18 Tips Samsung Galaxy Note 2 Yang Perlu Diketahui

 

Samsung Galaxy Note 2

Samsung Galaxy Note 2, phablet berukuran 5.5 inci ini cukup besar ditangan sehingga bagi beberapa orang memegangnya dengan satu tangan adalah sebuah masalah yang dihadapai. Tapi, dibalik ukurannya besar, Note 2 memiliki fitur fitur modern didalamnya. Untuk itu, bagi anda yang sedikit kebingungan dengan phablet ini dalam menggunakan fitur fiturnya, berikut tips Galaxy Note2.

1. Air view
Stylus Note 2, atau S Pen, memiliki fitur canggih yaitu tanpa menyentuh layar untuk melakukan sesuatu, styus dapat dideteksi. Kemampuan ini digunakan dalam berbagai aplikasi Samsung untuk menampilkan preview konten seperti kalender (S Planner), atau untuk menampilkan preview video dengan melayangkan di atas timeline selama pemutaran.

2. Mengambil screenshot
Jika Anda menahan S Pen ke bawah dan tahan ujung pena pada layar, screenshot akan diambil di mana Anda dapat memberikan deskripsi sebelum disimpan.

3. Mengambil kliping
Tahan tombol S Pen dan gambar bentuk tertutup disekitar sesuatu yang menarik pada layar kemudian simpansebagai gambar. Gambar dapat dikirim ke clipboard, dikirim sebagai email atau MMS, atau disimpan dalam aplikasi S Note untuk nanti.

4. Hindari kehilangan S Pen
Untuk memastikan Anda tidak kehilangan pointer S Pen, aktifkan indikator detasemen (detachment indicator). Bahkan ada peringatan ketika Anda tidak menggunakan stylus.

5. Input tulisan tangan
Aktifkan tulisan tangan dengan menekan tombol di sebelah kiri tombol spasi. Note 2 dapat dengan baik memahami tulisan tangan yang anda buat dan mengkonversinya kedalam tulisan formal seperti saat anda mengetik. Gunakan pengaturan S Pen untuk menunjukkan apakah Anda kidal atau tidak.

6. Input satu tangan
Pengaturan keyboard memiliki pilihan untuk ‘operasi satu tangan’, di mana keyboard portrait didorong sampai ke satu sisi pada layar jadi semuanya dalam jangkauan ibu jari Anda. Tidak hanya itu, Anda dapat memilih gaya keyboard potret – baik Qwerty atau alfabet tradisional.

7. Input berkelanjutan (Continuous input)
Sebuah keyboard swipeable hadir dalam pra-instal pada Galaxy Note 2, dan diaktifkan melalui ‘Continuous input’ pilihan. Anda dapat mengeja setiap kata dengan menarik garis dari satu huruf ke huruf lainnya. Ini bekerja dalam setiap gaya Keyboard.

8. Mode blocking
Mode ini memungkinkan Anda untuk memblokir panggilan, pemberitahuan, alarm, timer dan lampu notifikasi LED, baik sepanjang hari atau pada jam-jam tertentu. Modus blok ini memiliki fitur ‘Kontak yang Diizinkan (Allowed Contacts)’ sehingga Anda dapat membiarkan orang-orang yang dimasukkan kedalam white-list dapat melakukan panggilan atau seperti biasa saat Note 2 tidak menggunakan mode blocking. Atau, ini dapat digunakan untuk memblokir penelepon yang menganggu.

9. Sesuaikan warna
Jika Anda tidak menyukai reproduksi warna layar, pergi ke Pengaturan, Layar dan kemudian Screen Mode. Di sana Anda dapat memilih antara Dinamis, Standar, Alam atau pilihan film.

10. Rotasi Pintar (Smart Rotation)
Untuk mencegah kasus di mana layar tidak sengaja berputar, anda dapat mengubahnya dipengaturan layar, ada ‘Rotasi Pintar’. Ini memonitor wajah Anda dan merotasi layar yang normal jika wajah Anda miring.

11. Smart Stay
Galaxy Note 2 dapat menggunakan kamera depannya untuk melihat apakah mata Anda masih melihat layar. Jika ya, maka layar masih tetap aktif dari batas waktu ‘Sleep Mode’ yang anda tentukan.

12. Mengatur layar Home lebih cepat dengan Easy Mode
Ketika Anda mengatur Galaxy Note 2 untuk pertama kalinya, Easy Mode memberikan beberapa pilihan Home Screen dan juga ada widget yang dapat berguna untuk aplikasi favorit anda, kontak dan pengaturan. Perubahan antara Easy Mode dan Basic mode dapat dilakukan melalui Settings App.

13. Preview dan menambahkan atau mengganti Home Screen
Buatlah gerakan mencubit pada layar awal akan memunculkan preview semua Home Screen. Dari sana, Anda dapat mengatur ulang atau mengganti layar awal dengan menekan agak lama dan tarik. Tambahkan Home Screen dengan menekan ‘+’.

14. S Voice
Tekan tombol home dua kali akan meluncurkan perintah penerjemahan bahasa seperti yang ada pada siri untuk IPhone, tetapi dapat melakukan fungsi yang lebih seperti mengatakan “Nonaktifkan Wi-Fi”.

15. S Planner
Standar aplikasi Kalender diganti dan diperbaiki oleh S Planner. S Planner dapat menampilkan tahun, bulan, minggu dan hari. Ada S Pen Air View yang menamilkan hari-hari sibuk dalam tampilan bulan.

16. S Note
S Note adalah aplikasi di mana Anda dapat menjadi produktif dan kreatif dengan S Pen. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan teks, bentuk vektor dan bahkan rumus matematika.

17. Mode hemat daya
Power Saving Mode / Mode hemat daya dapat menghemat energi dalam berbagai cara dan Anda dapat memilih aplikasi mana yang tetap berjalan ketika Anda mengganti kedalam Power Saver. Pilihannya adalah hemat daya CPU, level kecerahan layar, warna latar belakang, dan mematikan getaran.

18. Menonaktifkan fitur/aplikasi secara manual
Semakin banyak hardware yang berjalan, semakin besar memori yang terpakai dan semakin banyak daya baterai berkurang. Coba nonaktifkan data 3G, S Pen Air View, mengurangi waktu layar time-out atau menonaktifkan Smart Rotation dan Smart Stay pada Galaxy Note 2.