Home / Tekno / Tekno Tips / 5 Tips Membeli Smartphone Yang Harus Di Ketahui

5 Tips Membeli Smartphone Yang Harus Di Ketahui

lima tips membeli smartphone di tahun 2014

Anda sudah memiliki target untuk membeli smartphone baru di tahun 2014 ini? namun masih ragu dan tidak tahu bagaimana cara memilih smartphone yang tepat? Memang dalam memilih smartphone yang tepat bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyka hal yang harus dibandingkan antara dua smartphone ynag sudah anda pilih. Dari kamera, ukuran layar, OS, prosesor, RAM, dan banyak hal lainnya. Selain itu mencari review seputar smartphone incaran anda di internet adalah cara yang cukup bijak. Biasanya mereka yang memberikan review tersebut sudah memiliki smartphone itu sehingga anda mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Sebelum melakukan kedua hal diatas tidak salahnya anda coba menggunakan lima tips membeli smartphone di tahun 2014 ini.

1. Pilih OS yang Tepat

Seperti yang sudah diketahu ada empat OS didunia smartphone, selain blackberry yang masih terus mencoba menunjukkan keberadaannya juga ada Android, iOS (iPhone) dan Windows Phone. Berikut adalah rincian kekuatan dan kelemahan ketiga OS yang banyak dipakai ini.

Android

OS besutan Google ini merupakan OS yang paling banyak digunakan. Dibandingkan dengan iOS dan Windows Phone. Selain mudah digunakan untuk konsumen, Android juga jauh lebih terbuka dari iOS, yang berarti pembuat smartphone dapat lebih mudah berinovasi di atas perangkat lunak Google itu. Itulah mengapa Samsung Galaxy S4 atau Note 3 dapat menjalankan dua aplikasi pada satu layar sekaligus, dan Moto X dapat merespon suara Anda tanpa Anda harus menyentuh ponsel. Dengan lebih dari 1 juta aplikasi, Google Play memiliki hampir semua yang Anda butuhkan, tapi Apple App Store cenderung mendapatkan jatah pertamabeberapa aplikasi dan game.

iOS

iOS 7 merupakan perbaikan yang cukup besar bagi Apple, yang terlihat lebih bersih, peningkatan pada multitasking dan Control Center baru untuk dapat mengubah pengaturan dengan cepat. Beberapa aspek update cukup membingungkan, seperti Notification Center dengan tiga tab yang terpisah, tapi secara keseluruhan, iOS tetap menjadi platform smartphone yang paling intuitif. Apple juga diuntungkan dengan mendapatkan jatah pertama untuk aplikasi berkualitas tinggi dan permainan. Siri telah membaik, dan iTunes Radio yang baru adalah nilai plus.

Windows Phone

Selain kedua OS yang sudah dibahas diatas yang memiliki banyak peminat. OS besutan Microsoft ini juga memiliki banyak peminat. OS ini menawarkan antarmuka yang dinamis dengan Live Tiles yang menampilkan update, dan sangat mudah untuk mengubah ukuran dan mengatur ulang tampilan. Keuntungan lainnya adalah OS yang digunakan oleh produk Nokia ini juga terintegrasi dengan game Xbox, video dan musik, serta Office dan Outlook. Windows Phone Store baru-baru telah melebihi 200.000 apps, tapi platform Microsoft ini masih memiliki sekitar seperlima dari aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS.

2. Dapatkan Ukuran Yang Benar

Ponsel layar besar sudah banyak menghiasi toko toko yang menjual smartphone. Bahkan, phablet (ponsel dengan layar 5 inci atau lebih besar) sekarang sudah terjual mencapai seperempat dari total smartphone yang terjual. Namun demikian, iPhone 5s, yang dengan layar 4 inci, adalah smartphone terlaris di AS Sebuah tampilan yang lebih kecil dengan desain yang lebih kompak. Tetapi jika Anda ingin sesuatu yang lebih besar, Anda dapat memilih untuk handset Android atau Windows Phone.

Layar 5,7 inci Samsung Galaxy Note 3 memberi Anda pengalaman luar biasa untuk menonton film, bermain game dan menikmati foto. Kekurangannya adalah ponsel pintar ini tidak mudah dioperasikan dengan satu tangan. Ponsel dengan display yang lebih besar dari ini, seperti HTC One Max (5,9 inci) dan Nokia Lumia 1520 (6 inci) cenderung lebih berat dan kurang nyaman untuk berada disaku depan celana.

3. Perhatikan Spesifikasi

Prosesor

Processor adalah otak dari ponsel pintar ini, dan prosesor yang cepat akan memungkinkan Anda untuk membuka aplikasi dengan cepat, bermain game dengan lancar dan bahkan mengedit video. Hari ini kebanyakan chip yang digunakan oleh Android dan Windows Phones adalah Qualcomm Snapdragon 800. CPU ini menawarkan multitasking yang cepat dan grafis bertenaga tinggi dalam perangkat seperti Galaxy Note 3 dan Lumia 1520.

Snapdragon 600 (dalam HTC One) dan Snapdragon S4 Pro (di Moto X) juga sangat kuat. Pada ponsel yang lebih murah, Anda akan menemukan Snapdragon CPU 400, yang menawarkan kinerja yang cukup tangguh untuk tugas-tugas sehari-hari tetapi tidak dirancang untuk kegiatan yang lebih intensif. Sebagai contoh, Galaxy Mini S4 dengan CPU ini membutuhkan 7 menit dan 19 detik untuk transcode klip video 1080p, dibandingkan hanya 5:15 untuk Snapdragon 800 pada Galaxy Note 3.

Untuk iOS, Apple A7 Chip di dalam iPhone 5s menawarkan 64-bit dan bertenaga sekitar dua kali lipat kinerja dan grafis A6 CPU (dalam iPhone 5c).

RAM

Jumlah memori sistem memainkan peranan penting dalam seberapa baik smartphone bekerja. Perangkat andalan saat ini menawarkan 2GB hingga 3GB RAM, sedangkan yang lebih rendah untuk ponsel kelas menengah kebawah menawarkan RAM mulai dari 1 GB hingga 1,5 GB. Jika Anda ingin memliki aplikasi ataupun game yang dapat beralih lebih cepat, semakin besar RAM lebih baik.

Layar

Ukuran layar pasti penting, begitu juga tingakat kecerahan, ketajaman, warna dan tampilan sudut pada layar. Saat ini, layar 1080p (1920 x 1080 piksel) yang paling tajam akan Anda temukan di smartphone. Namun, kami telah melihat beberapa display 720p (1280 x 720 piksel), seperti di Moto X, memberikan kualitas gambar yang fantastis. Kami sangat merekomendasikan untuk memegang smartphone di tangan Anda untuk mengevaluasi sudut pandang, jika layar kurang tajam ketika Anda memiringkan perangkat, berpikir dua kali untuk membeli.

untuk teknologi layar yang digunakan beberapa smartphone, AMOLED (ditemukan banyak pada ponsel Samsung) cenderung menghasilkan warna yang sangat kaya, sedangkan LCD cenderung menawarkan warna yang lebih realistis.

Storage

Mengingat bahwa Anda akan menyimpan segala sesuatu mulai dari foto, musik, video dan aplikasi pada smartphone Anda, memilih memori internal besar adalah pilihan terbaik. Meskipun 16GB cukup standar, kami sarankan 32GB sehingga Anda tidak kehabisan ruang untuk aplikasi dan game baru.

4. Dapatkan Smartphone Dengan Kamera Terbaik

Sekarang ada beberapa smartphone dengan kamera 20 MP atau lebih tinggi. Namun, kualitas yang baik dan sensor gambar jauh lebih penting. Misalnya, iPhone 5s memiliki kamera 8 MP, tapi sensor baru memungkinkan untuk piksel yang lebih besar karena itu, foto yang dihasilkan tampak lebih tajam. Juga perhatikan fitur kamera yang benar-benar akan digunakan.

5. Baterai

Baterai adalah hal yang paling krusial yang harus anda perhatikan. Semakin besar ukuran baterai 3.000 mAh – atau lebih besar lebih baik. Misalnya, LG G2 dengan baterai 3.000 mAh dapat bertahan hingga 13 jam dan 44 menit untuk mode standby. Tapi itu tergantung lagi kepada seberapa sering pemakainan yang anda lakukan. Semakin sering seperti bermain game atau mengedit foto semakin cepat baterai pada smartphone habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top