Home / Kesehatan / Berita Sehat / 27 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut

27 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut

cuka apelAda banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan, kulit dan rambut yang dapat anda ketahui disini. Sebelum kita mulai membahanya akan lebih baik kita mengetahui bagaimana cara proses pembuatannya.

Cuka apel diproduksi dari hasil fermentasi dari sari apel. Sari apel adalah cairan yang tidak mengandung alkohol dan tanpa ditambah dengan gula buatan. Selama proses fermentasi, sari apel diberikan ragi yang mengandung bakteri baik yang kemudian memecah gula alami dan menghasilkan alkohol. Cairan inilah yang digunakan untuk membuat cuka.

Nah, setelah kita mengetahuinya, mari kita lanjut dengan manfaatnya yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Cuka apel (Capel) digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dikatakan bahwa Hippocrates telah menggunakannya sebagai obat antibiotik untuk mengobati pasiennya. Di bawah ini adalah beberapa pemakaian cuka sari apel sebagai pengobatan.

1. Cuka apel kaya akan nutrisi penting seperti natrium, kalium, kalsium, fosfor, klorida, tembaga, magnesium, pektin dan vitamin A, B (B1, B2, dan B6), C dan E.

2. Cuka ini mengandung pektin yang merupakan serat larut dalam air. Bila dikonsumsi, pektin ini membentuk materi berserat tebal yang membantu dalam menyembuhkan diare. Untuk menghilangkan diare, campurkan cuka sari apel dan air, lalu minum.

3. Campuran Capel, air hangat dan madu dapat mengurangi gangguan pencernaan dan gejala seperti kembung, pyrosis dan gastritis. Cuka sari apel juga kaya akan pektin yang membantu dalam mengurangi sembelit.

4. Capel juga membantu dalam menyembuhkan sinusitis. Campurkan cuka sari apel dan air juga dapat membantu dalam mengatasi hidung tersumbat.

5. Capel membantu dalam mengurangi cegukan. Cairan ini juga membantu dalam meningkatkan sekresi asam lambung dan mengurangi rasa sesak pada diafragma.

6. Manfaat Cuka Apel yang keenam adalah membantu dalam menghilangkan bau badan. Ia memelihara tingkat pH kulit dan menetralkan bau badan. Anda dapat merendam kaki Anda dalam cuka sari apel yang sudah dicampurkan dengan air hangat untuk menghilangkan bau pada kaki. Demikian pula, Anda dapat menerapkan cuka sari apel ke ketiak Anda untuk membunuh bau asam.

7. Capel membantu dalam mengurangi rasa kedinginan, sakit tenggorokan, batuk dan susah buang air besar. Ambil segelas air dan tambahkan jahe yang sudah ditumbuk, madu dan satu sendok cuka sari apel. Kumur dengan larutan ini untuk mengobati sakit tenggorokan.

8. Capel kaya akan enzim dan asam amino yang membantu dalam menetralkan asam laktat. Cuka tersebut juga mengandung banyak elektrolit yang membantu dalam mengurangi kelesuan dan kelelahan. Buaatlah jus buah atau sayuran dan campurkan dengan sesendok cuka apel.

9. Cuka tersebut juga membantu dalam mengurangi kram pada kaki. Kandungan cuka sari apel dapat melarutkan kristal asam urat yang menjadi penyebab utama terjadinya rasa sakit atau kram. Minumlah cuka sari apel yang sudah dicampur dengan air dan madu untuk membantu Anda dalam mengobati kram pada kaki.

10. Cuka apel kaya akan asam yang membantu dalam mengurangi bau mulut dan menyembuhkan gingivitis / radang gusi. Sifat anti-bakterinya dapat membunuh mikroba yang menjadi penyebab terjadinya bau mulut. Berkumurlah dengan cuka apel.

11. Enzim pada Capel dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam perut dan juga membantu dalam membunuh bakteri yang tidak diinginkan didalam tubuh. Cuka sari apel mengandung zat antiseptik yang membantu dalam menyembuhkan infeksi jamur dan bakteri dari kuku dan kulit. Selain itu, juga efektif dalam menyembuhkan kandidiasis, infeksi kandung kemih dan infeksi telinga.

12. Capel memiliki efek anti-glisemik yang membantu dalam mempertahankan atau mengurangi tingkat glukosa darah. Minumlah cuka sari apel yang telah dicampur dengan air untuk membantu dalam meningkatkan pencernaan serta menjaga kadar gula.

13. Ia juga mengandung asam asetat yang membantu dalam menurunkan berat badan. Meminum cuka sari apel yang telah dicampur air secara teratur dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan.

14. Manfaat Cuka Apel lainnya adalah membantu dalam mengurangi trigliserida, sehingga membantu dalam meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengurangi LDL (kolesterol jahat). Cuka ini juga membantu dalam melawan enzim penyebab terjadinya vasokonstriksi.

15. Cuka ini dapat membantu dalam mengurangi nyeri arthritis atau radang sendi. Kandungan potasium cuka sari apel menghambat pembentukan kalsium deposito di dekat sendi. Sedangkan mineral seperti magnesium, fosfor dan kalsium membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang.

16. Cuka apel dapat meningkatkan alkalinitas tubuh kita dan mengurangi risiko kanker. Ia juga mengurangi racun di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, juga meningkatkan kualitas pembuluh darah dengan meningkatkan sirkulasi darah. menyembuhkan pembengkakan pembuluh darah dan mengurangi rasa sakit.

Ingat, Capel harus dicampur dengan air, teh atau jus. jangan meminumnya tanpa dicampurkan terlbih dahulu.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit

1. Sebuah masker wajah yang terbuat dari campuran cuka apel, madu dan tanah liat mampu membersihkan dan mendetoksifikasi kulit Anda. Biarkan selama 15 menit di wajah kemudian cuci bersih.

2. Membersihkan wajah dengan Capel yang sudah dicampur air dapat membantu Anda untuk meningkatkan kecerahan kulit dan mengurangi tingkat pigmentasi kulit. Cuka ini juga akan membantu dalam menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulit. Gunakan cairan ini secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lembab dan bersinar. Anda juga dapat mencampur cuka sari apel ke air mandi Anda untuk membantu dalam menghilangkan selulit.

3. Kandungan yang ada pada Capel membantu dalam menyembuhkan psoriasis dan radang. Juga dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit dari kulit yang terkelupas yang disebabkan karena sengatan matahari. Selain itu, kandungan sulfur dari cuka sari apel membuat kulit kencang dan juga mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan.

4. Cuka apel membantu dalam menjaga tingkat pH kulit Anda. Encerkan cuka itu dengan air untuk membantu dalam mencegah munculnya jerawat, menghilangkan ruam kulit memperbaiki kerusakan kulit, dan membantu dalam menyembuhkan kutil.

Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut

1. satu sendok cuka apel dengan segelas air. Lalu minum secara teratur untuk meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat rambut.

2. Nutrisi dalam Capel membantu dalam mempertahankan pH kulit kepala dan membantu dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, cucilah rambut secara teratur dengan cuka apel yang sudah dilarutkan dalam air untuk meningkatkan volume dan kilau rambut Anda.

3. Capel mengandung asam alpha-Hydroxy yang membantu dalam meningkatkan kualitas rambut Anda. Mencuci rambut dengan cuka apel juga membantu dalam menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus.

4. Sifat anti bakteri dan jamur pada Capel membantu dalam mencegah ketombe, infeksi kulit, gatal-gatal, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat. Sifat anti bakteri dan jamur tersebut juga menghambat pertumbuhan Malassezia furfur yang merupakan jamur yang menyebabkan ketombe.

5. Setelah keramas dengan cuka apel jangan lupa sekali lagi mencuci rambut Anda dengan air dingin. Ini akan membuat rambut Anda lebih bersinar. jangan lupa, setelahnya oleskan campuran Capel dan air hangat pada rambut yang akan bekerja seperti kondisioner alami.

6. Kurangnya pengelupasan kulit dapat menyebabkan beberapa masalah kulit kepala. Penumpukan sel kulit mati dapat menghambat pertumbuhan rambut dan memperbanyak rambut rontok. Untuk itu anda dapat menggunakan campuran sampo dan gula merah. Gunakan cuka apel yang telah dicampur air untuk membilasnya. Setelah itu, bersihkan rambut dengan air.

7. Semprot kulit kepala Anda dengan cuka apel untuk mengobati rambut rontok akut dan rambut menipis.

Itulah manfaat cuka apel yang baik untuk kesehatan, kulit, dan rambut. jika diperhatikan, secara umum, cuka apel bisa menjadi “sahabat” baik dirumah untuk mengatasi berbagai penyakit diatas, bukan? Untuk itu, mulailah mengatasi segala penyakit terlebih dahulu dengan obat alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top