Home / Rumah / 5 Tips Memanfaatkan Lahan Sempit di Rumah Anda

5 Tips Memanfaatkan Lahan Sempit di Rumah Anda

vegetable-plants

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan atau pinggiran kota dan hanya punya sedikit lahan tanah kosong di depan atau belakang rumah, pasti pernah merasa ingin memanfaatkan lahan sempit tersebut menjadi sebuah sarana hobi atau lahan produktif. Jika dikalkulasikan, lahan yang sempit memang tidak menghasilkan keuntungan yang banyak untuk ditanami tanaman produktif, namun setidaknya lahan sempit yang Anda miliki memiliki nilai tambah baik untuk sekedar konsumsi keluarga maupun sebagai tambahan belanja dapur. Berikut tips memanfaatkan lahan sempit di rumah yang dapat Anda terapkan.

1. Bertanam sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang dapat Anda tanam di lahan sempit, dari selada, bayam, cabai hingga terong. Sayuran tersebut tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas kecuali bagi Anda yang ingin serius membudidayakan tanaman sayuran tersebut untuk tujuan ekonomi. Jika lahan yang Anda punya terlalu kecil, Anda dapat mencoba berbagai teknik penanaman seperti penanaman dengan media pot, hidroponik dan vertikultur.

2. Budidaya ikan. Lahan yang sempit dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan ikan dalam skala kecil. Ada banyak jenis ikan yang dapat Anda budidayakan seperti ikan gurami, lele dan ikan hias. Selain dapat dikonsumsi sendiri, ikan budidaya Anda dapat juga dijual untuk menambah penghasilan.

3. Ternak unggas. Terbatasnya lahan bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk memiliki peternakan unggas kecil-kecilan. Manfaatkan lahan yang sedikit untuk berternak unggas khususnya ayam. Lahan sempit cocok untuk membuat kandang ayam petelur dimana telurnya dapat dikonsumsi sendiri bersama keluarga.

4. Warung atau toko. Salah satu cara menambah penghasilan bagi Anda yang memiliki lahan sempit dan kosong di depan rumah yaitu membangun sebuah warung kecil. Anda dapat membuat warung semi permanen atau toko permanen berukuran kecil. Banyak usaha kecil yang dapat Anda buka di warung atau toko tersebut seperti warung nasi, warnet, toko kelontong, laundry dan usaha lainnya dalam skala kecil namun bernilai ekonomis.

5. Apotik hijau. Anda pasti sering mendengar atau bahkan menggunakan obat-obatan tradisional dari bahan herbal seperti kumis kucing, daun sirih, kunyit dan lainnya. Lahan sempit selain dapat digunakan untuk bercocok tanam sayuran dan bumbu masakan, juga dapat ditanami tanaman herbal apotik hidup yang bisa dimanfaatkan langsung oleh Anda keluarga.

Banyak orang memiliki rumah dengan lahan sempit yang tidak terpakai. Walaupun sempit, namun dengan sedikit kreatifitas lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang produktif bahkan bernilai ekonomis. Selain dapat membantu Anda secara ekonomis, hasil dari lahan tersebut juga dapat Anda manfaatkan untuk konsumsi Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top