Home / 18 Tips iPhone 5 Untuk Pemula

18 Tips iPhone 5 Untuk Pemula

iPhone 5

iPhone 5 merupakan generasi keenam dari produk smartphone berbasis layar sentuh yang dibuat Apple. Walaupun sudah berusia 2 tahun pada september akan datang, ponsel ini juga masih memiliki banyak peminat. Bagi anda yang baru pertama kali memiliki ponsel ini, berikut tips iPhone 5 untuk pemula atau pemilik baru yang akan mempermudah anda saat menggunakan ponsel ini.

1. Bagaimana mengaktifkan mode DFU – Jika iPhone Anda tidak bekerja dengan baik, atau tidak terhubung ke iTunes, cobalah menggantinya ke mode DFU untuk memperbaiki masalah Anda. DFU mode singkatan Device Firmware Update, merupakan modus yang digunakan untuk meng-upgrade firmware, atau meroot perangkat Anda.

Pertama, menghubungkan perangkat Anda ke komputer dan buka iTunes. Kemudian nonaktifkan ponsel dengan menekan tombol power di bagian atas. Kemudian tahan tombol Sleep / Power dan tombol Home bersama selama 10 detik, kemudian lepaskan tombol Power. Tetap memegang tombol Home hingga muncul pesan di iTunes mengatakan recovery mode telah terdeteksi. Layar Anda akan kosong, tetapi Anda akan dapat menggunakan iTunes

Untuk keluar dari mode DFU, tahan tombol Sleep / Power dan tombol Home saat terhubung ke iTunes. Kemudian lepaskan dan tekan tombol Home yang akan mereboot ponsel.

2. Menggunakan Google Maps – Jika Anda tidak menyukai aplikasi Maps yang diberikan Apple, maka alternatif terbaik adalah melakukan hal berikut. Buka Safari dan ketikkan maps.google.com ke address bar.

3. Mengubah nada email, pesan dan lainnya – Anda dapat mengubah nada pemberitahuan dan bahkan getaran untuk berbagai fungsi telepon seperti Tweets, email dan pesan. Pergi ke Settings – Sounds dan ikuti petunjuknya.

4. Berbagi kontak – Untuk berbagi kontak, pilih kontak yang akan dibagikan dan tekan Share Contact.

5. Berbicara dengan Siri – Jika Anda tidak suka memegang telepon di telapak tangan, Anda dapat memberikan perintah lewat suara pada iPhone 5. Pergi ke Settings – General – Siri. Kemudian aktifkan Raise to speak. Maka sensor ponsel akan mendeteksi suara dan Anda dapat berbicara dengan Siri.

6. Melakukan Reset – Tekan dan tahan tombol Sleep / Wake dan tombol Home secara bersamaa selama 10 detik. Dan ponsel akan melakukan reset dengan sendirinya.

7. Tambahkan ejaan fonetik pada Siri – Jika Siri mengalami masalah mengenali beberapa nama kontak Anda, maka Anda bisa mengajarkannya dengan menggunakan bahasa Fonetik. Cari kontak yang Siri tidak bisa mengeja. Kemudian tekan Edit di bagian atas kontak. Gulir ke bawah dan tekan Add Field. Anda kemudian akan diberikan pilihan untuk Fonetik Nama Depan dan Nama Belakang. Cukup masukkan ejaan kontak untuk membantu Siri memahami nama mereka.

8. Mengontrol Privasi media sosial – Untungnya Apple sekarang sudah mulai membantu dengan privasi media sosial Anda. Cukup pergi ke Settings dan pengaturan Privasi. Anda dapat menggunakan ini untuk menentukan berapa banyak konten yang akan dibagi saat menggunakan ponsel Anda.

9. Beralih antara kamera depan dan belakang – Pergilah ke aplikasi kamera Anda. Kemudian tekan ikon Kamera dan panah. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil foto atau video dengan kamera menghadap ke depan.

10. Menemukan IMEI – Pergi ke Settings – General – About. Anda dapat melihat IMEI disana. Cara lain adalah dengan menarik keluar kartu SIM dan nomor seri / IMEI harusnya dicetak di sana.

11. Browsing website di layar penuh – Saat browsing, kadang-kadang ruang layar yang diberikan tidak cukup. Untuk beralih ke modus browsing layar penuh, putar telepon ke modus lansekap. Kemudian tekan ikon layar penuh.

12. Menambahkan kontak VIP dari email – Untuk membuat beberapa kontak kontak VIP Anda (yang berarti mereka memiliki label mereka sendiri di email Anda), buka email orang yang ingin anda jadikan sebagai kontak VIP. Kemudian tekan dan tahan alamat email mereka di bagian atas. Kemudian tekan Add to VIP.

13. Memaksa menutup aplikasi – Pertama, tekan ganda tombol Home. Dan anda akan melihat aplikasi yang sedang berjalan, kemudian geser untuk menutupnya. Kedua, tekan dan tahan pada aplikasi yang ingin ditutup kemudian ikon  aplikasi akan bergetar. Kemudian tekan tanda minus kecil di atas aplikasi. Ini akan menutup aplikasi tersebut.

14. Menyimpan gambar di email dan browser – Tekan dan tahan gambar yang ingin disimpan hingga muncul menu yang mengijinkan anda untuk menyimpan gambar tersebut.

15. Menambahkan halaman web ke layar Home – Untuk menambahkannya, buka browser safari dan website yang anda ingin tambahkan, dan tekan tanda tambah yang ada di bawah layar, kemudian tekan Add to Home Screen.

16. Menampilkan persentase baterai – Jika Anda lebih memilih untuk mengetahui persentase yang tepat dari baterai yang tersisa untuk perangkat Anda. Pergi ke Settings – General – Usage. Kemudian ubah Persentase Baterai (Battery Percentage) ke On.

17. Mengambil screenshot – Untuk mengambil screenshot dari layar yang sedang Anda lihat, tekan dan tahan tombol Home dan tombol Sleep / Wake secara bersamaan hingga layar mengeluarkan flash dan gambar akan disimpan di folder camera roll.

18. Gunakan iPhone 5 sebagai senter – Jika Anda ingin menggunakan iPhone 5 sebagai senter, maka aplikasi yang dapat menjadikan flash kamera sebagai senter.  Salah satunya adalah Flashlight. Aplikasi dapat menggunakan flash kamera sebagai senter.

Semoga 18 tips dan trik untuk pengguna iPhone 5 bagi pemmula ini dapat mempermudah Anda saat menggunakan ponsel ini tanpa kebingungan. Jika emiliki tips lainnya atau ingin menanyakan sesuatu (selam kami mengetahuinya) silahkan anda kirimkan melalui komentar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top