perancis yang terkenal, yang merupakan jenis sup yang dibuat dari terong. Terong bisa diisi, dipanggang dan digunakan dalam berbagai kari. Chutney dan acar juga disajikan dengan menggunakan terong sebagai bahan dasar di negara-negara Asia. Mari kita lihat manfaat terong bagi kesehatan dan gizinya.

Gizi Terong – Terong adalah makanan energi rendah. Mengkonsumsi terong sebanyak 100 gram memeiliki sekitar 30 kalori. Terong mengandung karbohidrat dan serat. Mereka kaya akan vitamin-B, Vitamin-C dan Vitamin-K. Mineral seperti seng, kalium, kalsium, besi, magnesium juga ditemukan dalam sayuran ini.

Mencegah Kanker – Terong kaya tripsin yang membantu dalam menghambat metabolisme sel-sel karsinogenik. Kaya akan serat membuatnya ampuh dalam memerangi resiko kanker usus besar. Kulit terong mengandung phytonutrient yang disebut sebagai nasunin dan fitokimia yang disebut glikosida solasodina. Ini adalah antioksidan yang membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menghambat kerusakan akibat radikal bebas. Terong juga diketahui mengandung asam klorogenat yang mencegah mutasi DNA dan juga memiliki sifat anti-kanker.

Baik untuk jantung – Terong mengandung nol kolesterol dan lemak jenuh. Nasunin merupakan antioksidan yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat. Mereka juga mengandung lovastatin yang membantu dalam menghambat enzim kolesterol. Dinding arteri tetap fleksibel dan membantu dalam meningkatkan aliran darah. Serat yang ada pada terong juga membantu dalam menyerap kolesterol dan mencegah mereka diserap tubuh.

Manfaat terong untuk Kesehatan Otak – Terong kaya fitonutrien dan antioksidan yang membantu dalam melindungi sel-sel otak dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel melalui proses oksidasi. Nasunin juga membantu dalam melindungi lipid yang ada dalam membran sel dari kerusakan. Terong yang mengandung Vitamin B kompleks yang dapat membantu sistem saraf menjadi sehat. Vitamin B6 membantu dalam meregulasi kelelahan fisik dan dapat meningkatkan suasana hati.

Untuk penderita diabetes – Terong dapat bermanfaat dalam mencegah diabetes tipe-2. Mereka mengandung karbohidrat tingkat rendah dan merupakan makanan yang kaya serat. Mereka juga mengandung fenol yang membantu dalam mengatur tingkat glukosa dalam darah.

Untuk Kulit – Terong memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu kesehatan kulit. Sayuran ini kaya vitamin-C, antioksidan seperti anthocyanin dan berbagai mineral. Antioksidan membantu dalam melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan keriput dan penuaan dini, membuat kulit terlihat kusam. Vitamin-C dan air yang ada dalam terong membuat kulit halus dan lentur.

Manfaat Terong Lainnya :

  • Kaya serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Mereka dapat membantu meringankan sembelit dan dapat membantu dalam membersihkan saluran usus.
  • Terong kaya fenol yang dapat mencegah naiknya tekanan darah.
  • Vitamin-K dan bioflavonoid membantu dalam mencegah pembekuan darah.
  • Hanya sedikit orang yang alergi terhadap terong yang dapat menyebabkan sakit kepala ringan dan sakit perut. Hal ini dapat disebabkan oleh hipersensitivitas terhadap beberapa senyawa seperti antihistamin dalam terong. Orang-orang ini harus membatasi konsumsi terong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top