Home / Unik dan Fakta / 6 Fakta Aneh Tentang Gigi

6 Fakta Aneh Tentang Gigi

 

1. Gigi berhiaskan berlian
Gigi berhiaskan berlian
Suku Maya adalah sebuah peradaban maju yang kini dikenal dengan “prediksi” akhir dunianya. Sekitar 2.500 tahun yang lalu, suku Maya sudah memiliki pemahaman yang sangat maju tentang gigi. Mereka memiliki dokter gigi mereka sendiri yang menggunakan bor primitif untuk menghias gigi. Modifikasi paling ekstrim mereka adalah gigi berhiaskan berlian.

2.  Perez si tikus
Perez si tikus
Di beberapa bagian dunia, ketika seorang anak kehilangan gigi, peri gigi akan datang untuk mengumpulkannya dan meninggalkan uang di bawah bantal mereka. Namun, di negara-negara Hispanik mereka memiliki tradisi yang berbeda.

Semuanya dimulai pada tahun 1894 di Spanyol ketika anak kecil raja kehilangan gigi pertamanya. Raja, ingin menandai acara khusus ini, dengan seorang imam bernama Luis Coloma menulis cerita untuk anak yang kehilangan giginya. Imam menciptakan karakter “Ratoncito Perez,” juga dikenal sebagai Perez si tikus. Cerita itu sangat sukses dan masih dicintai oleh anak-anak Hispanik.

3. Dokter gigi jalanan
Dokter gigi jalanan
Pada awal 1800-an tidak ada profesi sebagai dokter gigi atau hal yang mendekati itu. Karena dokter gigi tidak ada, pekerjaan jatuh kepada mereka yang memiliki alat yang tepat. Untuk alasan ini, pandai besi dan tukang cukur melakukan sebagian besar pekerjaan seputar gigi. Tentu saja, seiring berjalannya waktu dan profesi dokter gigi benar-benar dimulai, dokter gigi sebenarnya kesal pada tukang cukur dan lain-lain yang terus berlatih tanpa pelatihan yang serius.

4. Gigi sintetis yang tumbuh
Gigi sintetis
Para peneliti di China telah mencoba untuk menumbuhkan gigi sintetis menggunakan sel induk pada gigi, tetapi mendapatkan sel induk bisa sangat sulit. Sebagai bahan eksperimen mereka mencoba menumbuhkan gigi tersebut menggunakan tikus.

5. Pengobatan Sakit gigi
Pengobatan Sakit gigi
Sakit gigi adalah pengalaman mengerikan bagi mereka yang pernah merasakannya. Kadang-kadang rasa nyerinya membuat kita ingin melakukan apa saja untuk menghilangkannya. Begiu juga dengan nenek moyang manusia, karena mereka tidak memiliki cukup pengetahuan tentang gigi. Jadi, seperti yang Anda bayangkan, mereka datang dengan banyak cara kreatif untuk menghentikan sakit gigi. Seperti menggunakan biji – bijian, lilin atau mengganti air liur dengan katak. Ada juga yang menggunakan paku untuk menghilangkan nyeri gigi.

6. Sikat dan Pasta gigi pertama
Sikat dan Pasta gigi pertama
Obyek pertama lebih dekat dengan sikat gigi yang sebenarnya diciptakan oleh orang Cina. Gagangnya terbuat dari bambu dan memiliki bulu babi untuk membersihkan gigi. Sedangkan untuk pasta gigi terbuat dari ramuan daun mint.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top