Home / Travel / Kuliner / 6 Jenis Jamur Yang Perlu Anda Ketahui

6 Jenis Jamur Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi anda para koki atau suka memasak pasti tidak asing dengan salah satu jenis sayuran yang namanya jamur. Jamur yang bertekstur kenyal dan memiliki rasa seperti daging banyak digunakan dalam masakan tahukah anda terutama masakan Cina. Supaya anda tidak ragu dalam memilih jamur dalam olahan kuliner anda, maka Rumahtips.com memberikan beberapa info tentang jenis jenis jamur. Check it out.

Jamur Putih
Jamur Putih

Jenis paling umum adalah jamur putih seperti cremini, jamur kuping, portobello, jamur kancing, memiliki ukuran yang kecil. Jamur ini dipanen ketika masih muda dan memiliki tekstur yang tegas dan rasa yang ringan. Jamur bisa diolah dengan diisi atau dipanggang.

Jamur Chanterelle
Jamur Chanterelle

Memiliki bau seperti buah buahan. Jamur Chanterelle yang berbentuk corong ini memiliki warna oranye, kuning, atau hitam. Jamur ini tidak memiliki racun bagi manusia namun bersifat melindungi jamur dari gangguan serangga.

Jamur Tiram
Jamur Tiram

Jamur tiram memiliki topi seperti cangkang tiram, didominasi dengan warna putih, abu abu dan coklat pada bagian batang dan topi bagian bawah, dan sedikit warna merah pada bagian atas. Jamur ini memiliki rasa yang ringan dan pedas ketika dimasak. Waktu terbaik dalam memanen jamur ini adalah ketika muda.

Jamur Portobello
Jamur Portobello

Berukuran hingga 6 inchi, jamur portobello memiliki ukuran yang besar dan rasa seperti steak. Banyak para ahli kuliner menggunakannya sebagai pengganti daging burger untuk mereka yang vegetarian.

Jamur Shiitake
Jamur Shiitake

Jamur yang memiliki payung besar bewarna coklat gelap ini memiliki rasa yang khas dan sering digunakan koki dalam masakannya. Selain itu, jamur ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan seperti dapat melawan kanker, mengurangi kolesterol, dan menurunkan berat badan. Harganya pun cukup mahal.

Jamur Cremini
Jamur Cremini

Sedikit mirip dengan jamur putih namun jamur cremini memiliki tekstur yang tegas dan rasa yang kuat. Jamur ini sebenarnya jamur portabello yang sudah dewasa. Memiliki payung yang di dominasi dengan warna coklat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top