Home / Kesehatan / Berita Sehat / 20 Cara Mengatasi Rambut Rontok

20 Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Siapa yang tidak kesal ketika anda bangun pagi, banyak rambut menempel di bantal dan kasur? Ssstt, ini merupakan tanda – tanda rambut rontok dan jika dibiarkan terlalu lama akan membuat kepala anda tandus alias botak. Untuk itu, ketahui cara mengatasi rambut rontok dibawah ini.

1. Lakukan perawatan rambut – Salah satu langkah dasar yang perlu diambil adalah dengan merawat rambut. Anda dapat mencegah rambut rontok secara berlebihan dan menghindari kerusakan jika merawatnya secara teratur, kecuali jika Anda memiliki faktor genetika, yang menyebabkan rambut rontok.

2. Berikan protein pada rambut – Rambut, 90%nya terbuat dari protein. Jadi, penting untuk menambahkan protein kedalam makanan seperti daging, susu, ikan atau telur.

3. Hindari junk food – Jika tidak ingin melihat rambut Anda rontok atau patah-patah, maka cobalah untuk menghindari junk food karena makanan ini mengandung banyak kalori yang tidak sehat untuk tubuh dan rambut. Sertakan juga makanan sehat yang kaya protein.

4. Jangan terlalu berlebihan mencuci rambut – Terlalu berlebihan dalam mencuci rambut tidak hanya akan menghilangkan  kotoran atau debu tetapi juga minyak alami rambut.

5. Memelihara kesehatan kulit kepala – Ketombe berlebihan atau kulit kepala terkelupas adalah alasan utama terjadinya rambut rontok, sehingga pastikan Anda bebas dari semua masalah kulit kepala. Gunakan sampo berkualitas baik untuk membersihkan kulit kepala Anda dari semua kotoran.

6. Gunakan sisir bergigi jarang – Untuk merapikan rambut setelah mandi, selalu gunakan sisir bergigi jarang. Menggunakan sisir ini akan membantu mengurangi risiko rambut patah dan rontok saat menyisir.

7. Hindari panas yang berlebihan – Melakukan pemanasan dan pengeringan yang berlebihan atau konstan, dapat melemahkan protein rambut, dan membuatnya rapuh dan rusak. Cara mengatasi rambut rontok pada poin ini adalah dengan mengurangi penggunaan hair dryer, pengeriting dan straightner rambut.

8. Vitamin C – Jika Anda ingin rambut sehat dan kuat, mulai sekarang tambahkan makanan yang ber-Vitamin C kedalam porsi makan seperti jeruk, lemon dan paprika hijau. Vitamin C diperlukan rambut untuk menjaga kekuatan dan kilaunya. Pastikan untuk mendapatkan sekitar 1.000 sampai 3.000 mg vitamin C setiap hari.

9. Pijat rambut – Gunakan dan pijatlah sesekali kepala dengan minyak khusu untuk rambut. Gosokkan minyak itu di kulit kepala dan setiap bagian dari rambut Anda kemudian biarkan semalam, sehingga minyak tersebut dapat membantu mengembalikan kelembaban dan mengisi akar rambut dengan nutrisi yang cukup.

10. Hindari stress – Stres adalah penyebab terbesar untuk semua masalah termasuk rambut rontok. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dalam bentuk alopecia areata. Jika Anda dalam situasi stres, cobalah melakukan yoga atau meditasi untuk menenangkan pikiran.

11. Hindari menyisir rambut basah – Karena hal ini dapat mengakibatkan kemungkinan lebih besar terjadinya rambut patah dan rontok. Sisir rambut Anda, bila sudah kering atau kadar airnya sudah berkurang.

12. Hindari mewarnai rambut – Mewarnai rambut secara berkelanjutan dapat merusak rambut itu sendiri karena saat melakukan pewarnaan rambut akan kehilangan nutrisi dan protein. Jika Anda ingin menutupi uban, gunakanlah pewarna alami.

13. Hindari dehidrasi – Jika Anda ingin rambut sehat, minumlah air yang cukup, untuk menjaga kelembapan rambut. Asupan air yang cukup juga dapat membantu pertumbuhan rambut.

14. Hindari keramas dengan air panas – Saat mengeramas rambut, pastikan untuk membasuhnya dengan air dingin. Hindari mandi dan keramas dengan air panas karena air panas akan membuka pori-pori sehingga membuat folikel rambut rapuh.

15. Zat Besi – Ingin melawan kerontokan rambut, maka jagalah asupan zat besi yang cukup. Zat besi dalam tubuh, membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

16. Lap rambut Anda dengan lembut – Setelah membilas rambut dengan sampo, maka laplah rambut dengan pelan. Jangan melap rambut dengan handuk secara penuh semangat. Ini hanya akan menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan.

17. Atur Gaya rambut Anda dengan hati-hati – Berhati-hatilah saat Anda menata rambut, karena styling merupakan salah satu penyebab utama rambut rontok. Hati-hati saat menggunakan ikat rambut dan mengikatnya dengan erat, karena semua ini dapat menyebabkan kerontokan.

18. Hindari merokok – Merokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit kepala walaupun hanya satu batang dalam sehari, dan dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan rambut.

19. Bersihkan rambut – Keramaslah setiap Anda mandi atau setidaknya sekali dalam sehari untuk menghilangkan debu, kotoran, minyak dan bakteri yang menempel pada rambut. Perhatikan juga kesehatan kulit kepala.

20. Gunakan minyak kelapa – Minyak kelapa dikenal sangat bersahabat dengan rambut. Maka dari itu, pijatlah kulit kepala dan rambut dengan meinyak kelapa dan biarkan selama 1-2 jam kemudian cuci rambut dengan bersih.

Memiliki rambut yang sehat dan kuat dapat meningkatkan kepercayaan diri. Jika anda percaya diri maka aura positif akan selalu mengelilingi dan orang disekitar pun akan selalu tersenyum kepada anda. Semoga cara mengatasi rambut rontok diatas bisa membantu anda membangun rasa percaya diri itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top