Home / Kesehatan / Berita Sehat / 5 Kerusakan Kulit Karena Smartphone

5 Kerusakan Kulit Karena Smartphone

smartphone-main-ecranMemiliki smartphone memang mengasyikkan, siapa saja bisa menggunakannya mulai dari orang dewasa bajkan anak kecil atau bayi sekaligus, baik itu bermain game, menelepon ataupun mengirim pesan. Namun, tahukah anda kalau ponsel pintar tersebut bisa membahayakan kulit. Ada banyak kerusakan kulit yang bisa dirasakan ketika terlalu lama bermain dengan ponsel pintar anda seperti munculnya jerawat, keriput atau bintik-bintik hitam pada wajah. Jika anda membiarkan kulit berinteraksi dengan smartphone terlalu lama bisa jadi malah akan membahayakan kulit anda lebih dari yang disebutkan tadi.

Namun, jangan khawatir, jika anda memiliki gejala ringan diatas maka anda berada di tempat yang tepat, dibawah ini akan kami berikan penyebab dan solusi kerusakan kulit karena smartphone.

1. Keriput

Masalahnya: Gangguan kulit ini disebabkan oleh aktifitas anda yang terlalu lama menatap layar smartphone. Jika ini terjadi terus menerus maka bisa menyebabkan sakit pada leher dan kerutan disekitar leher dan bawah dagu. Mata pun juga akan terkena keriput jika anda memiliki font pada smartphone yang kecil.

Solusinya: Leher dan bagian dada adalah area pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan / keriput, maka dari itu fokuskan untuk menggunakan semua perawatan antiaging pada daerah ini.

2. Alergi kulit

Masalahnya: Salah satu alergi yang bisa ditimbulkan oleh ponsel anda adalah ruam kulit. Menurut sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa nikel dan kromium dalam casing ponsel dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang disebut kontak alergi dermatitis.

Solusinya: Tidak semua merek ponsel mengandung nikel yang dapat memicu munculnya ruam kulit, dan tidak semua orang sensitif terhadap mineral. Jika Anda memiliki kulit sensitif, masukkan telepon Anda kedalam kantong plastik atau casing tanpa niken / mineral hingga menutupi layar untuk mencegah iritasi pada wajah dan jari-jari.

3. Jerawat

Masalahnya: Apakah Anda tahu bahwa ponsel Anda dapat membawa bakteri lebih banyak dari pegangan toilet duduk? Logikanya adalah ketika anda memegang ponsel saat ini, bisa jadi pada saat sebelumnya anda sedang berdandan, berkeringat dan ketika itupun ada panggilan masuk yang mengharuskan anda untuk mengangkatnya. Maka dari itu, bahan riasan tadi, keringat, dan debu pun menumpuk di layar ponsel anda dan hasilnya dapat menyebabkan jerawat pada kulit Anda.

Solusinya: Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk  membersihkan ponsel Anda. Anda dapat menyiapkan air dan tisu atau menggunakan produk yang mengandung rendah alkohol yang dikhususkan untuk membersihkan layar ponsel. Juga jangan lupa untuk membersihkan jeadset atau eatphone anda.

4. Lingkaran hitam disekitar mata

Masalahnya: Cahaya yang dihasilkan dari lampu LED ponsel Anda dapat mempengaruhi cara Anda tidur. Cahaya biru yang berasal dari komputer, dan layar tablet dapat menganggu ritme tidur Anda. Belum lagi gencarnya pemberitahuan dari media sosial, email, dan pesan yang berarti lebih sulit untuk tertidur.

Solusinya: Kurang tidur berarti dapat menimbulkan kantong mata, bengkak, bahkan munculnya lingkaran hitam yang dapat merusak penampilan anda. Maka dari itu, cobalah untuk menjauhkan ponsel anda disaat akan tidur dan untuk menghilangkan gangguan diatas anda dapat menggunakan krim mata.

5. Bintik bintik hitam

Masalahnya: Menelepon pacar pada malam hari memang menjadi rutinitas yang wajib bagi para remaja, bukan? Sebenarnya hal ini masih wajar, namun jika anda berlebihan dan menelepon hingga berjam-jam, ini baru masalah, ponsel anda bisa terasa sangat panas. Nah, panas tersebutlah yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti mengacaukan produksi melanin, menyebabkan bintik-bintik hitam dan perubahan warna pada kulit.

Solusinya: Jangan biarkan telepon Anda berinteraksi dengan wajah Anda terlalu lama. Jika Anda berada di area pribadi, cobalah untuk mengaktifkan speakerphone atau gunakan earphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top