Home / Gaya Hidup / Sukses / 5 Tips Cepat Naik Gaji Dalam Bekerja

5 Tips Cepat Naik Gaji Dalam Bekerja

salary raise

Setiap karyawan, buruh maupun profesional pasti ingin mendapatkan kenaikan gaji atau upah yang signifikan setiap tahunnya serta kesejahteraan yang terjamin. Banyak juga yang berusaha pindah perusahaan untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan keinginannya. Bagi Anda yang saat ini sedang bekerja sebagai karyawan yang menerima upah atau gaji bulanan, Anda dapat mencoba mempertimbangkan tips cepat naik gaji berikut ini.

1. Standar gaji. Mengetahui standar upah, kebutuhan hidup layak, UMK dan UMP suatu daerah merupakan hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Perhatikan gaji bulanan Anda, apakah sudah memenuhi peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku. Jika belum Anda berhak mempertanyakan hal ini kepada perusahaan dan menuntut kenaikan gaji yang sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan. Selain itu Anda juga dapat membedakan komponen gaji berdasarkan standar yang ditetapkan oleh masing-masing perusahaan. Sebagai contoh perusahaan migas dan tambang umumnya memiliki standar gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan telekomunikasi.

2. Kontribusi. Setelah Anda mengetahui dan menyesuaikan standar gaji yang Anda dapatkan, Anda harus berusaha maksimal untuk memberikan kontribusi dan loyalitas yang besar pada perusahaan. Dengan kontribusi yang Anda berikan, Anda akan meningkatkan kualitas diri serta membuat Anda pantas untuk digaji lebih besar daripada yang Anda terima saat ini.

3. Prestasi. Kontribusi yang positif dan berkesinambungan akan menghasilkan suatu prestasi kerja yang baik. Prestasi kerja akan membuat diri Anda memiliki nilai tersendiri di mata perusahaan. Cobalah mengkomunikasikan hal ini pada perusahaan dengan baik dan jujur. Perusahaan pasti tidak akan menyia-nyiakan karyawan yang berprestasi dan memiliki kontribusi maksimal seperti Anda.

4. Attitude. Sikap, penampilan dan cara yang baik dalam berinteraksi sesama karyawan, atasan dan bawahan merupakan hal yang harus Anda miliki untuk bisa mendapatkan kenaikan gaji yang lebih baik. Dengan attitude yang baik, perusahaan tidak akan ragu-ragu menaikkan gaji Anda asalkan Anda membayar tuntas kenaikan gaji tersebut dengan hasil kerja yang lebih memuaskan.

5. Negosiasi. Siapkan diri Anda untuk menegosiasikan kenaikan gaji yang Anda inginkan pada atasan. Tumbuhkan rasa percaya diri dan bersikaplah dengan baik saat berkomunikasi dengan atasan. Kemukakan alasan Anda serta pencapaian yang telah Anda raih saat bekerja. Yakinlah perusahaan tidak akan menyia-nyiakan karyawan yang telah berkontribusi maksimal serta memiliki prestasi kerja seperti Anda.

Kenaikan gaji merupakan hal yang lumrah ditemui dalam dunia kerja. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi, gaya hidup serta perubahan sosial membuat seorang karyawan membutuhkan kesejahteraan yang lebih baik sehingga wajar setiap pekerja, karyawan ataupun buruh menginginkan kenaikan gaji atau upah yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top