Home / Gaya Hidup / Sukses / 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa

college students

Tingginya tuntutan hidup dan persaingan global membuat orang harus memikirkan cara untuk meningkatkan kualitas hidup agar dapat terus bersaing. Salah satunya melalui pendidikan tinggi. Ada banyak jurusan kuliah yang terdapat pada perguruan tinggi atau universitas. Sebelum memasuki dunia kampus, sebaiknya Anda harus bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat untuk Anda. Berikut tips memilih jurusan kuliah yang harus Anda ketahui.

1. Minat dan passion. Dunia kampus adalah dunia pendidikan yang lebih menjurus terhadap suatu bidang tertentu dibandingkan masa SMA atau SMK yang lebih umum. Pastikan jurusan kuliah yang akan Anda pilih sesuai dengan minat dan passion Anda. Jangan memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan atau keinginan orang tua. Jelaskan pada orang tua Anda tentan minat dan keseriusan Anda terhadap bidang tertentu.

2. Carilah ilmu. Fokuslah pada ilmu yang akan Anda dapatkan dari bangku kuliah. Tidak salah jika Anda berpikir tentang pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan Anda setelah kuliah, namun tetap fokus pada minat dan passion Anda dan carilah ilmu sebanyak-banyaknya. Walaupun mungkin menurut sebagian besar orang jurusan Anda tidak terlalu prospektif terhadap lapangan kerja yang akan tersedia setelah tamat nanti, namun dengan passion dan semangat Anda terhadap bidang tersebut Anda bisa saja menjadi seorang ahli yang sangat langka dan dibutuhkan.

3. Ukur kemampuan Anda. Kebanyakan universitas favorit atau PTN memiliki standar nilai atau passing grade yang cukup tinggi. Jika Anda merasa kemampuan Anda cukup mumpuni untuk bersaing dengan banyak lulusan di seluruh Indonesia Anda boleh saja membidik kampus-kampus terfavorit tersebut. Namun bagi Anda yang merasa tidak mencapai batas yang ditetapkan suatu PTN, Anda bisa mencoba membidik PTN atau PTS lain dengan jurusan yang sama.

4. Beasiswa. Banyak sekali kampus yang menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi atau kurang mampu. Anda dapat memanfaatkan program tersebut serta mencari informasi beasiswa yang tersedia pada perguruan tinggi yang akan Anda masuki. Bagi yang berprestasi di sekolah menengah juga dapat memanfaatkan program mahasiswa undangan yang banyak terdapat di berbagai PTN dan PTS.

5. Kegiatan mahasiswa. Kuliah tidak hanya mendengar materi dan membuat paper. Ada banyak kegiatan dan organisasi mahasiswa yang dapat Anda masuki untuk mendapatkan pengalaman, relasi serta ilmu yang tidak diajarkan dalam perkuliahan. Cobalah mencari tahu kegiatan atau organisasi mahasiswa apa saja yang ada pada kampus tertentu yang menjadi target Anda.

Kembangkanlah diri Anda melalui pendidikan di universitas selama 3 hingga 4 tahun. Buatlah perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang pendidikan Anda. Pasang target-target khusus serta jadilah mahasiswa yang baik dan memiliki kompetensi yang bagus untuk bersaing di dunia kerja dan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top